gentlemancode.id
Tips Untuk Memulai Gaya Hidup Sehat

TIPS UNTUK MEMULAI GAYA HIDUP SEHAT

Published on Friday, 02 June 2017

Salah satu ciri seorang gentleman adalah bahwa dia mampu menjaga dirinya tetap sehat dan bugar. Kesehatan yang baik bisa didapat dari gaya hidup yang sehat.  Dan untuk memulai gaya hidup sehat bisa kita lakukan dengan cara yang sederhana. Gak perlu ribet-ribet, Lo bisa coba cara ini Bro!

1. Minum Air Lemon Hangat

Minumlah air lemon hangat begitu Lo bangun tidur. Peras lemon,  campurkan air hangat  lalu diminum. Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh lemon sangat bermanfaat untuk sistem imun tubuh dan menambah kadar antioksidan dalam tubuh. Setalah minum, bilaslah sisa-sisa air lemon yang menempel pada gigi dengan segelas air hangat agar terhidar dari kerusakan gigi karena air lemon dapat merusak gigi.

Untuk sedikit variasi, Lo bisa menambahkan jahe kedalam air lemon tadi. Jahe memiliki efek anti inflamasi yang baik untuk memulihkan otot.

2. Konsumsi Lemak Baik

Gak selamanya lemak memiliki efek buruk bagi tubuh. Lemak dapat menjadi energi, melancarkan penyerapan protein, dan karbohidrat.

Pada dasarnya lemak terbagi menjadi 2 jenis lemak, lemak baik atau HDL (high density lipoprotein), dan lemak jahat atau LDL (low density lipoprotein). Salah satu lemak baik yang bermanfaat untuk kita adalah Omega-3.

Kurangi konsumsi gorengan, dan biskuit dalam porsi berlebih. Ganti dengan konsumsi kelapa, salmon, tuna, dan kacang-kacangan.

3. Cukup Minum

Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, menjaga asupan cairan adalah hal yang wajib untuk kita lakukan. Sebaiknya Lo jangan minum terlalu banyak menjalang makan. Karena sistem pencernaan harus fokus pada makanan, bukan cairan. Minumlah satu gelas air sebelum makan, lalu tunggu sekitar 15 menit setelah makan sebelum Lo minum lagi.

Perhatikan gejala kurang minum saat beraktivitas, di antaranya adalah mulut terasa kering, sakit kepala, urin berwarna pekat, lesu dan mengantuk.

Dehidrasi memicu berbagai kondisi tidak menyehatkan pada tubuh seperti obesitas, kolesterol, maag, gangguan pernafasan dan pencernaan.

4. Jauhi refined sugar

Refined sugar adalah gula yang telah melalui proses pemurnian. Warnanya lebih putih dibandingkan gula mentah. Gula yang dimurnikan dapat merusak kesehatan, meningkatkan kecanduan dan obesitas.

5. Jadikan Sayur Sebagai Menu Wajib

Sayur merupakan sumber serat terbaik. Tambahkan menu sayur pada setiap waktu makan, seperti jus sayur di pagi hari, salad atau sayuran kukus untuk makan siang, dan tumis sayur untuk makan malam. Jadikan sayur-mayur ini sebagai menu wajib dalam menu harian.

Sediakan selalu sayur didalam kulkas seperti bayam, brokoli, sawi, kangkung, timun, buncis dan aneka sayur lainnya yang sesuai dengan selera.

Gimana? Gak ribet kan, Bro? Yuk mulai sekarang kita mulai gaya hidup sehat agar kesehatan kita bisa tetap terjaga.

Referensi:
[1] http://www.foodmatters.com/article/5-eating-tips-to-live-by

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini