gentlemancode.id
Sering Lupa Mau Ngomong Apa? Mungkin Ini Penyebabnya

SERING LUPA MAU NGOMONG APA? MUNGKIN INI PENYEBABNYA

Published on Thursday, 22 August 2019

Bro, Lo mungkin sering ngalamin kejadian dimana Lo tiba-tiba nggak inget mau ngomong apa atau bahkan melakukan apa. Ya, faktanya hampir semua orang pernah mengalami itu. Namun, Lo tahu nggak bro apa yang menyebabkan Lo lupa ketika ingin membicarakan sesuatu?

 "Hmm, tadi mau ngomong apa ya, lupa Gw.." Celotehan semacam ini tentu nggak asing lagi buat Lo. Meskipun sedikit bikin bingung, kejadian ini sebenarnya adalah hal yang normal terjadi.

Sebuah studi pernah dilakukan oleh University of Notre Dame yang dipimpin oleh Profesor Gabriel Radvansky. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa keadaan dimana kita sering lupa ingin membicarakan hal apa disebabkan oleh doorway effect.

Disebut doorway effect karena fenomena lupa saat ingin berbicara ini cenderung terjadi ketika seseorang masuk atau keluar (berpindah ruangan) melewati pintu. Jadi bro, pintu diibaratkan sebagai "batas acara", sehingga mampu memisahkan antara aktivitas sebelum dan selanjutnya.

Ketika kita melewati batas tersebut, memori akan dikotak-kotakkan. Ingatan satu dengan ingatan lainnya akan dibatasi. Nah, itulah kenapa, saat Lo berpindah, entah itu tempat atau mungkin "pindah" kegiatan, Lo jadi mengalami kesulitan untuk mengingat apa yang ingin Lo bicarakan atau Lo ingin lakukan sebelumnya.

Dalam studi ini, Radvansky melakukan pengujian kepada mahasiswa dalam jam kuliahnya. Radvansky menyuruh kepada mahasiswanya untuk menyembunyikan suatu benda yang mereka miliki ke dalam sebuah kotak sembari melewati ruangan berpintu. Lalu, para mahasiswa tersebut diminta untuk kembali ke ruangan pertama dan mencari benda yang sebelumnya disembunyikan.

Dari pengujian tersebut menunjukkan bahwa beberapa mahasiswa lupa di mana mereka menyembunyikan barang mereka. Radvansky membuat kesimpulan bahwa adanya pintu sebagai "batas acara" mampu menghambat kemampuan seseorang untuk mengingat sesuatu. Maka wajar kalo ternyata hal ini bisa membuat seseorang lupa pengen ngomong apa.

Bisakah doorway effect dicegah?

Fenomena ini memang tak dapat dihindari. Pasalnya, ini merupakan efek lingkungan pada kinerja otak. Lo juga tentu nggak bisa menghindari melewati pintu agar tidak melupakan suatu hal yang ingin dibicarakan, bener nggak?

Meski begitu, Lo nggak usah khawatir. Fenomena doorway effect ternyata bisa diminimalisasir agar Lo nggak keseringan lupa mau ngomong apa. Bagaimana caranya? Simak beberapa tips berikut ini.

1. Buat catatan

Cara untuk meminimalisir lupa ingin ngomong apa yang paling gampang adalah dengan membuat catatan. Misalnya, Lo berencana untuk menceritakan peristiwa penting yang terjadi di kantor pada orang di rumah. Buatlah catatan pengingat di ponsel Lo agar Lo nanti gampang ketika ingin menceritakannya.

2. Minta tolong orang lain untuk mengingatkan

Cara lain agar lain Lo nggak lupa apa yang mau Lo bicarakan adalah meminta tolong kepada orang lain untuk mengingatkan. Ini bisa dilakukan kalo Lo memang akan bersama dengan orang itu sampai waktunya Lo bercerita.

Kalo Lo merasa sering lupa mengingat sesuatu, diikuti gejala lainnya, jangan ragu untuk periksa ke dokter. Terlebih kalo sering lupa yang Lo alami juga diikuti gejala seperti sulit konsentrasi, berpikir, dan mengambil keputusan.

Segeralah memeriksakan diri kalo gejala ini sering Lo alami. Dokter akan membantu Lo menemukan penyebab yang mendasarinya dan membantu Lo memilih pengobatan yang tepat.

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini