gentlemancode.id
Sudah Tahu Belum Manfaat Brokoli? Ternyata Banyak Lho Manfaatnya Untuk Kesehatan Kita

SUDAH TAHU BELUM MANFAAT BROKOLI? TERNYATA BANYAK LHO MANFAATNYA UNTUK KESEHATAN KITA

Published on Sunday, 31 July 2016

Tubuh memerlukan nutrisi agar bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi, maka kebutuhan tubuh akan nutrisi akan terpenuhi.

Makanan yang bergizi bisa kita peroleh dari berbagai jenis makanan, misalnya daging, buah, susu, dan sayuran. Makanan tersebut akan memberikan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Bicara mengenai sayuran, ada satu jenis sayuran yang diberi julukan super food, mengapa demikian? ternyata sayuran ini memiliki banyak kandungan banyak nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan. Sayuran ini adalah Brokoli.

Kandungan gizi pada brokoli sangat banyak, vitamin yang terkandung didalamnya antara lain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu terkandung pula antioksidan, kalsium, dan zat besi yang membuat sayuran ini semakin lengkap kandungan gizinya.

Cara menyajikan

Biasanya brokoli disajikan dengan cara ditumis, namun untuk menjaga kandungan gizi yang ada didalamnya, sebagian orang memilih memasaknya dengan  cara dikukus saja. Bahkan sekarang ada loh jus brokoli, dan ini cukup populer saat ini.

Manfaat Brokoli

Sebagai makanan yang kaya akan gizi, sudah tentu sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh sayuran hijau ini.

1. Membantu program diet

Brokoli adalah sayuran yang memiliki banyak serat, seperti kita ketahui makanan yang mengandung serat yang tinggi akan membuat kita kenyang lebih lama. Sehingga untuk orang-orang yang sedang menjalankan diet, makanan ini akan sangat membantu mengontrol nafsu makan mereka.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang cukup menakutkan. Namun, penelitian dari Institute for Food Research di Norwich, Inggris berhasil menyilangkan brokoli yang mengandung glucoraphanin hingga 2 sampai 3 kali jumlah normal. Dan itu merupakan senyawa yang diyakini dapat membantu mencegah penyakit jantung.

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan lutein dan vitamin A yang ada dalam brokoli membuat sayuran ini memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan mata. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kadar lutein yang tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata seperti katarak dan makula. Sementara vitamin A sangat penting untuk menjaga kesehatan retina.

4. Menjaga kesehatan kulit

Dalam brokoli terdapat senyawa glucoraphanin, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau proses penuaan. Selain itu, dapat membantu untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan membuat kulit yang sehat dan bercahaya. Secara umum, mengkonsumsi brokoli baik untuk proses doteksifikasi kulit. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di sayuran ini. Vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam brokoli mampu menjaga pencernaan agar berfungsi dengan baik, sehingga dengan mengkonsumsi brokoli, kita bisa mencegah penyakit seperti sembelit atau konstipasi. Selain itu antioksidan yang dimiliki oleh brokoli bisa menjadi detoks alami yang membersihkan saluran pencernaan seperti lambung dan usus dari racun.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular

Brokoli mengandung vitamin B6 dan Asam folat yang terbukti dapat mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke. So,  jangan ragu atau malas untuk mengkonsumsi sayuran yang satu ini karena manfaatnya begitu banyak untuk kesehatan. Dengan catatan, tentu harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan berolahraga secara teratur.

7. Mengontrol tekanan darah

Brokoli memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi. Sayuran ini menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi karena sayuran ini mampu mengontrol tekanan darah.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kita pasti sudah tau kalau tulang dan gigi memerlukan kalsium agar tetap dalam kondisi yang baik. Nah, Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Selain itu terkandung juga vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis.

9. Mencegah Depresi

Seseorang yang kekurangan asam folat di dalam tubuhnya cenderung mengalami suasana hati yang tidak stabil. Keadaan ini menyebabkan orang tersebut mudah mengalami depresi, kelelahan, dan daya ingat yang buruk. Brokoli memiliki kandungan asam folat dan vitamin B cukup tinggi sehingga bisa memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi.

10. Mencegah Kanker

Para ilmuan menyatakan bahwa brokoli memiliki sifat antikanker yang dapat mencegah perkembangan sel kanker seperti kanker payudara, kandung kemih, usus besar, dan kanker ovarium. Hal ini berkat kandungan fitokimia yang bernama indole dan isothiocyanate.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Brokoli merupakan sayuran yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang  tinggi. Vitamin-vitamin ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, bakteri dan virus. Brokoli juga mengandung fitonutrien dan fitokimia, termasuk sulforaphane, yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh serta memperkuat ketahanan fisik terhadap flu.

12. Menjaga kesehatan sistem saraf pusat

Tingginya kandungan kalium dan magnesium dalam brokoli membuatnya menjadi sayuran yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf pusat. Selain menjaga fungsi otak agar tetap optimal, sayuran ini juga ternyata baik untuk membangun otot.

13. Meningkatkan kecerdasan

Selain vitamin C dan vitamin K, brokoli juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak. Ketiganya adalah motor yang membangun kesehatan mental serta meningkatkan memori otak.

14. Menjaga kadar gula darah

Dianjurkan untuk orang yang memiliki kadar gulah darah tinggi agar mengkonsumsi brokoli. Karena brokoli mampu mengatur kadar gula darah tetap rendah.

15. Menurunkan kolesterol

Brokoli memiliki kemampuan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan lemak dalam tubuh. Itulah alasan kenapa sayuran ini sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang dalam program diet.

16. Mencegah penyakit alzheimer

Brokoli mampu mencegah penyakit kardiovaskular serta menjaga saraf dan meningkatkan fungsi otak. Oleh karena itu, brokoli merupakan makanan yang baik untuk mencegah penyakit alzheimer (pikun).

17. Sumber Antioksidan

Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat yang bisa kita peroleh dari sayuran hijau ini. Mulai sekarang jangan malas lagi untuk mengkonsumsi sayuran ya, khususnya brokoli si super food ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk dibagikan kepada teman atau kerabat yang membutuhkan. Terimakasih. Tetap semangat, dan tetap sehat Brothers.

Referensi:
[1] http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2014/10/201-manfaat-brokoli-si-super-food-untuk.html
[2] http://manfaat.co.id/manfaat-brokoli

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini