gentlemancode.id
Makanan Ini Bisa Membantu Anda Dalam Menambah Massa Otot

MAKANAN INI BISA MEMBANTU ANDA DALAM MENAMBAH MASSA OTOT

Published on Friday, 15 July 2016

Memiliki tubuh yang atletis dan ideal merupakan dambaan setiap orang, betul ga Bro? Bagi pria, tubuh yang ideal digambarkan dengan memiliki badan yang kekar, padat, dan berisi. Pria yang memiliki tubuh yang seperti itu akan lebih menarik di mata perempuan di bandingkan dengan pria yang kurus, atau bahkan terlalu gemuk. Selain itu, banyak manfaat yang ingin di dapat oleh pria dengan membentuk otot tubuhnya.

Untuk membentuk otot tubuhnya, banyak para kaum pria mulai mengikuti latihan fisik baik itu di outdor ataupun ditempat-tempat gym. Gym memang tempat yang cocok untuk melatih kekuatan otot. Namun olahraga fitness saja tidak akan efektif jika tidak di tunjang dengan asupan nutrisi yang baik untuk otot.

Oleh karena itu olahraga fisik yang dilakukan tetap harus di imbangi dengan makanan yang memberikan nutrisi yang baik untuk membentuk otot tubuh kita. Dilansir dari berbagai sumber terpecaya, Inilah 20 makanan pembentuk otot tubuh pria yang sangat efektif dan cepat. Mari kita simak Bro.

1. Putih Telur

Telur merupakan sumber makanan yang kaya nutrisi. Bagian putih dan kuningnya memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Namun jika ingin menambah massa otot, sebaiknya konsumsi putih telurnya saja. Karena kandungan putih telur kaya akan protein, selain itu karena kandungan putih telur hampir tidak memiliki kolesterol dan lemak daripada kuning telurnya. Putih telur adalah makanan paling ampuh untuk membentuk otot tubuh paling cepat.

2. Susu

Susu memang dikenal memiliki banyak kandungan protein dan vitamin. Susu sangat enak di konsumsi apalagi setelah berolahraga. Kandungan proteinnya membantu membentuk otot, sedangkan kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya membantu proses pemulihan dan perkembangan otot. Jadi tidak hanya anak kecil saja yang butuh susu, buat Bro yang ingin memiliki tubuh yang padat berisi perlu meminumnya juga.

3. Ikan Tuna

Tuna memiliki kandungan gizi yang kaya akan protein, kandungan lemaknya sedikit, dan Vitamin D serta zat besi yang cukup kompleks. Ikan tuna tergolong ikan laut yang mana juga kaya akan omega-3. Menurut Christine Rosenbloom, PhD bahwa protein baik untuk membentuk otot tubuh pria dan sama ampuhnya dengan susu dan putih telur.

4. Yogurt

Yogurt merupakan minuman susu yang dihasilkan dari fregmentasi bakteri. Bro bisa mendapatkannya di swalayan terdekat. Yogurt memiliki banyak kandungan vitamin B6 yang baik untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Namun jika untuk mendukung pertumbuhan otot, para pakar gizi menganjurkan Bro untuk minum Yogurt dengan rasa tawar atau jangan yogurt yang memiliki rasa.

Alasannya, karena yang tawar lebih murni dan kaya akan kandungan protein dan nutrisinya. Namun ingat, jika Bro mengkonsumsi yogurt, ada baiknya Bro mencari yogurt yang original tanpa rasa atau pewarna, saran kami lebih baik memilih yogurt berwarna putih yang mungkin lebih dibutuhkan tubuh.

5. Brokoli

Sayuran ini juga kaya akan kandungan proteinnya yang baik untuk menambah massa otot. Selain menyehatkan, sayur ini juga enak untuk di makan. Kandungan vitamin pada sayuran ini juga sangat kompleks, yaitu Vitamin A, B-kompleks, C, E, K. Viatmin E inilah yang baik untuk pertumbuhan otot kita. Para ahli gizi menyarankan sebaiknya brokoli ini direbus saja dan tidak di goreng dengan minyak, agar tidak menghilangkan kandungan vitaminnya.

6. Kacang Arab

Jika kita amati, orang-orang di darah Arab memiliki tubuh yang besar dan kekar. Ternyata ada sumber makanan disana yang baik untuk membentuk otot tubuh mereka, yaitu kacang arab.

Pastinya Bro pernah melihat kacang-kacangan jenis ini kan ? memang cukup banyak saat lebaran tiba. Namun saat ini anda dapat mencarinya dengan mudah, walaupun belum hari lebaran. Kacang arab merupakan salah satu kacang dengan protein tertinggi, sangat efektif untuk membentuk otot tubuh.

Kandungan protein dan serat cukup banyak untuk membantu membentuk otot tubuh Bro. Selain itu, kacang arab juga memiliki kandungan lemak yang rendah.

7. Dada Ayam

Daging ayam memang nikmat untuk di konsumsi. Di rebus, di goreng, di panggang, semuanya tetap enak untuk menyantap daging ayam ini. Namun, setiap bagian tubuh ayam memiliki kadar kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Buat Bro yang ingin memperkuat massa otot, sebaiknya konsumsi daging ayam bagian dada. Karena lebih kaya kandungan proteinnya.

Untuk pengolahannya, lebih baik di kukus atau di panggang karena untuk mempertahankan kandungan nutrisinya, jangan digoreng.

8. Daging Ayam yang berwarna gelap

Selain Daging ayam bagian dada, Pilihlah Daging ayam yang berwarna gelap. Mengapa? Karena daging ayam yang berwarna gelap tersebut mampu meningkatkan zat besi hingga 25%, Selain itu juga membantu meningkatkan 3 kali zink yang baik untuk menjaga system kekebalan tubuh Bro.

Hal itu baik, untuk menjaga kebugaran Bro saat berlatih meningkatkan massa otot, konsumsi makanan tinggi protein seperti ayam sangat penting untuk membantu tubuh dalam mengembangkan masa otot.

9. Daging Sapi

Tidak hanya daging Ayam yang kaya akan protein. T Brock Symons dari Universitas texas Amerika Serikat menemukan bahwa setelah menkonsumsi 120 gram daging sapi minim lemak akan meningkatkan 51% sintesis protein dalam tubuh. Hal itu tergantung dari kualitas daging sapi yang di konsumsi. Pilihlah daging sapi yang di beri konsumsi rumput bukan yang glondongan. Karena sapi yang sehat karena konsumsi rumput, kaya akan kandungan omega3, vitamin A, E, serta kandungan lemak jenuhnya tidak terlalu tinggi.

10. Daging Kerbau dan Rusa

Dari kerabat sapi, Kerbau dan Rusa juga memiliki daging yang kaya akan protein. Dagingnya mengandung vitamin B, Fosfor, Zat besi, zinc, dan kandungan tembaga selain kandungan proteinnya. Nutrisi yang kompleks tersebut bisa menjadi salah satu sumber makanan yang baik untuk membentuk otot tubuh Bro.

11. Daging kalkun

Kalkun dapat kita kategorikan sebagai bangsa unggas, seperti halnya ayam, kalkun juga memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa.

Kalkun memiliki daging yang mengandung protein tinggi yang baik untuk pembentukan otot. Harganya cukup mahal memang, namun sebanding dengan kandungan gizi seperti 11 vitamin dan mineral yang terdapat di dagingnya.

Bahkan khasiat lainnya selain untuk membentuk otot juga untuk mengurangi resiko kanker karena kandungan seleniumnya yang cukup tinggi. Konsumsi daging kalkun dapat Bro lakukan secara rutin sebelum dan sesudah latihan untuk membantu merangsang otot tubuh.

12. Daging Kelinci

Tahukan Bro bahwa kandungan kelinci memiliki nilai gizi yang kaya akan protein yang lebih besar dari daging sapi. Bahkan daging kelinci juga ampuh untuk mengontrol tekanan darah Bro. Konsumsi daging kelinci yang baik bisa dengan cara merebus atau memanggangnya. Sate kelinci yang biasa di jual juga bisa memberikan kelezatan di lidah kita. Selain enak, dagingnya juga membantu membentuk massa otot kita.

13. Minyak Ikan

Minyak ikan digunakan para pemerhati kesehatan untuk memulihkan kebugaran tubuhnya setelah beraktivitas keras seperti olahraga. Karena minyak ikan memiliki sifat antiradang yang mampu memulihkan stamina tubuh. Minyak ikan juga mampu membuat metabolism tubuh lebih cepat. Hal itu yang membuat minyak ikan baik untuk membangun massa otot.

14. Ikan Salmon

Ikan Salmon adalah salah satu ikan laut lainnya yang baik untuk membentuk otot Bro. Kandungan ikan laut yang kaya akan omega3 dan protein poton bermanfaat sebagai nutrisis bagi otot Bro. Selain Ikan Tuna yang sebelumnya di bahas, Ikan Salmon pun enak untuk di konsumsi dan baik untuk proses metabolism tubuh.

15. Almond

Kacang-kacangan memang mengandung vitamin E yang banyak. Vitamin E sangat baik untuk kekuatan otot. Kacang almond pun demikian, memiliki kandungan protein dan lemak yang seimbang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan kandungan antioksidan di dalam almond juga membantu Bro untuk tetap bugar dalam berlatih membentuk otot Bro.

Selain untuk membantu pembentukan otot tubuh pada pria, almond juga bermanfaat untuk membantu mencegah beberapa penyakit berbahaya seperti kanker.

Konsumsi almond secara rutin akan berdampak pada pembentukan otot yang lebih sempurna, terutama bagi Bro yang sering dan rutin fitnes.

16. Keju

Klinik Mayo memaparkan bahwa keju bisa menjadi pengganti makanan daging untuk memberikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh kita. Setiap 30 gram keju mengandung 7 gram protein yang baik untuk otot, serta makanan juga ini rendah lemak.

17. Kuinoa

Sumber karbohidrat lain selain ubi yang bermanfaat untuk pembentukan otot yaitu Kuinoa. Apa sih kuinoa? kuinoa adalah makanan sejenis biji-bijian yang berasal dari keluarga padi-padian. Biasanya sudah diolah dalam bentuk sereal.

Setiap 100 gram kuinoa terkandung 14 gram protein serta asam amino esensial. Kandungan tersebut cukup penting untuk membentuk massa otot Bro. Konsumsi secara rutin kemungkinan besar akan membantu Bro membentuk otot lebih sempurna.

Kuinoa merupakan salah satu makanan yang mengandung asam amino yang tinggi untuk membantu pembentukan otot tubuh.

18. Ubi

Saat proses latihan pembentukan otot, Bro memerlukan stamina dan energy yang prima. Ubi adalah makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat dan juga turut membantu membentuk massa otot. Kandungan lainnya pada ubi yang cukup penting untuk masa pembentukan otot adalah kandungan vitamin dan mineral yang menjaga kadar gula darah agar seimbang di dalam  tubuh. Sehingga Bro akan lebih fit untuk terus berlatih.

19. Bayam

Hasil riset yang dilakukan oleh Rutgers University menemukan bahwa konsumsi bayam bisa membantu pertumbuhan sel otot hingga 20%. Syaratnya, asupan bayam yang dimakan harus banyak sekitar 1 kg per harinya.

20. Nanas

Memang tidak bermanfaat langsung untuk pertumbuhan massa otot Bro. Namun buah nanas bisa menjadi pelengkap makanan yang anda butuhkan selama proses pembentukan Bro berlangsung. Nanas memiliki kandungan bromelin yang membantu tubuh untuk mengeluarkan enzim yang berfungsi untuk mencerna protein yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, agar makanan kaya akan protein yang Bro konsumsi mudah di cerna dengan baik, cobalah Bro menyertakan buah nanas sebagai pelengkap.

Nah Bro, itu tadi beberapa makanan yang dapat membantu Bro membentuk otot Bro menjadi lebih berisi. Tetap semangat dan tetap sehat ya Brothers.

Referensi:
[1] http://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/20-makanan-pembentuk-otot-tubuh-pria-paling-cepat
 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini