gentlemancode.id
Menjaga daya tahan tubuh pada cuaca ekstrim

MENJAGA DAYA TAHAN TUBUH PADA CUACA EKSTRIM

Published on Wednesday, 08 February 2017

Cuaca ekstrim yang akhir-akhir ini kita alami, sedikit banyak akan mempengaruhi kegiatan kita sehari-hari. Mengapa? karena tubuh kita akan rentan terkena berbagai macam penyakit pada saat cuaca seperti ini. Untuk mengatasi cuaca ekstrim selama musim pancaroba kita harus menjaga daya tahan tubuh kita, agar tubuh tetap bugar dan tetap sehat.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh kita ketika menghadapi cuaca ekstrim. Silahkan disimak Bro!

1. Rajin mengkonsumsi buah dan sayur

Sayuran dan buah-buahan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mana sangat berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh kita. Kandungan antioksidan mampu menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga dapat menekan kerusakan sel serta mendukung sistem imun tubuh kita.

2. Jangan lupa untuk mengkonsumsi protein

Sangat penting bagi tubuh kita untuk mendapatkan asupan protein, karena dengan mengkonsumsi protein dalam jumlah yang tepat akan membantu memperbaiki dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

3. Olahraga

Hasil penelitian mengatakan bahwa orang yang melakukan olahraga dengan porsi intensitas sedang seperti jalan cepat secara rutin diyakini dapat membantu menurunkan resiko terkena serangan penyakit influenza atau flu sebesar prosentase 50%. Maka sangat penting untuk kita untuk rutin berolahraga karena manfaatnya yang begitu besar untuk kesehatan kita.

4. Mengendalikan stress

Stress sangat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh kita, apabila  stress yang kita alami sudah termasuk dalam kategori stress akut atau kronis maka hal ini akan berdampak buruk bagi kekebalan tubuh, karena stress akut yang berkepanjangan dapat menurunkan daya tahan tubuh kita sehingga menjadi rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu kendalikan stress agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga dengan baik dan tetap sehat.

5. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan diri juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh. Jangan jorok Bro! Dengan kita menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan, menurut Centers for Disease Control and Prevention kita sudah melakukan cara yang baik untuk dapat menangkal berbagai penyakit. Jadi jangan malas untuk menjaga kebersihan, dan mulailah dari hal-hal yang sederhana.

6. Cukup istirahat

Jagalah aktivitas yang kita lakukan agar tetap seimbang. Kita harus tau kapan kita harus bekerja dan kapan kita harus istirahat. Istirahat yang cukup dapat menjaga kesehatan serta daya tahan tubuh kita dari berbagai penyakit, karena dengan istirahat yang cukup dapat membantu mengoptimalkan fungsi kekebalan pada tubuh kita sehingga daya tahan tubuh kita menjadi meningkat.

7. Hindari kebiasaan buruk

Hal lain yang bisa kita lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah dengan cara menghentikan dan menghindari kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan seperti merokok dan minuman beralkohol.

Nah Bro, untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita dalam cuaca ekstrim seperti sekarang ini emang perlu usaha ekstra sih. Tapi menurut Gw ga masalah, karena kesehatan itu emang mahal Bro. Stay safe, and stay health Brothers!


Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini