gentlemancode.id
Ini 4 bahaya yang akan Lo alami ketika Lo berani tidur deket handphone Lo

INI 4 BAHAYA YANG AKAN LO ALAMI KETIKA LO BERANI TIDUR DEKET HANDPHONE LO

Published on Tuesday, 23 January 2018

Saking gilanya kita sama handphone kita, hampir setiap hari kita nggak pernah lepas dari barang yang satu ini, bro. Malahan, banyak orang yang lebih memillih ketinggalan dompet daripada ketinggalan handphone, saking nggak bisanya lepas dari handphone mereka. Bayangin aja bro, dari kita bangun sampe kita tidur lagi, Gw yakin pasti handphone nggak pernah lepas dari genggaman kita. Entah itu  iseng baca berita, mengirim pesan, atau ngeliatain timeline di social media, sampe-sampe handphone akhirnya terbawa tidur. Biasanya di letakan di samping kepala atau mungkin di bawah bantal.

Nah, tau nggak bro kalo kebiasaan tidur deket handphone itu bahaya? Dibawah ini adalah beberapa bahaya yang diakibatkan oleh tidur di dekat handphone.

1. Mengurangi kemampuan konsentrasi

Apakah Lo pernah ketiduran ketika Lo sedang mainin handphone Lo? Atau mungkin Lo malah menyimpan handphone Lo dibawah bantal? Mungkin ini dilakukan untuk mempermudah Lo dalam menjangkau handphone Lo atau supaya bunyi alarm dari handphone Lo bisa terdengar jelas. Tapi bro, Lo perlu tau kalo menyimpan handphone di bawah bantal itu bahaya untuk kesehatan Lo.

Menurut penelitian, semua handphone mengeluarkan radiasi yang mampu mempengaruhi kualitas tidur, bro. Efek dari radiasi yang dikeluarkan oleh handphone akan mempengaruhi kualitas tidur Lo karena mempengaruhi aliran darah yang diarahkan ke otot menjadi tidak maksimal. Untuk itu, pas Lo bangun pagi Lo akan merasakan nyeri, kurang konsentrasi dan kurang fokus.

2. Bisa menyebabkan kebakaran

Lo mungkin udah sering mendengar mengenai kasus meledaknya handphone atau handphone yang kebakar. Kejadian ini bisa dibilang cukup sering terjadi, bro. Tapi, anehnya masih aja banyak orang yang ceroboh untuk menyimpan handphone dibawah bantal. Yang lebih bahaya lagi adalah Lo menyimpan handphone dibawah bantal terus dalam keadaan handphone tersebut sedang mengisi baterai. 

Mungkin nggak semua handphone yang disimpan dibawah bantal itu meledak, tapi gimanapun juga resiko itu ada, bro. Handphone yang disimpan dibawah bantal akan cenderung cepat panas, apalagi dalam keadaan mengisi baterai. Nah, Keadaan ini lah yang akhirnya akan memicu kebakaran, bro.

3. Membuat Lo susah tidur

Sebuah penelitian menunjukan bahwa cahaya biru yang dikeluarkan oleh handphone atau gadget Lo akan menghambat produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk mengatur tidur dan mengganggu jam bilogis tubuh. Hal ini terjadi karena cahaya biru tersebut akan memancarkan gelombang panjang seperti pada waktu siang hari, sehingga tubuh akan berfikir bahwa waktu tersebut adalah siang padahal udah malem.

Jadi bro, sebelum Lo tidur pastikan Lo sudah mematikan semua gadget dan alat elektronik Lo ya.

4. Gangguan sel otak

Menurut WHO, radiasi yang dihasilkan oleh handphone bisa mempengaruhi susunan saraf manusia  dan bisa menyebabkan kanker atau tumor. Seorang ilmuan kesehatan lingkungan, Dr. Devra Davis mengatakan bahwa paparan radiasi dari handphone bisa menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak akan membuat resiko terkena berbagai macam penyakit meningkat karena otak adalah pusat pengendalian tubuh.

Nah, untuk menghindari 4 hal tadi pastikan Lo selalu mematikan handphone dan semua gadget Lo ketika Lo akan beranjak tidur.  Batasi penggunaan handphone di malam hari supaya Lo memiliki jadwal yang rutin untuk bersitirahat dan tidak terganggu oleh handphone Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini