gentlemancode.id
Ini Dia Makanan Yang Bisa Mempercepat Pemulihan Otot Anda Ketika Selesai Fitnes

INI DIA MAKANAN YANG BISA MEMPERCEPAT PEMULIHAN OTOT ANDA KETIKA SELESAI FITNES

Published on Tuesday, 02 August 2016

Sering kali kita merasakan pegal-pegal atau sakit pada otot kita ketika selesai melakukan latihan fisik. Sebetulnya ini adalah hal yang wajar terjadi, nyeri atau yang biasa disebut dengan delayed onset muscle soreness (DOMS) biasanya terjadi pada 24-72 jam pasca latihan. Apalagi jika kita baru memulai latihan pertama kali, rasa pegal dan nyeri sudah pasti akan kita alami tanpa bisa kita hindari.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah ini? Pemulihan otot sebetulnya akan lebih cepat jika dibarengi dengan asupan nutrisi yang pas yang didapat dari makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan suplemen yang baik.

Nah, beberapa makanan ini bisa membantu kita untuk memulihkan otot yang nyeri akibat latihan. Penasaran? Mari kita simak selengkapnya dibawah ini.

1. BlueBerry

Buah ini kaya akan anti-oksidan, dan tentunya bisa mencegah radikal bebas pada otot kita setelah latihan.

Dalam Journal of International Society of Sports Nutrition menyebutkan bahwa proses pemulihan otot kita akan berjalan lebih cepat dengan menambahkan blueberry pada sebelum dan segera setelah latihan.

2. Makanan tinggi kalium

Kalium cepat hilang dari tubuh kita melalui keringat berlebih dan dehidrasi. Salah satu fungsi kalium adalah untuk mencegah kram otot, untuk mencegah hal tersebut terjadi maka sebaiknya kebutuhan tubuh kita akan kalium harus tercukupi.

Makanan yang mengandung kalium biasanya ada pada makanan yang tinggi protein seperti daging serta sayuran hijau. Makanan yang kaya kalium termasuk kentang, tomat, buah-buahan segar seperti pisang, jeruk dan stroberi, alpukat, bayam, buncis dan kacang polong, dan buah-buahan kering.

3. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan minyak ikan atau yang lebih dikenal dengan asam lemak Omega 3. Omega 3 ini merupakan eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA), yang mana keduanya berperan dalam proses anti-inflamasi.

Pada proses ini, EPA dan DHA menghasilkan anti-inflamasi eicosanoids, molekul yang dibuat dari oksidasi asam lemak. Zat ini berperan besar dalam peradangan (inflamasi) dan mengurangi produksi sitokin inflamasi yang dapat dengan mudah dihentikan oleh asam lemak.

4. Karbohidrat

Setelah latihan, glikogen akan terkuras akibat dijadikan energi. Hal ini bisa menyebabkan kita akan merasa lapar setelah latihan. Karena itu lah, karbohidrat cepat serap (karbohidrat sederhana) sangat penting untuk kita konsumsi setelah latihan untuk mengisi ulang energi tubuh kita yang sebelumnya sudah habis.

Konsumsi karbohidrat seperti nasi putih atau buah akan mendorong lonjakan insulin yang akan mengisi kembali glikogen.

Waktu yang direkomendasikan untuk mengonsumsi karbohidrat ini adalah 10-15 menit setelah latihan.

5. Air Minum

Jika tubuh kita tidak terhidrasi (kebutuhan air mencukupi) dan kita memaksa untuk berlatih dengan keras, maka akan muncul beberapa masalah saat latihan. Seperti kram, cepat lelah, bahkan hingga merasa pusing. Kekurangan air juga dapat memperlambat proses pemulihan otot kita.

Dan yang direkomendasikan adalah minum 7-10 ons air setiap 10-20 menit (pada saat latihan). Kebutuhan ini akan bertambah jika latihan yang kita lakukan juga semakin intens.

6. Protein

Protein adalah makanan utama bagi otot dan sangat penting untuk pemulihan otot pasca melakukan latihan keras. Jika asupan protein kurang, maka perkembangan dan pemulihan otot kita akan lebih lama.

Tidak hanya itu, kecukupan protein juga dapat membantu tubuh menyimpan energi agar latihan berikutnya tetap maksimal.

Oke Bro, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan-makanan tadi ya agar proses pemulihan otot Bro bisa lebih cepat. Jangan lupa untuk selalu malakukan pemanasan sebelum melakukan latihan. Dan jangan lupa juga untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan tubuh akan nutrisi tetap terpenuhi.

Semoga bermanfaat Bro, jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat yang membutuhkan. Terimakasih.

Referensi:
[1] https://duniafitnes.com/nutrition/makanan-terbaik-untuk-percepat-pemulihan-otot-anda.html

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini