gentlemancode.id
Pentingnya Mengontrol Asupan Karbohidrat Untuk Hidup Yang Lebih Sehat

PENTINGNYA MENGONTROL ASUPAN KARBOHIDRAT UNTUK HIDUP YANG LEBIH SEHAT

Published on Tuesday, 22 November 2016

Lo tau kan kebiasaan orang kita terhadap nasi? Rata-rata, orang kita akan beranggapan belum makan kalo semisal belum makan yang namanya nasi. Padahal dia udah makan mie ayam, bakso, atau roti. Btw Bro, Lo harus tau kalo dibalik nikmatnya nasi tersimpan kandungan karbohidrat yang tinggi apabila dikonsumsi secara berlebihan, yang mana itu dapat menyebabkan kelebihan kadar gula yang berujung pada berbagai macam penyakit, salah satunya adalah diabtes.

Ketika kita konsumsi, tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi gula. Yang mana gula inilah yang akan digunakan sebagai tambahan energi untuk otak dan otot dalam beraktivitas sehari-hari.  Ada 3 jenis karbohidrat yang perlu kita ketahui, yaitu gula, pati, dan serat. Yang artinya, tidak semua karbohidrat merupakan gula, tapi semua gula sudah pasti berasal dari karbohidrat. 

Agar lebih sehat kita perlu untuk  memahami apa itu karbohidrat dan apa itu kalori

Kalori adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Sebagaimana tubuh memerlukan kalori untuk bertahan hidup, maka tanpa pasokan kalori yang proporsional, tubuh menjadi kekurangan energi. Selain itu, seluruh organ tubuh tidak bisa bekerja secara optimal atau bahkan bisa berhenti.

Kebutuhan kalori tiap orang berbeda-beda Bro, tergantung kepada ras, usia, jenis kelamin, ukuran fisik, serta aktivitas sehari-hari. Begitu banyaknya faktor yang menentukan maka akan sulit untuk menentukan kebutuhan kalori rata-rata tiap orang per harinya.

Tapi yang pasti nih, dalam sehari saja, manusia membutuhkan karbohidrat sebanyak 45-65 persen dari total kalori yang didapatkan tiap hari. Dan Jangan lupa, karbohidrat itu ga cuman dari nasi aja, tapi juga dari makanan berjenis pati (jagung , kentang, labu, roti, kacang-kacangan , sereal), serat (buah-buahan, sayur-sayuran, gandum, biji-bijian), dan gula (madu, sirop, makanan manis). Lo bisa mengontrol karbohidrat yang Lo konsumsi dengan cara membaca label pada kemasan makanan. Lo perlu tau bahwa:

- 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori
- 1 gram protein mengandung 4 kalori
- 1 gram lemak mengandung 9 kalori

Jika diaplikasikan pada sebutir telur ayam seberat 243 gram, maka kalori yang didapatkan:

- Lemak 24 gram (berarti 216 kalori)
- Protein 31 gram (berarti 124 kalori)
- Karbohidrat 2 gram (berarti 8 kalori)

Maka total seluruh kalori dari sebutir ayam tersebut adalah 348 kalori. It means jika kebutuhan harian Lo adalah 2.000 kalori, maka Lo bisa mendapatkannya dari makanan yang bervariasi dengan kandungan protein dan serat, bukan hanya dengan mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah banyak.

Hindari Mengonsumsi Karbohidrat Berlebihan

Karbohidrat penting bagi tubuh sebagai sumber utama dalam mendapatkan energi. Setelah karbohidrat masuk ke tubuh dan diubah menjadi glukosa, zat ini akan diserap sel-sel tubuh dengan bantuan hormon insulin.
Ketika karbohidrat yang masuk ke tubuh dinilai terlalu banyak, maka hormon insulin berisiko tidak mampu lagi membantu glukosa terserap sel-sel tubuh. Sebagai akibatnya, kadar glukosa atau gula di dalam darah meningkat, dan itu menjadikan Lo berisiko mengalami diabetes.

Kedelai sebagai Makanan Tinggi Protein dan Serat

Karena terbiasa mengonsumsi nasi yang tinggi karbohidrat, kita cenderung masih merasa lapar kalo hanya mengonsumsi nasi dalam jumlah sedikit. Di sisi lain untuk menghindari penyakit obesitas dan diabetes, maka asupan karbohidrat harus dibatasi.

Untuk mengendalikan nafsu makan, Lo bisa mengonsumsi kedelai atau makanan yang mengandung kedelai 2 jam sebelum waktu makan. Kedelai merupakan sumber protein lengkap dengan adanya semua jenis asam amino esensial di dalamnya. Makanan yang satu ini juga mengandung isoflavon, yaitu senyawa alami estrogenik yang mampu membantu mencegah penyakit kanker, osteoporosis, dan penyakit-penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Isoflavon juga bersifat membantu menyembuhkan gejala menopause.

Kelebihan lain dari kedelai adalah kandungan seratnya yang tinggi. Serat dari kedelai dapat memberi manfaat kesehatan termasuk kesehatan pencernaan serta berpengaruh dalam menurunkan kolesterol darah. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi ini  akan menjadikan Lo merasa kenyang lebih lama. Berkat asupan kedelai di dalam menu sehari-hari, Lo tetap dapat mengonsumsi karbohidrat tanpa berlebihan karena pada prosesnya menjadikan tubuh tidak cepat merasa lapar.

Terlepas dari itu, satu hal yang terpenting adalah bagaimana tubuh bisa mendapatkan gizi yang sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Lo gak perlu mengurangi atau meningkatkan asupan makanan. Begitu pun dengan karbohidrat yang dalam hal ini adalah nasi. Membatasi karbohidrat adalah cara utama agar kita menjalani hidup yang lebih sehat.

Referensi:
http://www.alodokter.com/

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini