gentlemancode.id
Raih Manfaat Kesehatan dan Usir Bosan di Alam Terbuka

RAIH MANFAAT KESEHATAN DAN USIR BOSAN DI ALAM TERBUKA

Published on Monday, 16 October 2017

Ketika kita udah mulai merasa jenuh atau bosan, sebagian dari kita mungkin akan memilih untuk menghabiskan waktu di rumah, entah itu untuk istirahat, leyeh-leyeh, atau mungkin tidur. Meski terlihat menyenangkan, tiga hal tadi ternyata memiliki  dampak yang kurang baik loh untuk kondisi kesehatan. Kalo emang Lo udah mulai merasa merasa bosan, coba deh untuk menghabiskan waktu di luar rumah, seperti bersepeda, hiking, atau sekadar jalan santai mengelilingi taman.

Mungkin diantara kita belum banyak yang mengetahuinya, tapi sains mengatakan bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka ternyata mempu memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa aja? Simak ulasannya dibawah ini ya, seperti yang Gw lansir dari The Health Site.

1. Interaksi dengan alam mampu mengurangi tingkat stres

Stres diketahui menjadi pemicu dari berbagai macam penyakit. Jadi Bro, semakin banyak waktu yang Lo habiskan di alam terbuka, maka akan semakin sehat pula diri Lo. Sebuah studi mengatakan bahwa aktivitas di luar ruangan seperti misalnya berjalan di taman bisa mengurangi kadar kortisol dan meningkatkan kesehatan. Nah kalo Lo lagi stres sama pekerjaan Lo, coba deh Lo sempatkan waktu untuk bersantai di alam terbuka. Pasti Lo akan merasa lebih enak.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Sebuah studi mengatakan bahwa menghabiskan waktu di alam terbuka mampu meningkatkan mood, kebahagiaan, serta kesehatan psikologis lainnya. Pengalaman yang didapatkan di alam terbuka mampu mengatasi kecemasan dan depresi yang umumnya dialami oleh orang-orang yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Maka masuk akal Bro kalo di kota besar emang butuh banget yang namanya lahan terbuka supaya warganya lebih sehat seca mental dan gak gampang stres.

3. Meningkatkan kemampuan kognitif

Melakukan kegiatan di tengah alam terbuka mampu membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan kinerja kognitif. Sebuah penelitian di Finlandia mengatakan bahwa melakukan kegiatan di alam terbuka ternyata mampu meningkatkan prestasi akademik pada anak-anak.

4. Membantu proses penyembuhan

Sebuah penelitian yang dilakukan pada pasien pasca operasi  ternyata menunjukan bahwa pasien yang menghadapi jendela yang terbuka untuk melihat alam terbuka sembuh lebih cepat daripada pasien yang harus melihat dinding bata melalui jendela.

5. Mencegah kelainan mata

Kurangnya paparan sinar matahari akan menyebabkan kelainan terhadap mata seperti miopia dan rabun jauh. Untuk itu, supaya kita mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup kita harus menyempatkan waktu untuk menghabiskan waktu di alam terbuka. Inilah alasan mengapa anak-anak harus bermain di luar rumah. Paparan cahaya alami di awal kehidupan akan melindungi anak-anak dari perkembangan miopia.

Jadi Bro, ketika Lo udah merasa jenuh sama rutinitas Lo, coba deh untuk mencoba menghabiskan waktu di alam terbuka. Lo bisa sepedaan, hiking, atau mungkin menghabiskan waktu di pantai. Suasana segar dan tenang yang akan Lo dapat di alam terbuka Gw jamin akan membuat Lo kembali fresh dan bisa lebih kreatif lagi dalam menghasilkan ide-ide.

Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini