gentlemancode.id
Manfaat Jeruk Nipis Yang Belum Kita Ketahui Untuk Kesehatan

MANFAAT JERUK NIPIS YANG BELUM KITA KETAHUI UNTUK KESEHATAN

Published on Wednesday, 03 August 2016

Jeruk merupakan buah yang sangat familiar yang sering dikonsumsi oleh kita warga Indonesia. Kandungan vitamin C yang tinggi yang dimiliki oleh jeruk, membuat buah ini menjadi favorit banyak orang untuk memenuhi kebutuhan vitamin C mereka.

Jeruk mempunyai banyak sekali jenisnya. Setiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik itu dari segi bentuk, warna, dan rasanya.

Salah satu jenis jeruk yang cukup familiar adalah jeruk nipis, jeruk yang biasa digunakan orang untuk melengkapi hidangan makanan ini ternyata menyimpan berbagai macam khasiat yang berguna untuk kesehatan kita. Penasaran? Silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

1. Mengatasi sariawan

Sariawan bisa terjadi disebabkan oleh berbagai hal seperti kondisi mulut yang tidak bersih, luka akibat tidak sengaja tergigit, dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini ternyata jeruk nipis bisa menjadi solusinya. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk nipis akan membantu untuk menutup luka sariawan dan membuat mulut kita kembali segar. Caranya, cukup basahi kapas dengan perasan air jeruk nipis lalu oleskan ke bagian mulut yang terjadi sariawan. Memang perih sih, tapi dalam beberapa hari luka akan menutup dan kita bisa mengunyah lagi dengan nyaman.

2. Menurunkan demam

Sejak lama, jeruk nipis sering sekali dipakai untuk menurunkan demam yang terjadi pada anak atau orang dewasa. Caranya, peras jeruk nipis kemudian campurkanlah dengan air hangat. Lalu oleskanlah ke bagian punggung atau gunakan sebagai kompres. Biarkan semalaman. Selain itu, bisa juga diolah dengan teh untuk membuat badan kembali sehat dan segar.

3. Anti Kanker

Jeruk nipis adalah buah yang kaya akan kandungan zat anti kanker yang bernama flavonoid. Flavonoid berperan membunuh dan mencegah kerusakan sel. Mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin akan membantu kita terhindar dari kanker.

4. Mencegah rambut rontok dan mencegah ketombe

Rambut rontok dan berketombe memang menyebalkan dan membuat stress. Dengan menggunakan jeruk nipis ternyata bisa mengatasi masalah tersebut. Caranya, potong dua jeruk nipis menjadi tiga bagian, lalu oleskanlah pada kulit kepala sampai merata. Kemudian bungkus kepala dengan handuk semalaman, dan keramas keesokan harinya. Lakukan ini secara rutin 3 kali dalam seminggu.

5. Mengatasi asam urat

Terdapat 2 penyebab utama yang menyebabkan penyakit asam urat. Yang pertama adalah akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan yang kedua adalah akumulasi racun dalam tubuh, terutama asam urat.

Jeruk nipis dapat membantu mencegah kedua penyebab ini. Jeruk nipis adalah sumber antioksidan dan pendetoks yang mengurangi jumlah radikal bebas serta racun dalam tubuh.

6. Mengatasi ganguan kemih

Kandungan kalium yang tinggi yang dimiliki oleh jeruk nipis sangat efektif untuk menghilangkan zat-zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di dalam ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan yang dimiliki jeruk nipis ini juga membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih. Selain itu, jeruk nipis dapat membersihkan penyumbatan air seni yang dapat berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jeruk nipis kaya akan kandungan vitamin C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit yang diakibatkan oleh dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik maka tubuh kita akan terlindungi dari infeksi dan penyakit.

8. Melawan penuaan

Jeruk nipis menawarkan Vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C mempunyai peranan penting untuk melawan dan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Dengan meminum jeruk nipis hangat, maka secara tidak sadar kita sudah melawan kerutan akibat penuaan dini.

Nah, Ternyata banyak sekali ya manfaat yang bisa kita peroleh dari jeruk nipis. Semoga bermanfaat Brothers.

Referensi
[1] http://www.indonews.co.id/1000-khasiat-dan-manfaat-jeruk-nipis-bagi-kesehatan-dan-kecantikan/
[2] http://manfaat.co.id/manfaat-jeruk-nipis
[3] http://health.liputan6.com/read/492298/awali-pagi-hari-dengan-jeruk-nipis-hangat-ini-8-manfaatnya

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini