gentlemancode.id
Fakta tentang fitnes yang harus Lo ketahui

FAKTA TENTANG FITNES YANG HARUS LO KETAHUI

Published on Thursday, 14 February 2019

Saat ini Lo mungkin notice kalo semakin banyak orang yang mulai menjalani pola hidup sehat. Makanan organik, olahraga, dan berbagai gaya hidup lainnya mungkin sering banget Lo temui dalam keseharian Lo. Ngomong-ngomong soal pola hidup sehat, olahraga merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan oleh mereka. Selain bisa bikin sehat, olahraga bisa membuat penampilan seseorang menjadi lebih menarik sehingga banyak sekali orang yang mulai aktif melakukan olahraga baik itu fitnes di gym atau tempat lainnya.

Nah, Gw punya beberapa fakta nih bro mengenai fitnes yang mana fakta-fakta ini akan membantu latihan Lo semakin efektif, diantaranya adalah:

1. Untuk hasil yang maksimal, Lo harus sabar

Jangan berharap Lo akan melihat hasil yang cepat ketika Lo baru aja mulai latihan, bro. Buat Lo yang pengen cepet dapet hasil, Lo harus siap buat gagal karena itu nggak mungkin. Berapa lama waktu yang Lo perlukan untuk mendapatkan hasil tergantung pada banyak hal seperti berat badan, kondisi badan, dan juga umur. Pada beberapa kasus, Lo bisa melihat hasil latihan Lo setelah kurang lebih 2 same 3 bulan latihan. Untuk tahap selanjutnya, Lo membutuhkan sekitar 6 bulan untuk bisa melihat perubahan positif pada badan Lo. Selain itu, sangat penting buat Lo untuk mengerti aturan, pola latihan, dan diet yang tepat ketika Lo pengen sukses latihan. 

2. Lo nggak bisa selalu mencapai hasil yang Lo inginkan

Kalo Lo memiliki gambaran mengenai bentuk tubuh yang ideal dan Lo ingin mewujudkan itu dengan bantuan fitnes, Lo harus siap kalo misalnya Lo nggak bisa mencapai itu, bro. Perlu di garis bawahi bahwa gen memiliki peran penting dalam pembentukan tubuh Lo. Beberapa orang mungkin memiliki otot yang tumbuh lebih cepat, sementara orang lain mungkin memiliki metabolisme yang lebih baik. Jangan samain sama atlet bro karena mereka itu memiliki pelatih pribadi dan mengkonsumsi nutrisi khusus untuk mendapatkan bentuk badan yang diinginkan. Goal yang tidak realistis akan melawan kemampuan tubuh Lo, nggak cuma akan kehilangan motivasi, bentuk tubuh Lo juga mungkin bakalan nggak seimbang. Untuk itu, buatlah goal yang realistis yang sesuai dengan kemampuan tubuh Lo dan cobalah bekerja keras untuk mendapatkan bentuk tubuh terbaik untuk tubuh Lo.

3. 5 sampe 7 pertemuan sudah cukup untuk berlatih dengan trainer

Personal trainer emang penting bro tapi Lo nggak perlu terus-terusan pake personal trainer. 5 sampe 7 pertemuan udah cukup untuk mengetahui teknik latihan yang tepat itu seperti apa. Setelah itu, Lo bisa berlatih sendiri. Setelah Lo latihan sendiri sampe kira-kira  2 bulan, Lo bisa minta personal trainer untuk membantu melihat apakah latihan Lo bener atau engga dan Lo bisa nanya mengenai pertanyaan-pertanyaan yang Lo miliki. Tapi, kalo misalnya Lo orangnya pelupa dan nggak disiplin, maka Lo wajib untuk di dampingi personal trainer.

4. Pada dasarnya, Lo nggak perlu suplemen fitnes yang mahal-mahal itu

Orang-orang yang baru mulai latihan biasanya suka percaya kepada khasiat suplemen atau nutrisi yang harganya nggak kira-kira itu. Kenyataannya, Lo nggak perlu bro karena sebetulnya makanan yang Lo konsumsi udah cukup selama makanan Lo itu memiliki kandungan nutirisi yang lengkap. 

5. Adalah hal yang salah ketika Lo banyak latihan dan sedikit makan

Kalori defisit emang diperlukan ketika Lo ingin menurunkan berat badan, namun Lo jangan sampe melakukannya terlalu ekstrim, bro. Kalo Lo banyak latihan tapi Lo makannya sedikit, maka badan Lo akan merespon dengan memperlambat metabolisme dan secara otomatis tubuh Lo akan menghemat energi. Nah, itulah yang akan membuat Lo kelelahan, bro. 

6. Lakukan latihan kardio dengan benar

Jangan menyepelakan latihan kardio bro karena latihan kardio adalah salah satu jenis latihan yang lengkap. Kardio melatih sistem kardiovaskular dan pernapasan, meningkatkan daya tahan, dan membakar lemak. Kalo Lo dalam satu hari hanya melakukan latihan kardio, itu berarti proses pembakaran lemak Lo dimulai pada 40 menit setelah Lo memulai latihan. Artinya Lo harus menghabiskan lebih dari satu jam untuk melakukan kardio. Kalo Lo melakukan latihan kardio setelah Lo melakukan latihan angkat beban, maka proses pembakaran lemak terjadi dari mulai menit pertama, yang artinya Lo hanya butuh waktu 20 menit untuk melakukan latihan kardio.

7. Lo bisa membentuk tubuh Lo tanpa perlu ke gym

Kalo Lo memiliki pola makan yang baik dan gaya hidup sehat, maka Lo bisa bro membentuk badan Lo tanpa Lo perlu latihan di gym. Intinya adalah Lo harus melakukan latihan secara konsisten dan teratur. 

Hormon Endorfin dan Serotonin akan diproduksi setelah Lo latihan. Dalam waktu kurang lebih 30 menit setelah berolahraga, hormon kebahagiaan (Endorfin) dalam darah meningkat lebih dari 5 kali lipat bro dan efeknya itu bertahan hingga 2 jam.

Nah, kalo Lo lebih suka olahraga di gym atau sendirian nih? Kasi tau dong, bro!

Sumber:
[1] https://brightside.me/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini