gentlemancode.id
Jenis buah-buahan untuk sarapan sehat

JENIS BUAH-BUAHAN UNTUK SARAPAN SEHAT

Published on Wednesday, 03 July 2019

Siapa yang nggak suka buah? Jenis makanan manis dan segar ini merupakan jenis makanan yang merupakan sumber serat, karbohidrat kompleks, serta vitamin dan mineral terbaik. Nah, Lo tahu nggak, bro kombinasi buah-buahan tertentu untuk sarapan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan?

Setiap buah punya kandungan nutrisi tersendiri yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, mulai dari mencegah flu sampe menghaluskan dan mencerahkan kulit. Jika kita bisa menggabungkan buah-buah itu maka Lo bisa mengoptimalkan beragam manfaat tersebut, bro.

Pada dasarnya, semua jenis buah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Tapi, beberapa diantaranya memiliki karakteristik terntentu sehingga lebih pas untuk sarapan.

Berikut ini adalah berapa jenis buah-buahan untuk sarapan sehat yang bisa Lo kombinasikan, yaitu:

1. Kiwi, stroberi, dan jeruk bali merah untuk system kekebalan tubuh

Kalo Lo nanya buah apa aja yang kaya akan vitamin C,  maka kiwi, stroberi, dan jeruk bali merah adalah jawabannya, bro. Vitamin C mampu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Ketiga buah yang Gw sebutin tadi memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibanding jeruk.

Kalo bosen, Lo bisa membuat variasi dengan kombinasi buah lain yang kaya akan vitamin C, seperti misalnya mangga, papaya, atau nanas.

Lo bisa mencampurkan buah-buah ini dalam mangkuk dengan campuran yoghurt. Atau Lo bisa juga membuat smoothie tanpa gula agar lebih sehat. Menarik kan?

2. Ceri, blueberry, dan nanas untuk kesehatan sistem pencernaan

Penyebab penyakit pada sistem pencernaan adalah adanya peradangan, bro. 

Nah, buah ceri mengandung senyawa antioksidan phenolic, nanas mengandung enzim bromelain, dan blueberry mengandung vitamin A, C, dan E. Semua komponen dari ketiga buah tadi bisa membantu mencegah terjadinya peradangan yang menjadi penyebab penyakit pada sistem pencernaan.

Selain itu, blueberry juga memiliki senyawa antioksidan yang disebut antosianin. Antosianin merupakan senyawa yang membantu bakteri pencernaan dalam proses metabolisme senyawa antioksidan phenolic.

3. Alpukat, apel, dan pisang untuk sumber energi

Kenapa ketiga buah ini baik untuk sumber energi?

Pisang memiliki kandungan karbohidrat, apel kaya akan kandungan serat, dan alpukat adalah sumber lemak yang sehat.

Lo akan mendapatkan energi ekstra dan Lo juga bisa kenyang lebih lama ketika Lo mengombinasikan ketiga buah tersebut.

4. Pepaya, blackberry, dan melon untuk kesehatan kulit

Emang bener ketiga buah tadi bisa menyehatkan kulit? Nggak percaya, bro? Lo coba deh campurin pepaya, blackberry, dan buah melon menjadi jus atau smoothie. Terus, rutin deh Lo minum setiap pagi maka hasilnya pasti akan kelihatan kalo Lo rutin mengonsumsinya.

Kerusakan kulit bisa dicegah dengan mengonsumsi pepaya karena buah ini kaya akan senyawa yang meningkatkan produksi kolagen serta enzim papain yang bisa mencegah kerusakan kulit. Disisi lain, Lo bisa mendapatkan antioksidan, vitamin A, dan vitamin C dari blackberry.

Lalu, buah melon memiliki kandungan betakaroten yang merupakan bahan baku vitamin A yang memiliki peran dalam menjaga kehalusan kulit dan rambut.

5. Lemon, goji berry, dan semangka untuk detoksifikasi

Kombinasi selanjutnya dari jenis buah-buahan untuk sarapan sehat adalah lemon, goji berry, dan semangka. 

Semangka kaya akan kandungan air, senyawa glutathione, likopen, vitamin A, dan vitamin C yang mampu membantu proses detoksifikasi.

Lalu, goji berry kaya akan vitamin A, B, C, E, dan zat besi dan kolin yang dibutuhkan oleh hati untuk membuang racun dari tubuh.

Agar semakin oke, Lo bisa menambahkan perasan buah lemon. Perasan buah lemon ini memiliki kandungan senyawa antioksidan, antibakteri, dan antiviral yang berlimpah.

Terlepas dari jenis buah-buahan yang udah Gw sebutin tadi yaitu jenis buah-buahan untuk sarapan sehat pada dasarnya hampir semua kombinasi jenis buah dapat dikonsumsi untuk sarapan. Tapi Lo harus ingat untuk memperhatikan jumlah dan jenis buah yang Lo makan pada pagi hari.

Ada jenis buah tertentu yang memiliki kandungan lebih banyak kalori dan gula seperti mangga dan pisang. 

Jenis gula yang terkandung dalam buah merupakan gula alami, tapi ada beberapa orang dengan kondisi tertentu yang harus tetap menjaga asupan gulanya supaya tidak berlebihan.  Terlebih kalo Lo sedang berusaha untuk menurunkan berat badan atau memiliki penyakit diabetes.

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini