gentlemancode.id
Kenali Bahaya Makan Terlalu Cepat Untuk Kesehatan

KENALI BAHAYA MAKAN TERLALU CEPAT UNTUK KESEHATAN

Published on Wednesday, 31 May 2017

Makan seharusnya menjadi momen yang menyenangkan untuk kita, apalagi kalo kegiatan tersebut kita lakukan bersama keluarga atau sahabat. Namun, keadaan ini akan sangat berbeda kalo kita melakukannya dalam waktu yang sempit. Boro-boro menikmati setiap hidangan, yang ada malah kita buru-buru ketika makan sehingga makanan dikunyah sekedarnya saja.

Buat Lo yang super sibuk mungkin sering mengalami hal ini, dan perlu Lo tau bahwa kebiasaan ini sama sekali gak baik buat Lo. Sebelum makanan masuk kedalam sistem pencernaan, makanan harus dikunyah dengan baik didalam mulut. Tujuannya adalah tidak lain untuk meringankan kerja sistem pencernaan kita. Semakin lembut makanan, maka semakin mudah pula usus dalam menyerap nutrisi didalamnya.

Berikut ini adalah 5 bahaya akibat makan terlalu cepat. Yuk disimak, Bro!

1. Organ Pencernaan Bekerja Lebih Berat

Sebelum nutrisi dari makanan yang kita makan disalurkan ke seluruh tubuh, usus dan organ pencernaan lainnya akan memproses terlebih dahulu makanan yang masuk melalui mulut. Kalo makanan yang kita makan belum lembut sempurna, maka tentu organ pencernaan kita akan bekerja dua kali lebih keras.

2. Gangguan Pencernaan

Mengunyah makanan hingga makanan tersebut lembut akan membantu proses pencernaan makanan. Bukan hanya itu, mengunyah makanan dengan lembut akan meminimalisir udara yang ikut tertelan. Udara yang terlalu banyak tertelan akan menyebabkan sfingter esophagus terbuka lebar, sehingga asam perut akan naik mencapai dada atau tenggorokan.

3. Kenaikan Berat Badan

Mengunyah makanan dengan baik akan membantu mengontrol jumlah makanan yang masuk kedalam tubuh kita. Semakin cepat mengunyah, maka semakin besar kemungkinan kita untuk lebih banyak makan.  Ketika kita makan terlalu cepat, maka otot perut kita akan dipaksa untuk meregang lebih besar sehingga kita susah untuk kenyang karena perut masih terasa kosong.

4. Resiko Tersedak Dan Tergigit

Tersedak dan tergigit adalah kejadian yang sering terjadi ketika kita makan terlalu cepat. Jangan anggap remeh resiko ini, karena kalo kejadiannya serius bisa berbahaya untuk kita. Contohnya kita mengalami sesak karena tersedak atau sariawan karena lidah atau bibir tergigit.

5. Meningkatkan Stres

Lezatnya makanan akan terasa apabila kita benar-benar menikmati makanan tersebut dengan baik. Lezatnya makanan akan memberikan sensasi tersendiri yang membuat kita menjadi tenang dan bahagia. Beda halnya apa bila kita makan dengan tergesa-gesa, makanan seenak apapun gak akan bikin kita menikmatinya.

Sekarang udah tau kan kalo makan tergesa-gesa itu bisa berbahaya? Mulai sekarang makannya santai aja ya biar aman.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini