gentlemancode.id
Lama nggak olahraga? Mulai lagi yuk dengan menjalankan 6 tips ini

LAMA NGGAK OLAHRAGA? MULAI LAGI YUK DENGAN MENJALANKAN 6 TIPS INI

Published on Thursday, 25 April 2019

Olahraga itu adalah salah satu kegiatan yang sangat sulit untuk dilakukan, bener nggak sih? Kadang kita semangat dan kadang kita malas untuk melakukannya. Kesibukan selalu menjadi alasan untuk kita tidak berolahraga. Padahal, seharusnya sih kita rutin untuk berolahraga demi mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Tapi ya itu tadi, semangat untuk melakukan olahraga itu suka naik turun sehingga kadang kita berhenti berolahraga dalam waktu yang lama. Nah, buat Lo yang mau mulai lagi untuk olahraga, sebaiknya lakukan beberapa langkah ini, bro.

1. Mulai dengan niat yang kuat

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar, Lo harus punya komitmen yang kuat, bro. Mulailah dengan membuat persiapan dari mulai kebutuhan dan jadwal. 

2. Lakukan peregangan

Agar otot-otot Lo kembali lentur setelah Lo nggak olahraga untuk waktu yang lama, Lo harus melakukan peregangan, bro. Peregangan penting untuk meningkatkan performa tubuh dan mengurangi risiko cedera. Sebagai permulaan, Lo bisa mencoba untuk melakukan gerakan peregangan seperti lunge setiap Lo memulai olahraga. Lo bisa mulai dengan 10-15 gerakan peregangan dengan durasi 1 menit setiap gerakan.

3. Melakukan olahraga aerobik ringan

Mulai hari Lo dengan berolahraga selamna 20-30 menit setiap hari. Lo bisa mencoba olahraga aerobik ringan seperti berjalan kaki atau jogging. Untuk permulaan, Lo bisa istirahat selama 10 menit di tengah sesi dan melanjutkannya kembali ketika Lo udah merasa mampu. Lama-lama, Lo akan terbiasa untuk melakukannya selama 20-30 menit tanpa berhenti.

4. Melatih kekuatan otot

Kalo Lo udah mulai terbiasa dengan olahraga peregangan dan aerobik, maka sekarang saatnya Lo mulai melatih otot-otot tubuh yang selama ini udah jarang digunakan secara aktif. Lo bisa squat, lunge, push-up, pull-up atau olahraga apa pun yang menggerakan seluruh otot tubuh.

5. Belajar dari sesi sebelumnya

Ketika Lo olahraga, pastikan Lo melakukan setiap gerakan dengan benar. Lo harus ingat otot-otot apa aja yang berkontraksi, arena mana aja yang terasa nyeri, dan sensasi menyenangkan yang Lo rasakan saat berhasil melakukan gerakan tersebut dengan benar. Hal ini penting untuk menghindari kesalahan gerakan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

6. Konsisten olahraga selama satu bulan

Boleh aja Lo menyusun target jangka panjang ketika Lo kembali olahraga, tapi cobalah untuk menjalani komitmen tersebut selama satu bulan terlebih dahulu. Begitu Lo udah bisa menjalani rutinitas olahraga Lo ini selama satu bulan, maka kedepannya Lo akan lebih mudah untuk menjalankan program latihan Lo.

Kembali melakukan olahraga setelah lama berhenti itu emang gampang-gampang susah, bro. Tapi kalo Lo mau, Lo pasti bisa. Kuncinya adalah komitmen!

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini