gentlemancode.id
Meskipun Laper Banget, Jangan langsung makan berat saat berbuka ya

MESKIPUN LAPER BANGET, JANGAN LANGSUNG MAKAN BERAT SAAT BERBUKA YA

Published on Friday, 10 May 2019

Yang namanya lagi puasa, kita tentu ngerasain yang namanya lapar dan haus setelah berpuasa selama kurang lebih 12-13 jam. Saking lapernya, nggak jarang kita suka langsung memilih makanan berat ketika berbuka, bener nggak? Namun ternyata dokter tidak menganjurkan hal ini, lho. 

dr David Fadjar Putra, MS, SpGK dari Rumah Sakit Pondok Indah mengatakan bahwa menu berbuka yang baik haruslah makanan ringan terlebih dahulu. Usus dan lambung kita baru aja beristirahat selama 14 jam, bila langsung makan atau minum banyak, maka besar kemungkinan akan terjadi mual. 

dr David menjelaskan bahwa penyebab hal tersebut adalah karena perut masih dalam proses adaptasi setelah kosong selama beberapa jam. Makanan berat sebaiknya diganti dengan minuman manis yang hangat dan makanan kecil seperti kurma dan buah-buahan.

Teh manis hangat diperlukan untuk meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh yang rendah karena tidak ada energy yang masuk selama berpuasa. dr David juga menyarankan untuk minum secara perlahan dan sedikit-sedikit.

Terus, kapan kita bisa makan makanan berat? dr Eni Gustina, MPH, direktur Kesehatan Keluarga Kemenntrian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan dalan akun resmi Kemenkes, bahwa waktu yang baik untuk makan besar adalah setelah tarawih.

Hmm, lama juga ya? Hehe.

dr Eni juga menegaskan bahwa makan malam setelah tarawih itu boleh karena seharian kita udah puasa. Jangan takut gemuk karena kalo tidak makan maka kita bisa kekurangan energi. Lalu, perhatikan juga makanan yang dikonsumsi agar makanan tersebut memiliki gizi seimbang. Jangan lupa juga untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Ketika selesai makan, jangan sampe Lo langsung tidur ya. Isi jeda waktu tersebut dengan kegiatan ibadah lainnya agar Lo nggak langsung tidur ketika selesai makan.

Sumber:
[1] https://health.detik.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini