gentlemancode.id
Manfaat Air Hujan Untuk Kesehatan

MANFAAT AIR HUJAN UNTUK KESEHATAN

Published on Thursday, 28 September 2017

Setelah kita melewati musim kemarau yang cukup panjang beberapa bulan terakhir ini, akhirnya musim penghujan sudah datang. Ya, di beberapa daerah di Indonesia, air hujan sudah mulai mengguyur tanah yang sebelumnya kering karena musim kemarau.

Pada masa transisi dari musim panas kepada musim hujan seperti ini kita perlu menjaga kesehatan kita dengan cara mengontrol makanan, istirahat yang cukup, dan olahraga supaya daya tahan tubuh kita tetap optimal ketika menghadapi perubahan musim ini karena biasanya pada masa-masa transisi seperti ini kita rentan untuk terkena penyakit.

Ngomong-ngomong soal hujan, banyak dari kita mungkin akan menghindari untuk terkena air hujan karena misalnya takut sakit, takut kedinginan, takut basah, dan lain sebagainya. Nah, Untuk kali ini, kalo misalnya memungkinkan dan kondisi Lo dalam keadaan sehat, coba deh untuk membiarkan hujan membasahi tubuh Lo atau setidaknya Lo cukup menikmati hujan dari dekat. Kenapa begitu?

Dilansir dari Boldsky, ternyata hujan memiliki dampak kesehatan yang baik untuk tubuh kita. Apa saja? Simak dibawah ini ya!

1. Mampu mengisi paru-paru dengan udara yang lebih segar

Sebuah studi mengungkapkan bahwa udara saat hujan lebih sehat untuk kita hirup. Sebelum hujan turun, udara juga menjadi lebih segar dan bersih. Curah hujan akan membersihkan racun di udara bersama debu dan polutan lainnya. Sederhananya, air hujan akan mencuci udara yang ada di sekitar kita dan membuatnya menjadi lebih bersih untuk kita hirup.

Untuk sebagian orang mungkin ada yang menyukai aroma tanah basah yang diakibatkan terkena air hujan. Ketika itu muncul, maka hormon endorfin atau hormon kebahagiaan akan muncul dan itu akan mempengaruhi mood orang tersebut!

2. Kelembaban udara saat hujan sangat baik untuk kulit

Kelembaban udara yang terjadi ketika hujan sangat baik untuk kulit. Ketika tingkat kelembaban udara lebih tinggi, virus-virus tertentu yang ada di udara tidak bisa mengancam kita dan itu akan membuat sistem imun kita menjadi semakin kuat menyerang bakteri atau virus penyakit.

3. Mampu memberikan efek tenang

Untuk sebagian orang, aroma ketika hujan turun mampu membuat mereka merasa lebih bahagia dan lebih tenang. Kenapa bisa begitu? Ilmuwan menyebut aroma khas tersebut sebagai petrichor hujan. Aroma tersebut berasal dari beberapa bahan kimia yang dilepaskan bakteri tanah sesaat setelah hujan mulai turun. Tanaman juga cenderung melepaskan zat tertentu yang menyumbang aroma menenangkan tersebut.

4. Sifat alkali air hujan memiliki manfaat yang baik ketika diserap oleh tubuh

Peneliti percaya bahwa air hujan bersifat alkali atau basa. Ketika terserap kedalam tubuh, sifat alkali ini bisa mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan fungsi pencernaan. Air alkali juga bisa menyeimbangkan PH dalam darah, sehingga mengurangi kadar asam dalam tubuh.

5. Bisa dijadikan alternatif untuk air minum

Sebuah studi mengatakan bahwa air hujan dapat dikonsumsi. Tapi itu hanya berlaku ketika air hujan dikumpulkan dalam wadah yang bersih dan air hujan harus langsung jatuh kepada wadah tersebut tanpa menyentuh permukaan lain seperti atap rumah atau lapisan udara yang terpolusi.

6. Mampu menyehatkan rambut

Air hujan memiliki kadar kenetralan PH yang hampir sempurna, bebas garam, dan bebas mineral yang buruk. Cobalah untuk menampung air hujan dalam sebuah wadah dan gunakan air tersebut untuk membilas rambut ketika keramas. Air hujan dipercaya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat.

Tapi, meskipun sehat untuk rambut, air hujan juga bisa menimbulkan masalah ketika kita tidak segara mengeringkannya. Rambut yang basah karena hujan cenderung lebih lama untuk kering. Jadi, pastikan untuk mengeringkan rambut dengan segera. Jangan biarkan rambut berada dalam keadaan basah dalam waktu yang lama karena itu akan melemahkan akar rambut.

Nah, sekarang udah tau kan Bro manfaatnya? Jadi, kalo misalnya ujan dateng jangan di maki-maki karena bagaimanapun juga air hujan banyak memberikan manfaat kepada kita umat manusia. Kalo misalnya terjadi banjir, yang salah bukan hujannya tapi manusia yang tidak peduli akan kebersihan lingkungannya.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini