gentlemancode.id
Inilah Kondisi Yang Akan Dialami Apabila Kita Kurang Tidur

INILAH KONDISI YANG AKAN DIALAMI APABILA KITA KURANG TIDUR

Published on Friday, 29 September 2017

Selain makan dan minum, tidur adalah salah satu kebutuhan yang harus kita penuhi. Tidur memiliki manfaat yang penting untuk tubuh karena pada saat kita tidur tubuh akan megembalikan kesehatan fisik dan mental kita yang sudah kelelahan karena aktivitas yang kita lakukan. Tidur akan membantu kita mendapatkan kembali energi yang sudah hilang untuk selanjutnya digunakan kembali untuk menjalankan aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, tidur juga memiliki peran dalam menunjang pertumbuhan, khususnya pada anak dan remaja, karena pada saat tidurlah hormon pertumbuhan dikeluarkan.

Pada dasarnya, kebutuhan tidur setiap orang akan berbeda, namun untuk kebanyakan orang, waktu yang ideal untuk tidur adalah sekitar delapan jam agar fungsi penting yang telah disebutkan diatas bisa berjalan optimal. Jadi, usahakan untuk mencukupi kebutuhan tubuh untuk beristirahat dengan tidur yang cukup supaya energi yang kita dapatkan bisa optimal.

Kebutuhan tidur yang kurang tercukupi akan menyababkan kita terlihat lelah ketika menjalani aktivitas kita sepanjang hari. Lo pasti pernah kan ngalamin keadaan dimana Lo merasa gak semangat dan kelelahan ketika Lo harus menjalankan aktivitas Lo? Nah itulah salah satu akibat ketika kita kurang cukup tidur.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang akan kita alami ketika kita kita kurang tidur. Simak baik-baik, Bro :)

1. Berpotensi untuk terkena penyakit serius

Insomnia adalah salah satu kondisi dimana seseorang susah untuk tidur atau sulit untuk tidur nyenyak. Sebagian besar penderita insomnia ternyata juga menderita berbagai penyakit serius.

Beberapa penyakit serius yang berisiko diderita oleh penderita insomnia diantaranya adalah penyakit jantung, baik berupa serangan jantung atau gagal jantung. Tidur memiliki peran yang penting untuk kemampuan tubuh seseorang dalam menyembuhkan dan memperbaiki pembuluh darah dan jantung. Itulah kenapa seseorang yang kurang tidur cenderung rentan untuk terkena penyakit serius terkait kardiovaskular.

Selain itu, penderita insomnia juga berpotensi terkena penyakit stroke, diabetes, atau tekanan darah tinggi.

2. Gampang sakit dan susah sembuh

Sistem imun tubuh menghasilkan protein-protein yang dinamakan sitokin. Sitokin dibutuhkan untuk membantu tubuh menghadapi infeksi, peradangan, dan stres. Saat kita sedang tidur, tubuh merilis sitokin. Kalo misalnya kita kurang tidur, maka produksi sitokin ini juga akan berkurang.

Kurang tidur juga menyebabkan menurunnya kemampuan sistem kekebalan tubuh dan kinerja sel dalam memerangi infeksi. Hal itu tentu saja akan berdampak buruk kepada sistem kekebalan tubuh dalam melawan sumber penyakit dan kecepatan proses penyembuhan secara alami.

3. Menurunkan daya ingat

Pada saat tidur, koneksi saraf yang mendukung ingatan seseorang mengalami penguatan. Jika siklus tidur terganggu, otomatis konsolidasi ingatan pun akan mengalami gangguan.

Kurang tidur akan mengakibatkan seseorang cenderung mengantuk dan kondisi tersebut merupakan salah satu faktor penyebab seseorang mudah lupa. Mengantuk juga berperan penting bagi hilangnya kemampuan fokus dan konsentrasi. Jika hal ini terus berlanjut, maka jangan kaget kalo ingatan Lo melemah.

4. Mempercepat penuaan dini

Orang-orang yang mengalami kondisi kurang tidur cenderung memiliki kulit yang pucat dan mata bengkak. Kalo misalnya keadaan tersebut berlangsung terus-menerus, maka kulit akan menjadi kusam, timbul garis-garis halus, dan terdapat lingkaran hitam di bawah mata.

Hal ini terjadi karena meningkatnya produksi hormon kortisol pada seseorang yang kurang tidur. Hormon kortisol yang berlebihan dapat menghancurkan protein yang bertugas menghaluskan kulit dan membuatnya elastis atau biasa disebut kolagen kulit. Kondisi kurang tidur juga berdampak kepada kurangnya produksi hormon pertumbuhan. Hormon ini khususnya membantu meningkatkan massa otot, menebalkan kulit, dan memperkuat tulang.

Nah Bro, itulah beberapa kondisi yang akan Lo alami ketika Lo kurang tidur. Jadi sebaiknya, seberapa pun sibuknya aktivitas Lo, jangan sampe Lo mengabaikan waktu istirahat Lo. Semoga bermanfaat Bro, jangan lupa di share ya! Thanks.

Sumber:
[1] http://www.alodokter.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini