gentlemancode.id
Setelah Sahur Sebaiknya Anda Tidak Langsung Tidur, Ini Bahayanya

SETELAH SAHUR SEBAIKNYA ANDA TIDAK LANGSUNG TIDUR, INI BAHAYANYA

Published on Monday, 06 June 2016

Sahur dilaksanakan pada saat dini hari, dimana sebagian banyak orang masih merasa mengantuk ketika melaksanakannya. Hal ini menyebabkan banyak orang yang langsung tidur kembali ketika sudah melaksanakan santap sahur.

Lantas, adakah dampak buruk dari tidur setelah sahur untuk kesehatan?

1. Perut Buncit

Pramono, ahli gizi dari Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin dalam tulisannya kepada Tribunnews.com mengatakan dampaknya antara lain perut akan jadi buncit karena saat tidur tubuh jadi hemat energi dan secara otomatis lemak akan mudah tertimbun di perut kita.

2. Refluks

Karena makanan belum dicerna, maka makanan bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan (atau biasa disebut refluks) karena pengaruh gravitasi akibat kita tidur.

Jika terjadi refluks maka asam lambung akan naik dan melukai kerongkongan. Karena mengalami luka, kerongkongan akan terasa panas seperti terbakar, dan mulut pun terasa pahit

3. Meningkatnya resiko terkena stroke

Meningkatnya resiko terkena stroke juga bisa saja terjadi kalau kita tidur setelah sahur. Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke. Jika seandainya kita masih ingin tidur setelah makan sahur atur saja minimal 2 jam setelah makan sahur baru tidur.

Nabi Muhammad SAW telah memberika tuntunan bahwa makan sahur jangan ditinggalkan dan dianjurkan untuk diakhirkan waktunya sampai menjelang subuh atau waktu imsyak. Sehingga secara logika, setelah sahur kita akan langsung melanjutkan ibadah Sholat Subuh. Dan jika setelah sholat subuh kita melanjutkan dengan dzikir, tadarus, maka tidak terasa matahari telah terbit dan sudah waktunya untuk bekerja.

Rasulullah SAW tidak langsung tidur setelah makan. Beliau beraktivitas terlebih dahulu supaya makanan yang dikonsumsi masuk lambung dengan cepat dan baik sehingga mudah dicerna.

Gentleman, masih nekad tidur setelah sahur?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini