gentlemancode.id
Kebiasaan Kecil Ini Ternyata Mengganggu Kesehatan - Bagian 2

KEBIASAAN KECIL INI TERNYATA MENGGANGGU KESEHATAN - BAGIAN 2

Published on Tuesday, 14 August 2018

 

Tidak bisa kita pungkiri, kesehatan memang sangat mempengaruhi produktifitas kita sehari-hari. Tapi, tanpa kita sadari, ada beberapa kebiasaan yang justru malah mengganggu kesehatan kita, bro. Menyambung artikel sebelumnya, kali ini Gentlemancode akan mengulas lagi, kebiasaan-kebiasaan yang dengan atau tanpa Lo sadari, malah jutsru mengganggu kesehatan Lo. Langsung aja bro, ini dia!

1. Menyikat gigi setiap habis makan

Untuk sebagin orang, menyikat gigi setelah makan adalah hal yang biasa dilakukan dan bukan hal buruk tentunya, karena hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan gigi. Tapi tahu nggak Lo bro, makanan bisa meninggalkan asam di gigi yang dapat melemahkan enamel, dan menyikat enamel ini akan membuat enamel mehilang sehingga gigi kehilangan perlindungannya, bro. Sebetulnya, untuk mengusir partikel sisa makanan, Lo cukup berkumur untuk menghilangkan sisa makanan di rongga mulut. Terus, Lo cukup kok menyikat gigi dua kali sehari, nggak perlu keseringan, bro. 

2. Meremehkan bahaya polusi udara

Udara saat ini di sebagian wilayah Indonesia sudah nggak bersahabat bro, apalagi polusi udara di jalan raya. Lo tahu nggak bro, sebetulnya udara yang Lo hirup, mengandung banyak bahan kimia dan zat lainnya, yang nggak baik untuk kesehatan Lo. Oleh karena itu, jangan lupa Lo pakai masker, agar kesehatan, khususnya kesehatan paru-paru Lo tetap terjaga dengan baik.

3. Begadang

Ada deadline, banyak kerjaan yang musti diselesaikan, stres karena besok ada hal yang harus dihadapi, atau terlalu lama tidur siang sehingga malam susah untuk terpejam adalah beberapa alasan kenapa orang akhirnya begadang. Lo tahu nggak bro, begadang adalah kebiasaan yang nggak baik dan bisa mengganggu kesehatan. Orang yang kebanyakan begadang, cenderung tidak melakukan aktivitas fisik atau terlihat loyo esok harinya. Kalo Lo punya kebiasaan ini, segeralah ubah kebiasaan Lo itu ya. Sesekali begadang nggak apa-apa yang penting tidak terlalu sering! 

4. Mengingat-ingat di masa lalu

Setiap orang pasti punya masa lalu atau masalah di masa lampau, yang mungkin masih teringat sampai saat ini. Menurut kita nih bro, sesuatu yang sudah lewat, ya biarlah, jangan dibuat stres apalagi dipikirkan secara berlebih. Seperti yang kita lansir dari salah satu situs Research & Therapy disebutkan bahwa merenungkan tekanan, masalah, atau trauma di masa lalu bisa menyebabkan gejala depresi. Jadi, daripada Lo terjebak di pikiran masa lalu Lo, lebih baik Lo menikmati hari ini dan merencanakan masa depan Lo menjadi lebih baik lagi. Setuju, bro?

5. Minum air kemasan

Air kemasan merupakan salah satu alternatif  ketika Lo haus saat berpergian dan Lo nggak membawa minuman. Kalo sesekali minum air kemasan sih nggak masalah, bro. Tapi kalo keseringan bahkan tiap hari, hal ini justru nggak baik untuk kesehatan Lo. Perlu Lo ketahui, air minum kemasan hanyalah air yang melewati penyaringan beberapa kali. Sedangkan air mineral adalah air layak minum yang sudah ditambah mineral yang dibutuhkan tubuh. Intinya, akan lebih baik kalo Lo minum air mineral.

6. Mengkonsumsi terlalu banyak suplemen

Suplemen memang memiliki dampak positif untuk tubuh, karena di dalamnya terkandung banyak mineral dan vitamin. Tapi jangan sampai Lo ketergantungan ya. Perlu Lo ketahui, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin atau mineral dapat merugikan tubuh Lo, contohnya gini bro, ketika Lo terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C, maka itu dapat menyebabkan masalah pencernaan dan mengganggu kerja obat. Atau, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin B6 ternyata dapat menyebabkan kerusakan sel syaraf. Nah, konsumsilah suplemen sesuai dosis yang dianjurkan, dan akan lebih baik lagi kalo Lo mengkonsumsi vitamin alami dari sayur ataupun buah-buahan, bro.

7. Terlalu Ambisius dalam Berolahraga

Lo pengen punya tubuh bagus, atau Lo pengen menghilangkan perut buncit? Olahraga memang adalah pilihan bijak, bro. Kenapa? Karena olahraga bisa membantu membakar lemak dengan efektif. Setiap aktivitas fisik ataupun olaharga yang Lo lakukan bisa membuat tubuh Lo memproduksi hormon adrenalin dan kortisol, yang dipergunakan tubuh sebagai tenaga, tapi jika Lo berlatih terlalu sering, tubuh Lo nggak punya cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan diri, bro.

Tubuh sebetulnya akan  memberi Lo alarm ketika Lo berolahraga secara berlebihan. Contohnya gini, Lo akan mengalami kesulitan tidur, Lo akan mengalami peningkatan denyut jantung di pagi hari, Lo gampang marah, dan pada akhirnya Lo akan usah mencapai performa maksimal dalam berolahraga. Intinya bro, jangan terlalu ambisius ya! Berolahragalah sesuai kapasitas tubuh Lo.

Nah, itu dia 7 kebiasaan yang sebaiknya Lo hindari agar kesehatan Lo tetap terjaga dengan baik! Dikarenakan kesehatan adalah asset penting, maka jagalah kesehatan Lo dengan baik. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas, bro! 

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini