gentlemancode.id
Harus Begadang? Boleh. Ini Nih Bro Cara Yang Sehat!

HARUS BEGADANG? BOLEH. INI NIH BRO CARA YANG SEHAT!

Published on Sunday, 20 August 2017

Pekerjaan sampingan, tugas kuliah, sampe deadline kantor, biasanya akan menuntut kita untuk bekerja lembur dan begadang. Ya Bro, kegiatan ini biasanya mau gak mau kita lakukan karena waktunya yang terlalu mepet dan pekerjaan masih banyak yang harus dikerjakan. Kalo udah gini ya terpaksa waktu istirahat harus dikorbankan.

Pada dasarnya, memangkas waktu tidur itu sebetulnya gak sehat. Efeknya macem-macem seperti lelah, bad mood, hingga penyakit serius seperti obesitas dan diabetes. Terus, solusinya apa dong? Jangan begadang, Bro! Tapi, seperti yang Gw bilang tadi, kadang begadang semalaman adalah satu-satunya cara untuk menyelasaikan semua pekerjaan tepat pada waktunya. Apapun alasannya, Lo harus tetap ingat bahwa kurang istirahat akan membawa efek yang buruk terhadap kesehatan Lo.

Kalo misalnya Lo memang terpaksa harus begadang, Lo bisa melakukannya dengan cara yang sehat Bro. Emang bisa? Bisa, Bro! Ini caranya:

1. Nyicil Tidur Sebelum Begadang

Kalo misalnya Lo udah tau kapan Lo akan begadang, ada baiknya Lo mempersiapkan tubuh Lo untuk istirahat beberapa waktu sebelum Lo begadang. Setidaknya dengan Lo nyicil tidur, badan Lo gak akan terlalu lelah karena Lo udah istirahat sebelumnya. Coba deh Lo cicil waktu istirahat Lo sebelum Lo akan begadang supaya badan Lo bisa menyesuaikan sistemnya ketika Lo nanti begadang.

Lo bisa tidur 15-20 menit pada siang hari ketika jam istirahat tiba. Tidur siang akan membuat Lo merasa lebih segar setelahnya, dan Lo pun siap untuk begadang nanti malam.

2. Jangan Bekerja Di Ruangan Yang Gelap

Keadaan yang gelap akan membuat kita lebih cepat mengantuk. Tubuh akan memproduksi hormon melatonin yang membuat kita mengantuk dengan bantuan kegelapan dimalam hari.

Kalo Lo harus begadang, kondisikan ruangan agar tetap terang benderang. Cahaya memiliki efek yang kuat pada jam internal tubuh. Sinar terang mampu memanipulasi tubuh sehingga tubuh akan mengira bahwa waktu tersebut bukanlah waktu untuk tidur.

3. Ngopi Boleh Aja, Asal…

Mungkin sudah menjadi kebiasaan yang umum untuk sebagian orang ketika akan begadang untuk menyeduh segalas kopi agar membantu mata tetap terjaga. Tapi Bro, ketika Lo minum kopi lebih dari dua gelas, Lo malah akan mengalami kegelisahan Bro, bukan konsentrasi.

Cukupkan segelas kopi saja untuk menemani Lo begadang. Akan lebih baik lagi kalo Lo mengurangi konsumsi kopi Lo jauh sebelum hari H Lo begadang supaya konsumsi kafein Lo tidak terlalu banyak.

Kafein memang memiliki  efek yang kadang berguna untuk otak kita. Tapi, kalo Lo mengkonsumsinya secara rutin dan berulang, lama-kelamaan tubuh dan pikiran Lo akan membangun kekebalan terhadap kafein, sehingga efeknya tidak akan optimal ketika Lo membutuhkannya diwaktu yang memang penting.

4. Pilih Camilan Tinggi Protein

Tubuh membutuhkan sesuatu untuk dibakar supaya Lo tetap bisa terjaga semalaman, apalagi Lo sedang mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan kinerja otak yang intens. Ngemil adalah ide yang sangat baik, Bro.

Pilihlah camilan yang bisa memberikan energi yang tahan lama yang mengandung protein murni seperti yogurt, selai kacang, atau protein shakes. Hindari camilan seperti permen, cokelat, dan fast food karena makanan tersebut adalah makanan yang mengandung gula dan karbohidrat sederhana. Makanan jenis ini tidak mampu memberikan energi yang lama sehingga tidak cocok untuk Lo konsumsi ketika begadang dimana Lo harus banyak mendapatkan asupan energi.

5. Tetap Aktif Bergerak

Jangan terlalu lama duduk diam di depan meja kerja, sesekali lakukanlah kegiatan lain seperti meregangkan badan atau jalan-jalan. Dengan melakukan kegiatan lain selain duduk diam, Lo akan membuat badan Lo lebih rileks dan akan terasa lebih berenergi setelahnya.

6. Atur Suhu Ruangan

Kalo Lo ingin Lo bisa terjaga semalaman, aturlah suhu rungan agar tidak terlalu dingin tapi juga tidak terlalu gerah. Atur suhu ruangan diantara 23-25 derajat, atau Lo juga bisa pake baju hangat yang agak tebal. Suhu ini cocok untuk membuat Lo tetap waspada dan juga mencegah kelelahan.

Begadang satu atau dua kali tidak apa-apa selama itu memang diperlukan. Tapi, jangan sampe begadang dijadikan bagian dari rutinitas yang harus Lo lakukan karena bagaimanapun juga istirahat yang cukup pada malam hari akan lebih baik untuk kesehatan kita.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini