gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Tips untuk Menahan Nafsu Makan Junk Food

#LOPASTIBISA - TIPS UNTUK MENAHAN NAFSU MAKAN JUNK FOOD

Published on Thursday, 03 May 2018

Siapa sih yang bisa menahan godaan untuk makan junk food seperti enaknya makan burger, kentang goreng, ayam yang punya kulit super crispy atau bahkan kue super manis dengan tampilan yang menggugah selera? Apalagi saat ini makanan-makanan tersebut sangat mudah ditemukan di pinggir jalan dengan harga yang lebih murah daripada di restoran.

Nah, sebenarnya apa sih junk food? Yang pertama harus Lo tahu adalah istilah junk food berbeda dengan fast food, jadi bisa dikatakan tidak semua restoran fast food menjual junk food.

Menurut food.ndtv dan wikipedia, junk food adalah makanan yang punya kandungan kalori, gula, atau lemak yang tinggi tapi dibarengi dengan serat, protein, vitamin dan mineral yang sedikit. Atau justru makanan tersebut mengandung protein tinggi yang juga punya potensi lemak jenuh, biasanya terdapat pada daging merah.

Tapi tenang, rasa dan tampilan yang menggoyang lidah tersebut bisa kok Lo tahan, yang penting tau cara-caranya. Berikut ini adalah lima tips menahan nafsu untuk makan junk food, #LoPastiBisa, bro!

1. Rutin Cek Kesehatan

Walaupun Lo masih muda, jangan malas untuk cek kesehatan, bro! Cek kadar gula darah, tekanan darah, kolesterol, asam urat dan lain-lain. Saat ini lingkungan dan makanan sudah tidak semurni zaman dulu, hal tersebut sedikit banyak tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan Lo.

Nggak perlu harus jauh dan ribet ke rumah sakit kok bro, saat ini sudah banyak apotek-apotek atau tempat-tempat kesehatan temporer (Biasanya ada di pusat-pusat keramaian seperti Car Free Day misalnya) yang menyediakan layanan periksa kesehatan. Bahkan beberapa ada yang tidak memungut biaya sepeser pun.

2. Hindari Akun Sosial Media Restoran yang Menjual Junk Food

Sebagai orang yang hidup di zaman serba social media, tentu Lo harus bijak untuk menggunakannya. Bukan hanya bijak dalam hal apa saja yang Lo posting, tapi juga siapa saja yang Lo follow, bro.

Ketika Lo follow account restoran junk food, besar kemungkinan Lo akan melihat banyak promo maupun foto makanan-makanan yang terlihat super enak. Nah hal tersebut harus dihindari bro agar tidak ada pikiran membeli yang muncul tiba-tiba setelah melihat iklan atau gambar tersebut.

Kalau bisa, pelan-pelan mulai juga follow akun-akun yang membahas tentang makanan maupun gaya hidup yang sehat. Gimana, siap?

3. Siapkan Bekal dari Rumah

Buat Lo yang ngantor maupun kuliah, ada baiknya untuk membawa makanan langsung dari rumah, bro. Selain menghemat pengeluaran uang makan, bisa dipastikan juga kalau makanan yang Lo bawa "lebih sehat" daripada Lo harus makan junk food waktu makan siang.

Lo bisa memperkirakan sendiri menu apa yang pengen Lo bawa. Nah kalau bervariasi setiap hari, tentunya bakal ngejauhin Lo dari rasa bosan kan? Jadi pikiran-pikiran untuk makan junk food bisa dikurangi.

4. Jangan Malas Menghitung Kalori!

Mulailah mencari tahu berapa kandungan kalori masing-masing makanan dan belajar pula bagaimana cara menghitungnya. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, junk food punya kandungan kalori dan lemak jenuh yang tinggi, bro.

Kelebihan kalori bisa menyebabkan banyak kerugian lho buat diri Lo sendiri. Misalnya bisa memperbesar peluang terkena penyakit degeneratif seperti jantung, stroke, kerusakan otak dan hati bahkan sampai mengganggu metabolisme tubuh.

Tapi jangan sampai kekurangan juga ya, pastikan Lo mendapatkan asupan kalori yang pas setiap harinya.

5. Rutin Berolahraga

Sebenarnya banyak kaum muda yang sudah mulai banyak beralih ke gaya hidup sehat mulai beberapa tahun terakhir ini. Kesadaran akan pentingnya kesehatan membuat mereka secara sukarela menjaga pola makan, jenis asupan makanan sampai berolahraga dengan rutin.

Nah, Lo jangan sampai kalah bro! Coba rutin deh berolahraga ringan 2 - 3 kali seminggu. Lebih baik lagi kalau Lo bisa melakukannya di pagi hari, sehingga udara yang Lo dapatkan masih segar dan baik untuk tubuh.

Nah, itu dia bro lima tips mudah untuk bisa menahan keinginan makan junk food. Tenang, tips-tips di atas bukan berarti melarang Lo makan junk food kok bro, hanya menghimbau supaya Lo bisa mengendalikan asupan junk food yang masuk ke tubuh. Memang sulit, tapi #LoPastiBisa, bro!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini