gentlemancode.id
Tips agar lebih segar setelah begadang semalaman

TIPS AGAR LEBIH SEGAR SETELAH BEGADANG SEMALAMAN

Published on Wednesday, 19 June 2019

Kadang, yang namanya tugas kampus, kerjaan di kantor, atau sekedar nongkrong bareng teman mangharuskan kita untuk begadang. Sesekali sih Gw rasa boleh-boleh aja, tapi jangan keseringan, bro. Begadang jelas nggak sehat dan udah banyak studi yang membuktikan bahwa begadang itu tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Korea Selatan, menunjukan bahwa orang yang sering begadang akan lebih berisiko terkena penyakit gula darah tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak begadang.

Penelitian lain yang di publikasikan di Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, menemukan bahwa orang yang begadang memiliki kualitas tidur yang rendah dengan berbagai kebiasaan yang nggak sehat seperti merokok, duduk dalam waktu yang lama, dan makan di malam hari. Hal ini membuat mereka yang begadang memiliki lemak dalam darah dengan kadar tinggi. 

Nah, lalu gimana kalo misalnya kita emang harus begadang karena tuntutan tugas atau pekerjaan? Beberapa tips ini bisa Lo lakukan, bro!

1. Setelah begadang, Lo bisa tidur dulu bentar

Obat kurang tidur itu, ya tidur, bro! Sebelum Lo memulai aktivitas saat malem sebelumnya Lo begadang, usahakan untuk tidur sejenak agar tubuh Lo bisa beristirahat. Tidur beberapa menit akan sangat membantu mengembalikan kesegaran tubuh setelah tubuh Lo kelelahan karena begadang.

2. Minum kopi atau minuman berkafein lainnya

Kopi mengandung kafein yang bisa membantu tubuh Lo menjadi lebih bergairah saat beraktivitas. Efek kopi akan terasa selama 3 sampe 4 jam, yang berarti kalo Lo mengonsumsi kopi Lo akan melek terus meskipun sebelumnya Lo udah begadang.

3. Setelah ngopi, Lo bisa melakukan olahraga agar tubuh nggak kaget ketika Lo harus lanjut beraktivitas

Ketika kita bangun tidur selepas begadang, kita pasti akan lemas dan males untuk melakukan aktivitas, bener nggak? Tapi bro, daripada Lo malas-malasan yang mana itu malah akan membuat Lo semakin lemas, mendingan Lo olahraga aja bro agar tubuh Lo rileks. Lo bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau melakukan peregangan ringan di dalam rumah agar Lo nggak ngantuk lagi.

4. Lalu, usahakan untuk berada di tempat yang memiliki cahaya cukup agar Lo nggak ngantuk lagi

Ruangan yang terang disinyalir bisa membantu Lo untuk tetap terjaga dan nggak ngantuk lagi. Jadi, sebaiknya setelah Lo bangun tidur Lo bisa langsung menyalakan lampu atau membuka jendela supaya Lo nggak ketiduran lagi. Jangan malah narik selimut lagi ya, hehe.

5. Jangan langsung mandi supaya badan Lo nggak kaget

Mungkin kita akan berfikir bahwa mandi akan membuat tubuh kita menjadi segar ketika seusai begadang. Salah, bro! Faktanya, mandi setelah begadang justru akan membuat Lo mudah terkena flu. Sebaiknya, beri jarak waktu sebelum Lo mandi agar suhu tubuh Lo meningkat dan nggak kedinginan ketika Lo mandi nanti.

6. Pas udah mulai kerja, jangan langsung multitasking

Dilansir dari hellosehat, kinerja otak Lo akan menurun ketika Lo udah begadang semalaman. Untuk itu, Lo nggak bisa mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan ketika Lo habis begadang. Sebuah studi juga mengatakan bahwa pada 40 orang dewasa yang bekerja selama 42 jam menunjukan kapasitas kinerja ingatan yang mengalami penurunan 38%.

Sesekali begadang boleh-boleh aja selama itu memang untuk alasan yang memang penting. Namun, jangan sampe keterusan karena kalo keseringan juga tentu bakal nggak sehat buat tubuh Lo. Semoga artikel ini bermanfaat bro dan jangan lupa bagikan artikel ini ya. Sukses buat Lo semua, thanks and have a nice day!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini