gentlemancode.id
Pengaruh Stres terhadap Keseharian

PENGARUH STRES TERHADAP KESEHARIAN

Published on Friday, 21 December 2018

Stres bisa dialami oleh siapa saja tanpa kecuali. Pekerjaan kantor yang menumpuk, kurang istirahat, cicilan yang banyak, dan berbagai hal kurang mengenakan lainnya bisa dengan mudah membuat Lo stres, bro.

Ketika kita sedang stres, maka itu akan sangat mengganggu produktivitas Lo. Ya, pengaruh stres ini tanpa sadar akan mengacaukan banyak hal dalam hidup Lo kalo misalnya Lo tidak bisa menanganinya.

Dibawah ini adalah beberapa pengaruh stres pada kehidupan Lo, diantaranya adalah:

1. Susah Fokus

Bisa dibilang, stres merupakan cara tubuh dalam menanggapi adanya pikiran negatif, ancaman, maupun tekanan fisik dan psikologis. Tubuh yang sedang mengalami stres biasanya akan melakukan pertahanan diri sebagai bentuk perlindungan dari stres tersebut.

Nah bro, itulah yang sebenarnya membuat Lo jadi susah buat fokus ketika melakukan apa pun. 

2. Susah mengendalikan emosi

Lo pasti pernah mengalami keadaan dimana Lo susah banget ngendaliin emosi Lo ketika Lo sedang stres. Jangankan permasalahan besar, hal-hal kecil yang terlihat sepele aja bisa dengan mudah membuat Lo marah. Nah, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Proceedings of National Academy of Sciences, menunjukan bahwa tingkat stres yang ringan sekali pun mampu membuat emosi susah untuk dikendalikan.

3. Susah melihat kebaikan orang lain

Seperti yang sudah Gw sebutkan tadi, stres merupakan bentuk pertahanan diri dari situasi yang dianggap berbahaya oleh tubuh. Itulah sebabnya, stres cenderung membuat Lo lebih melihat hal-hal negatif dibandingkan dengan hal-hal positif.

Nah, hal inilah yang kemudian membuat Lo menjadi terlalu fokus dalam menilai kesalahan orang lain dibandingkan kebaikannya sehingga Lo jadi susah melihat kebaikan seseorang.

4. Susah melindungi tubuh dari penyakit

Stres terkadang membuat Lo menjadi gampang lelah dan jatuh sakit. Nah, hal ini terjadi dikarenakan pengaruh stres yang tanpa sadar membuat daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh tidak bisa melawan penyebab penyakit. 

Aarti Gupta, PsyD, direktur klinik terapi TherapyNest di Amerika Serikat, mengatakan bahwa kebiasaan begadang, telat makan, dan merokok, merupakan beberapa hal yang biasanya makin sering dilakukan ketika mengalami stres. Semua kebiasaan tersebut, memiliki andil sebagai penyebab Lo terkena penyakit, bro.

5. Susah Tidur

Stres bisa memicu peningkatan produksi hormon kortisol dan membuat otak bekerja aktif melawan penyebab stres. Akhirnya, bukannya Lo langsung tidur, Lo malah terjaga semalaman dan terus terbayang-bayang dengan masalah yang sedang Lo alami sehingga Lo ga tidur-tidur.

Nah bro, itu dia tadi beberapa pengaruh yang bisa Lo alami ketika Lo sedang stres. Meskipun tidak bisa dihindari, stres bisa diatasi bro dan Lo bisa membacanya di artikel ini: Cara efektif mengatasi stres.

Oke deh, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo. Sukses buat Lo, thanks and have a nice day!

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini