gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Pola istirahat berantakan? Begini cara memperbaikinya

#LOPASTIBISA - POLA ISTIRAHAT BERANTAKAN? BEGINI CARA MEMPERBAIKINYA

Published on Saturday, 19 May 2018

Kebiasaan tidur setiap orang akan berbeda-beda bro karena hal ini dipengaruhi oleh jam biologis yang mengatur kita terjaga dan tidur selama 24 jam setiap harinya. Perubahan pola tidur bisa terjadi karena banyak hal misal karena begadang atau karena sering terjaga di malam harinya. Hal ini menjadi penyebab berubahnya pola tidur dan berubahnya jam biologis sehingga menyebabkan seseorang tidur pada waktu yang tidak normal seperti orang kebanyakan.

Tidak terpenuhinya waktu tidur dan digantikan dengan tidur di siang hari adalah salah satu bentuk perubahan pola tidur, dan hal ini bisa menyebabkan tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya. 

Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa Lo ikuti untuk memperbaiki pola tidur Lo agar kembali normal, diantaranya adalah:

1. Buat rutinitas tidur

Tidak semua orang bisa tidur selama 7-8 jam di malam hari. Lo mungkin kesulitan dalam mengatur siklus tidur saat malam hari dengan tidur pada waktu yang sama setiap harinya. Namun, Lo bisa bro untuk menjaga siklus tidur dan bangun tidur pada jam yang sama setiap hari dengan cara memmiasakan diri untuk tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya agar tubuh Lo memprogram untuk terbiasa tidur dan bangun pada jam tersebut.

2. Mengatur asupan makanan dan minuman

Ternyata asupan makanan dan minuman juga berpengaruh bro terhadap pola tidur. Pola makan yang tidak sehat bisa menyebabkan seseorang menderita insomnia alias sulit untuk tidur ketika malam hari.

Untuk menghindarinya, usahakan untuk membiasakan minum air putih pada saat bangun tidur agar peredaran darah lancar. Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein pada sore hari karena itu akan membuat Lo terjaga di malam harinya. Kemudian, makanlah makanan yang bergizi bro dengan porsi secukupnya.

3. Ciptakan ruang tidur yang nyaman

Buatlah agar ruangan tempat tidur Lo nyaman bro agar bisa mendukung kualitas tidur Lo. Tidur yang berkualitas itu adalah tidur yang nyenyak bukan yang sekedar lama doang. Jadi, pastikan tempat tidur Lo bersih dari debu dan kotoran agar Lo bisa tidur dengan nyaman.

4. Atur pencahayaan kamar

Cahaya dalam kamar sangat berpengaruh pada kualitas tidur Lo, bro. Buatlah kamar tidur menjadi gelap pada malam hari dan terang pada siang hari. Kalo Lo ingin memperbaiki waktu tidur Lo, cobalah untuk mengurangi cahaya pada malam hari. Pada pagi hari, buatlah kamar agar lebih terang agar memudahkan Lo untuk bangun.

5. Jangan hanya berbaring di tempat tidur ketika mengalami susah tidur

Susah tidur biasanya dipengaruhi oleh stres dan terlalu banyak hal yang dipikirkan ketika akan tidur. Hal ini tentu saja akan membuat Lo susah tidur karena pikiran Lo tetap bekerja sementara tubuh berusaha untuk beristirahat. Kalo Lo mengalami hal ini, bangunlah dari tempat tidur dan lakukan aktivitas yang bisa membuat Lo lebih tenang. 

6. Atur jadwal untuk melakukan olahraga

Olahraga teratur dapat membantu Lo untuk meningkatkan kualitas tidur. Lakukan olahraga secara teratur dan usahakan dilakukan pada pagi hari. Kalo misalnya tidak memungkinkan, sebaiknya lakukan olahraga sekitar empat atau lima jam sebelum Lo tidur dan berikan waktu satu jam untuk beristirahat sebelum Lo beranjak tidur.

7. Hindari tidur pada waktu Lo biasanya terjaga

Sebaiknya, hindari tidur pada waktu dimana Lo biasanya beraktvitas atau waktu yang berdekatan dengan jam tidur seperti sore hari. Usahakan untuk tidak tidur ketika Lo merasa bosan atau ketika mengantuk setelah makan. Biarkan tubuh benar-benar tertidur ketika Lo merasa lelah dan membutuhkan tidur. Kalo misalnya Lo benar-benar capek dan membutuhkan tidur pada siang hari, usahakan untuk tidur sekitar 20 menit saja agar tidak terlalu lama.

Itu dia bro, 7 tips yang bisa Lo ikuti untuk memperbaiki pola istirahat Lo yang berantakan. Meskipun sulit untuk mengubah kebiasaan, #LoPastiBisa bro kalo Lo mau merubah kebiasaan tersebut sedikit demi sedikit. 

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini