gentlemancode.id
Cara Ini Bisa Lo Lakukan Untuk Menghindari Flu

CARA INI BISA LO LAKUKAN UNTUK MENGHINDARI FLU

Published on Tuesday, 20 September 2016

Akhir-akhir ini cuaca sangat tidak bisa ditebak. Kadang pagi cerah, menjelang siang malah ujan. Atau paginya ujan, siangnya tiba-tiba cerah. Keadaan seperti ini kadang menjadi pemicu seseorang terkena berbagai gangguan kesehatan. Yang paling sering dialami adalah Flu. Ya, penyakit ini memang penyakit yang sudah menjadi langganan di tiap pergantian musim. Gangguan yang diakibatkan oleh penyakit ini cukup beragam. Selain demam, hidung yang mampet juga menjadi hal yang paling menggangu apabila terserang penyakit ini. Dan yang paling ngeselin adalah bahwa penyakit ini mudah sekali menular. 

Nah Bro, Biar aktivitas Lo ga keganggu dengan terkena penyakit ini. Gw punya beberapa cara yang bisa Lo lakuin agar terhindar dari penyakit ini. Hal-hal simple ini bisa Lo lakuin untuk meminimalisir bahkan menangkis serangan Flu. Ini dia Bro caranya:

Jangan lupa untuk selalu cuci tangan

Tangan adalah anggota badan yang paling sering kita pakai dalam setiap aktivitas kita. Maka tidak salah apabila tangan merupakan perantara yang paling disukai oleh berbagai virus dan bakteri termasuk virus flu. Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun antiseptik. Mencuci tangan gak cukup cuman bagian telapak aja, tapi perhatiin juga sela-sela jari tangan Lo.

Hindari minuman alkohol

Udah banyak yang bilang kalo mengkonsumsi alkohol akan banyak menimbulkan masalah kedalam hidup Lo, khusunya masalah kesehatan.

"Saat mengonsumsi alkohol, zat tersebut akan diserap oleh lambung, masuk ke dalam aliran darah dan tersebar ke seluruh jaringan tubuh,"  Dr. dr. Iris Rengganis, SpPD, K-AI, dari Divisi Alergi Imunologi Klinik RSCM/FKUI.

Intinya, alkohol akan menurunkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit, termasuk flu.

Tutup mulut

Kalo Lo batuk atau bersin jangan lupa untuk tutup mulut Lo. Lo bisa pake tisu ketika Lo batuk atau bersin. Tapi inget, jangan Lo pake lagi nanti. Sebaiknya Lo buang aja setiap tisu yang Lo pake buat nutupin mulut ketika batuk atau bersin. Kalo Lo terpaksa menggunakan tangan, Lo harus buru-buru cuci tangan Lo pake sabun.

Menghirup udara segar

Jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk menghirup udara segar selama 1 jam saat makan siang. Atau, Lo bisa menghabiskan weekend dengan berlibur ke tempat adem yang udaranya masih bagus dan segar.

Jauhi rokok

Merokok diketahui dapat menurunkan fungsi cilia rambut-rambut halus yang berada di dalam hidung. Cilia berfungsi untuk menyaring udara yang masuk melalui hidung sebelum sampai ke paru-paru dari kuman dan virus. Lo pasti bisa bayangkan dengan semakin sering Lo merokok maka semakin menurun kemampuan cilia dalam menyaring setiap benda asing yang masuk ke dalam tubuh Lo melalui hidung.

Konsumsi Yogurt

Lo bisa manfaatin bakteri baik yang mengubah susu menjadi yogurt untuk membentengi tubuh dari berbagai penyakit. Lebih dari 70% sel-sel sistem imunitas tubuh yang memproduksi antibodi berada di daerah pencernaan. Menjaga pencernaan dalam kondisi yang baik akan membantu Lo menangkis serangan flu.

Santai Bro

Kalo Lo stress Lo akan cenderung lebih mudah terserang flu. Saat stres, tubuh akan meresponnya dengan melepaskan hormon stres yang disebut kortisol dan melawan hormon epinefrin (adrenalin) serta norepinefrin (nonadrenalin). Kalo dibiarin, lama-lama ini akan mengganggu kerja sistem imun dan metabolisme tubuh Lo.

Ga ada salahnya mengkonsumsi suplemen 

Lo bisa memulai dengan memenuhi kebutuhan zinc. Zinc membantu tubuh menyerap vitamin A yang berguna untuk melawan infeksi. Para peneliti dari University of Florida menemukan konsumsi 15mg zinc secara rutin dapat mengurangi durasi flu dari 10 hari menjadi 7 hari pada 73% orang.

Jangan lupa olahraga Bro

Olahraga dapat meningkatkan pergerakan sel darah putih. Sel ini bekerja melawan serangan virus yang masuk ke dalam tubuh. Jogging atau berenang setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh kita. Simple kan Bro?

Rasanya tips diatas ga susah-susah amat ya kalo dikerjain. Balik lagi ke kitanya nih Bro, mau apa engga ngelakuinnya. Stay health Brothers.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini