gentlemancode.id
Penuhi Kebutuhan Magnesium Saat Berpuasa, Kenali Manfaatnya

PENUHI KEBUTUHAN MAGNESIUM SAAT BERPUASA, KENALI MANFAATNYA

Published on Thursday, 16 June 2016

Puasa bukan alasan untuk kita kekurangan asupan nutrisi. Meskipun sedang berpuasa kita harus memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi agar kebutuhan tubuh akan nutrisi tetap terpenuhi.

Salah satu kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh adalah Magnesium. Dikutip dari ww.olvista.com Magnesium memiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya adalah:

1. Menjaga Kepadatan Tulang

Magnesium adalah salah satu mineral utama penyusun tulang. Kadar magnesium dalam tulang berhubungan langsung dengan kepadatan tulang. Kurang asupan mineral ini dapat menyebabkan osteoporosis. Magnesium juga membantu mengendalikan kadar kalsium tubuh secara keseluruhan.

2. Menjaga Kekuatan Otot

Magnesium diperlukan dalam menjaga fungsi normal otot. Defisiensi magnesium membuat kekuatan otot berkurang.

3. Membantu Metabolisme

Magnesium turut berperan membantu sintesis protein. Magnesium juga membantu mengaktifkan enzim-enzim dalam proses metabolisma untuk menghasilkan energi sel.

4. Menjaga Fungsi Jantung

Magnesium diperlukan dalam mengendalikan irama detak jantung agar tetap normal. Magnesium merupakan salah satu mineral yang digunakan dalam perawatan gangguan irama detak jantung.

5. Mencegah Resiko Gangguan Pencernaan

Magnesium membantu mediasi proses pencernaan dan mencegah masalah pencernaan seperti muntah, kram, nyeri perut, flatulen, dan konstipasi.

6. Mengurangi Resiko Diabetes

Magnesium membantu mengendalikan kadar glukosa darah. Mineral magnesium membantu meningkatkan reaksi insulin terhadap kadar glukosa darah sehingga mengurangi resiko diabetes.

7. Mengurangi Resiko Gangguan Psikiatrik

Kecukupan asupan magnesium dalam tubuh mengurangi resiko gangguan psikiatrik. Magnesium digunakan sebagai obat untuk kondisi gangguan fungsi psikiatrik berat seperti serangan panik, stress, kecemasan, dan gejolak emosi yang tidak wajar.

8. Mencegah Kram Otot

Gejala kram kaki dapat disebabkan defisiensi magnesium. Memberikan suplemen magnesium dapat menyembuhkan kram pada kaki.

9. Membantu Pembentukan Kolagen

Magnesium membantu pembentukan protein yang secara perlahan diubah menjadi kolagen. Kolagen adalah protein alami yang terdapat pada jaringan fibrosa seperti tendon, ligamen, dan kulit. Kolagen juga terdapat pada kornea, usus, tulang rawan, pembuluh darah, dan piringan sendi (diskus intervertebralis).

10. Membantu Mencegah Masalah Pernapasan

Mendapat asupan magnesium yang mencukupi dapat mengurangi resiko gangguan pernapasan termasuk asma. Pasien asma kronis mungkin dapat bernapas dengan normal kembali dengan bantuan suplemen magnesium yang membantu mengendurkan otot bronchial. Bahkan napas menciut dan sesak napas dapat diredakan dengan pemberian magnesium melalui intravena (infus).

11. Mengendalikan Tekanan Darah

Mineral magnesium membantu mengendalikan tekanan darah dan mengurangi resiko tekanan darah tinggi (hipertensi). Separuh dari penderita tekanan darah tinggi mengalami defisiensi mineral magnesium. Pemberian magnesium pada penderita tekanan darah tinggi dapat mengurangi komplikasi hipertensi.

12. Memperkuat Imunitas

Magnesium juga berperan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai potensi gangguan kesehatan.

Dikutip dari kompas.com Magnesium dapat ditemukan dalam klorofil, yaitu pigmen hijau pada tumbuhan. Maka ketika Anda makan banyak dedaunan hijau, kemungkinan Anda cukup mengonsumsi magnesium. Namun ada juga beberapa makanan kaya magnesium, antara lain:

- Ikan halibut. Hanya 85 gram ikan halibut yang dimasak sudah memenuhi 20 persen kebutuhan magnesium perhari.
- Kacang mede dan almon. Banyak kacang yang kaya magnesium, namun kedua kacang ini memiliki kandungan magnesium yang paling tinggi.
- Kedelai. Tidak hanya kaya magnesium, kedelai juga kaya akan protein dan serat.

Setelah kita mengetahui manfaat dari magnesium, sudah sepatutnya kita lebih memperhatikan kandungan nutrisi yang ada dalam setiap makanan yang kita konsumsi. Stay healty Gentleman.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini