gentlemancode.id
Sakit kepala lagi? Bisa jadi penyebabnya adalah karena kurang minum

SAKIT KEPALA LAGI? BISA JADI PENYEBABNYA ADALAH KARENA KURANG MINUM

Published on Saturday, 08 April 2017

Sakit kepala, adalah hal yang sangat menggangu dan bikin kita gak nyaman. Gimana engga, kepala serasa seperti ditusuk-tusuk dan terasa sangat berat, mau ngapa-ngapain jadi gak bisa karena saking gak enaknya sakit yang dirasa. Biasanya, ketika sakit kepala terjadi kita akan mengkonsumsi obat-obatan yang mampu meredakan rasa sakit (pain relieve), agar rasa sakit yang kita rasakan bisa berkurang. Atau, kita akan tidur lebih awal dengan harapan rasa sakit tersebut bisa hilang disaat kita tidur.

Kebanyakan, kita mungkin tidak akan tahu apa sih penyebab sakit kepala. Stres? banyak masalah? kurang istirahat? Ya, ini bisa aja. Tapi, selain itu ada faktor lain yang menyebabkan sakit kepala bisa terjadi, yaitu kurangnya asupan cairan karena kurang minum.

Bagaimana kekurangan asupan cairan bisa menimbulkan sakit kepala?

Otak kita pada dasarnya dikelilingi oleh lapisan pelindung berupa air, yang meliputi keseluruhan otak kita. Kurangnya asupan air menyebabkan lapisan ini menguap. Keadaan ini bisa menyebabkan otak kita menekan tengkorak kita, Inilah yang menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan.

Apa yang harus dilakukan?

Dalam rangka mempertahankan lapisan air di sekitar otak, dan meningkatkan asupan harian H2O kita, berikut ini adalah dua cara yang mudah yang bisa kita lakukan.

1. Konsumsi lebih banyak buah dan sayur

Sediakan selalu buah dalam kotak bekal Lo, kulkas dirumah atau dikantor Lo, untuk persediaan cemilan ketika siang atau sore hari. Kandungan air yang dimiliki oleh buah dan sayur adalah alternatif yang sangat baik yang bisa kita pilih untuk menjaga asupan cairan kita agar tetap terpenuhi dengan baik.

2. Ikuti aturan waktu ini - sebelum, sedang, dan sesudah.

Sebelum makan, minumlah segelas air terlebih dahulu. Ketika sedang makan, ambilah segelas air lagi, dan setelah makan, minumlah kembali segelas air. Dengan mengikuti aturan ini, minimal dua waktu makan, tidak hanya akan memenuhi asupan cairan yang kita butuhkan, tapi juga akan membuat kita makan lebih sedikit, karena air yang kita minum sudah mengisi lambung kita sehingga mencegah kita makan lebih banyak lagi. Disini, kita mendapatkan dua keuntungan sekaligus yang dua-duanya baik untuk kesehatan kita.

Ketika nanti Lo mengalami sakit kepala lagi, hal pertama yang harus Lo lakukan adalah minumlah segalas air untuk sedikit meredakan sakit yang Lo alami. Dan untuk mencegah sakit kepala terjadi lagi, jagalah asupan cairan kita sehari-hari dengan cara minum dengan teratur.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa di share. Terimakasih :)

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/photo/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini