gentlemancode.id
Makanan yang tepat untuk bekal mudik saat puasa

MAKANAN YANG TEPAT UNTUK BEKAL MUDIK SAAT PUASA

Published on Friday, 31 May 2019

Mudik menuju kampung halaman saat menjalankan puasa bukan lah hal sepele, bro. Lo perlu persiapan yang matang. Tidak hanya mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan doang, Lo juga wajib memiliki kondisi fisik yang prima. Untuk itu, menjelang mudik Lo harus banyak mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Nah, dibawah ini adalah beberapa jenis nutrisi yang Lo butuhkan saat puasa.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan jenis nutrisi yang harus selalu ada pada waktu sahur maupun berbuka puasa. Kenapa? Karena karbohidrat berperan sebagai sumber energi utama untuk tubuh kita. Saat Lo sahur, sebaiknya Lo mengonsumsi jenis karbohidrat kompleks yang bisa membuat Lo kenyang dalam waktu yang lama.

Nah, contoh karbohidrat kompleks itu diantaranya adalah nasi, bihun, roti, atau mie. Lo bisa memilih jenis karbohidrat kompleks yang mengandung lebih banyak serat seperti nasi merah atau roti gandum bro supaya Lo nggak gampang laper.

2. Protein

Makanan yang mengandung protein yang tinggi bisa membuat Lo kenyang lebih lama dibandingkan kalo Lo hanya mengonsumsi karbohidrat dan lemak. Selain itu, makanan tinggi protein juga berperan dalam membantu membentuk otot dan jaringan baru.

Lo bisa mendapatkan protein dari daging sapi, daging ayam, ikan, telur, tempe, dan tahu. Pastikan makanan tersebut selalu ada dalam menu sahur dan berbuka Lo.

3. Lemak

Lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energy utama, sama seperti karbohidrat dan protein. Lemak memiliki kandungan energy yang cukup besar yaitu sebanyak 9 kkal. Nggak hanya itu, lemak juga bermanfaat untuk membantu tubuh menyerap vitamin yang berasal dari makanan ataupun suplemen.

4. Serat

Hampir sama dengan makanan yang kaya akan protein, makanan tinggi serat juga mampu menahan rasa lapar selama seharian. Selain itu, serat juga membantu menyehatkan sistem pencernaan Lo, bro.

5. Air

Tubuh kita 60 persennya tersusun oleh air, bro. Untuk itu, jangan sampe Lo tidak mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan sekalipun saat puasa. Mencukupi cairan tubuh setiap hari selama puasa dapat menghindarkan Lo dari dehidrasi dan masalah kesehatan lainnya.

6. Vitamin dan mineral

Ketika Lo menjalankan puasa, pastikan Lo mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan vitamin dan mineral. Ketika puasa, tubuh menjadi lebih mudah kehilangan vitamin dan mineral akibat kekurangan cairan dan berubahnya pola makan.

Kalo Lo kekurangan vitamin dan mineral maka tubuh Lo jadi lebih gampang sakit. Lo nggak mau kan bro kalo pas mudik entar Lo malah sakit?

Untuk itu, Lo harus memastikan bahwa Lo cukup mendapatkan asupan vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral yang paling diandalkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin C dan zinc.

Kombinasi keduanya bisa membuat Lo lebih tahan terhadap serangan penyakit dan menjadi lebih bugar. Kalo memang perlu, Lo bisa menambah asupan vitamin dan mineral dari suplemen.

Mengatur asupan makanan sebelum mudik perlu Lo lakukan agar tubuh Lo siap untuk menjalankan perjalanan yang cukup melelahkan.

Untuk itu, Lo perlu mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti:

1. Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein dan serat yang sangat baik untuk dikonsumsi sebelum Lo melakukan perjalanan jauh karena bisa membuat Lo kenyang lebih lama.

Dikutip dari Asian Pacific Journal of Clinic Nutrition tempe memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan usus, melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, kanker payudara dan prostat, dan kesehatan tulang.

Selain itu, tempe juga bisa memberikan Lo cadangan protein yang cukup banyak untuk tubuh sehingga bisa digunakan untuk bekal selama perjalanan mudik.

2. Ikan

Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung asam lemak omega 3, kalsium, fosfor, vitamin B2, zink, magnesium, dan juga kalium. Nah, dikarenakan nutrisi yang dimiliki oleh ikan sangat kaya dan beragam, Kementrian RI merekomendasikan untuk mengonsumsi ikan sebanyak 2 sampe 3 kali setiap minggunya.

Untuk itu, mengonsumsi ikan menjelang mudik akan sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan tercukupi kebutuhan nutrisinya. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi diantaranya adalah sarden, tuna, mackerel, dan ikan nila.

3. Roti gandum

Roti gandum kaya akan serat, dan serat mampu membantu menyehatkan sistem pencernaan Lo dan mencegah sembelit. 

Sistem pencernaan yang sehat adalah hal yang penting yang perlu Lo perhatikan agar perjalanan mudik Lo nyaman.

Selain itu, roti gandum juga mampu membuat Lo merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama dan tidak membuat kadar gula darah naik karena gandum merupakan salah satu karbohidrat kompleks. Selain itu, roti gandum juga memiliki beberapa nutrisi lain seperti protein, mineral, vitamin, dan juga antioksidan.

4. Jus buah

Rutin mengonsumsi jus buah setiap hari mampu membuat tubuh lebih sehat. Jus lebih mudah diserap oleh tubuh sehingga berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah bisa diserap secara optimal.

Agar tubuh bugar dan tetap sehat ketika mudik, Lo bisa mengonsumsi buah yang kaya akan vitamin C dan zinc. Vitamin C dan zinc mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Lo nggak gampang sakit.

Beberapa buah yang kaya akan vitamin C dan zinc diantaranya adalah jeruk, manga, kiwi, dan alpukat. 

5. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran merupakan makanan wajib yang harus ada di menu harian Lo, bro. Sayuran adalah sumber makanan yang kaya akan vitamin dan mineral.

Nah, untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral harian, kalo bisa sih jangan sampe Lo melewatkan mengonsumsi sayuran terlebih ketika menjelang mudik. Beberapa sayuran yang banyak mengandung vitamin dan mineral diantaranya adalah brokoli, bayam, wortel, timun, dan tomat.

Pada dasarnya Lo bisa mengonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan gizi yang sama. Selain itu, makanan yang kaya akan nutrisi ini kalo bisa Lo konsumsi setiap saat bukan hanya pas mau mudik saja.

Oke deh bro, itu dia beberapa tips yang Gw dapet dari hellosehat.com mengenai makanan yang tepat untuk bekal saat mudik. Semoga bermanfaat, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini