gentlemancode.id
Tips Melakukan Olahraga Ringan Di Pagi Hari Sebelum Memulai Aktivitas

TIPS MELAKUKAN OLAHRAGA RINGAN DI PAGI HARI SEBELUM MEMULAI AKTIVITAS

Published on Friday, 19 August 2016

Pagi hari adalah waktu dimana kita memulai berbagai macam aktivitas, salah satunya adalah bekerja. Umumnya dipagi hari kita disibukan dengan segala aktivitas yang bersangkutan dengan segala persiapan kita untuk memulai aktivitas, sehingga kadang kita lupa untuk melakukan olahraga karena sempitnya waktu. Padahal, olahraga penting untuk kita lakukan agar menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar. Olahraga yang kita lakukan tidak perlu yang berat-berat, cukup olahraga ringan saja yang tidak akan memakan banyak waktu kita.

Manfaat olahraga di pagi hari

Kita bisa mendapatkan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika rutin melakukan olahraga pagi. Beberapa manfaat tersebut adalah:

1. Membuat tubuh menjadi lebih bertenaga

Ketika kita melakukan olahraga, tubuh akan melepaskan berbagai senyawa yang baik. Salah satunya adalah endorfin yang akan membantu kita meningkatkan energi. Oleh karena itu, setelah kita melakukan olahraga pagi kita akan lebih merasa bertenaga dan bersemangat untuk menghadapi kegiatan kita disiang hari.

2. Membantu proses metabolisme tubuh

Olahraga bisa membantu melancarkan dan meningkatkan proses metabolisme tubuh untuk jangka waktu beberapa jam kedepan. Hal ini tentu baik mengingat saat berolahraga terjadi proses pembakaran lemak dan kalori yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

3. Mambantu untuk fokus dan melatih otak

Olahraga akan membantu kita untuk melatih otak serta meningkatkan kemampuan kita untuk fokus. Ketika kita melakukan olahraga, kita akan memikirkan berbagai rencana mengenai apa yang akan kita lakukan setelah melakukan olahraga. Hal ini tentu akan melatih otak kita untuk bekerja secara maksimal dipagi hari.

Bagaimana tips untuk melakukan olahraga ringan dengan baik dan benar?

Olahraga ringan di pagi hari akan memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh apabila dilakukan dengan baik dan tidak berlebihan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk melakukan olahraga ringan dipagi hari.

1. Minum air putih

Biasakanlah untuk meminum air putih sebanyak 2 atau 3 gelas. Konsumsi air putih sebelum melakukan olahraga ini penting untuk menghindari  tubuh kita terkena dehidrasi. Bahkan sebaiknya biasakanlah untuk meminum air putih setiap kita bangun tidur.

2. Mulailah pada pukul 6 pagi

Salah satu waktu yang baik untuk memulai olahraga adalah pukul 6 pagi. Mengapa? karena pada waktu ini udara masih segar sehingga baik untuk kesehatan paru-paru kita. Kondisi udaranya pun tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin sehingga cocok untuk kita melakukan olahraga pagi.

3. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan

Pemanasan atau warming up merupakan kegiatan yang harus kita lakukan sebelum memulai olahraga. Mengapa? karena dengan melakukan pemanasan akan memberikan informasi kepada tubuh bahwa tubuh akan melakukan banyak gerakan. Selain itu, tubuh yang sebelumnya beristirahat pada
malam hari, otot-otonya belum siap untuk menghadapi gerakan-gerakan yang berat. Bila dipaksakan berolahraga langsung tanpa pemanasan maka otot akan kaget dan kemungkinan besar bisa kram dan juga menyebabkan kepala menjadi pusing.

4. Mulai dengan lari-lari kecil

Lari-lari kecil atau joging ringan bisa dilakukan setelah pemanasan. Joging ringan ini bisa dilakukan di sekitar komplek atau sekitar rumah kita. Joging ringan di luar ruangan ini membantu tubuh kita untuk tetap bugar dan memberikan udara segar pagi hari pada paru-paru.

5. Lakukan olahraga kesukaan kita

Setelah melakukan gerakan pemanasan dan joging ringan, kita bisa mulai melakukan olahraga yang kita sukai. Kegiatan olahraga di pagi hari tidak harus dilakukan sampai berjam-jam, cukup 15 sampai 30 menit saja. Yang paling penting adalah tubuh diberikan waktu khusus untuk melakukan gerakan yang baik untuk kesehatan dan kelancaran pernapasan serta peredaran darah. Setelah berolahraga pagi, tubuh menjadi lebih siap untuk melakukan pekerjaan yang sudah menunggu.

Nah itu tadi beberapa manfaat dan tips yang bisa kita lakukan untuk melakukan olahraga pagi. Jangan malas-malas ya Bro. Oke, stay health brothers dan tetap semangat.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini