gentlemancode.id
Ini yang terjadi di dalam tubuh ketika kita gampang ngantuk saat puasa

INI YANG TERJADI DI DALAM TUBUH KETIKA KITA GAMPANG NGANTUK SAAT PUASA

Published on Friday, 17 May 2019

Tidak dipungkiri, ketika kita menjalankan puasa kita sering banget ngerasa ngantuk. Apalagi kalo udah jam-jam siang, ngantuknya minta ampun, bener nggak, bro? Sebetulnya pada saat mengantuk yang terjadi pada tubuh kita adalah turunnya kadar gula darah sehingga kita menjadi merasa ngantuk dan lelah.

Menurut dokter dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkucumo (RSCM), dr Wismandari Wisnu, SpPD, K-EMD, FINASIM hal ini terjadi karena berkurangnya cadangan gula yang ada pada tubuh.

Nutrisi yang kita makan dipakai paling lama sampai dua jam saja. Lebih dari 3 jam membongkar cadangan-cadangan di tubuh.

Cadangan gula yang berbentuk glikogen terdapat paling banyak ada di liver atau hati. Ada pun cadangan gula yang berupa lemak ditimbun di jaringan lemak. Cadangan gula tersebut kemudian dipecah untuk menjadi energi.

Semakin lama, kadar gula dalam darah akan semakin menurun atau disebut dengan hipoglikemia, terutama pada saat menjelang berbuka. Untuk itu, kita dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis seperti kurma agar bisa mengembalikan kadar gula darah normal.

Kurma merupakan buah dengan indeks glikemik sedang dan mengandung serat. Berbeda dengan teh manis yang tidak memiliki serat. Jadi, pilihlah kurma untuk berbuka untuk mengembalikan gula darah yang turun. Cukup 3 butir saja udah cukup, bro.

Sumber:
[1] https://health.detik.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini