gentlemancode.id
Inilah Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

INILAH MANFAAT BAWANG PUTIH UNTUK KESEHATAN

Published on Friday, 24 June 2016

Umumnya kita mengenal bawang putih adalah sebagai bumbu dapur yang digunakan untuk membuat masakan lebih beraroma dan menambah cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Namun tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki sejuta manfaat yang baik untuk kesehatan. Ingin tahu? berikut ini adalah beberapa manfaat dari bawang putih yang diambil dari berbagai sumber.

1. Mengobati flu dan batuk

Bawang putih sudah lama dikenal sebagai obat tradisional yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah penyakit flu dan batuk yang umum kita alami. Pada tahun 1992, Universitas Brigham Young, Utah menemukan bahwa bawang putih yang di tumbuk dan dicampur dengan minyak dapat membunuh 2 macam penyakit, yaitu herpes serta rhinivirus tipe 2 yang biasanya menyebabkan flu. Bawang putih juga mengandung sulfur (zat belerang) yang dapat melegakan saluran pernapasan serta membantu mengeluarkan lendir.

Caranya adalah Anda bisa memakan bawang putih mentah secukupnya ketika terkena flue. Ketika batuk, Anda bisa mencampurkan potongan bawang kedalam susu panas dan meminumnya hangat-hangat.

2. Penangkal dari serangan kanker

Kanker merupakan momok yang menakutkan untuk semua orang. Bagaimana tidak, penyakit ini merupakan penyakit serius yang banyak menimbulkan korban jiwa. Sebelum terkena, lebih baik kita berusaha untuk mencegah serangannya. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati bukan?

Tidak perlu jauh-jauh, pencegahan kanker bisa Anda lakukan dengan menggunakan bumbu yang bisa dengan mudah Anda temui didapur. Bawang putih. Bawang putih mengandung dialil sulfida yang memiliki peran mencegah kanker yang bisa membahayakan jiwa anda. Untuk perempuan, mengkonsumsi bawang putih secara tidak berlebihan dapat mencegah kanker payudara.

3. Obat alami bagi penderita diabetes

Sekitar 9 juta penduduk Indonesia hidup dengan diabetes. Dikutip dari www.coldpress.co.id diabetes adalah suatu penyakit, dimana tubuh penderitanya tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) dalam darahnya. Pada tubuh yang sehat, pankreas melepas hormon insulin yang bertugas mengangkut gula melalui darah ke otot-otot dan jaringan lain untuk memasok energi.

Diabetes merupakan gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh. Penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tubuh yang tak mampu menggunakan insuin secaa efektif, sehingga terjadilah kelebihan gula di dalam darah. Kelebihan gula yang kronis di dalam darah (hiperglikemia) ini menjadi racun bagi tubuh.

Bawang putih mampu mengontrol kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes. Sehingga sangat cocok sebagai obat alami bagi yang mengalami penyakit atau gejala diabetes.

4. Pelindung organ jantung

Radikal bebas yang tercampur dengan oksigen yang kita hirup dapat membahayakan organ jantung kita. Bawang putih mampu melindungi organ jantung dari berbagai radikal bebas yang bertebaran di udara.

5. Sistem kekebalan tubuh

Antioksidan dalam bawang putih memiliki efek yang sangat positif pada sistem kekebalan tubuh kita secara umum dan karena itu dapat melindungi tubuh terhadap semua jenis serangan bakteri dan virus.

6. Pengendalian berat badan

Salah satu kandungan yang terdapat dalam bawang putih adalah Allicin. Allicin merupakan zat yang paling potensial dalam bawang putih dan terbukti tidak hanya menurunkan tekanan darah, tapi juga untuk mencegah kenaikan berat badan.

7. Memangkas kolesterol jahat

Bawang putih mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa bawang putih dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%.

8. Menghindarkan dari berbagai penyakit kulit

Kandungan bawang putih yang memiliki nama ajoene berkhasiat untuk membasmi berbagai infeksi jamur yang menyerang kulit tubuh anda.

9. Mengontrol tekanan darah

Gas hidrogen sulfida dalam bawang putih bermanfaat untuk melebarkan pembuluh darah serta berperan besar dalam mengontrol tekanan darah seseorang.

 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini