gentlemancode.id
Begini cara memakai ransel yang tepat supaya tidak sakit punggung

BEGINI CARA MEMAKAI RANSEL YANG TEPAT SUPAYA TIDAK SAKIT PUNGGUNG

Published on Thursday, 01 August 2019

Bro, Lo pernah nggak sih ngerasa nyeri pada punggung Lo setelah Lo memakai ransel? Hati hati lho, mungkin aja cara Lo memakai tas ransel yang kurang bener sehingga Lo merasakan sakit pada pundak dan punggung.

Agar Lo bisa menghindari nyeri punggung supaya nggak mengganggu aktivitas Lo, coba Lo intip cara memakai ransel yang baik dan benar dibawah ini.

Sejak Lo kecil, Lo mungkin sering disuruh ama bokap atau nyokap Lo untuk menggunakan ransel dengan benar atau nggak bawa barang yang berat atau terlalu banyak di ransel Lo. Nah, kira-kira apa alasannya?

Jadi bro, ada sebuah penelitian yang bilang bahwa memakai ransel dengan cara yang kurang tepat bisa menyebabkan punggung sakit.

Pada penelitian tersebut, yang mana melibatkan sekitar 5.000 siswa berusia 6 sampe19 tahun diketahui bahwa lama pemakaian ransel memiliki pengaruh terhadap sakit punggung.

Setelah dilakukan wawancara, ternyata para peneliti menemukan kurang lebih 60% pelajar yang memakai ransel menderita nyeri punggung dan pundak.

Penelitian itu juga menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan terkait dampak pemakaian ransel, antara remaja dibanding anak-anak yang usianya lebih muda.

Jumlah remaja yang mengalami sakit punggung ternyata lebih banyak dibanding anak-anak yang umumnya membawa beban lebih banyak.

Ternyata bro, berdasarkan penelitian tersebut, beban pada ransel Lo terbukti tidak begitu berpengaruh pada nyeri punggung akibat memakai tas. Lalu apa yang menyebabkan punggung sakit? Nah, lama pemakaian ransel yang ternyata berperan dalam membuat punggung Lo sakit.

Untuk itu, Lo disarankan untuk meletakkan ransel yang Lo pakai jika memungkinkan. Misal saat Lo harus berdiri di angkutan umum, kalo bisa sih Lo taro ransel Lo di bawah, di tempat yang nggak mengganggu orang lain. Hal ini bertujuan agar pundak dan punggung Lo tidak tertekan dalam waktu yang lama.

Cara memakai ransel yang benar

Untuk sebagian orang, menggunakan hanya salah satu tali tas ransel ke pundak itu adalah hal keren. Namun, hal ini justru akan membuat punggung Lo sakit, bro.

Selain itu, Lo bisa mengikuti beberapa tips dalam memakai ransel yang benar agar punggung dan pundak Lo nggak terasa sakit, yaitu:

  • untuk menjaga postur tubuh Lo, gunakanlah selalu kedua tali ransel. Hanya menggunakan satu tali ransel saja, bisa membuat postur tubuh Lo jadi buruk dan menyebabkan pundak dan punggung Lo sakit.
  • Sesuaikan tali ransel sehingga setara dengan punggung dan terasa nyaman di pundak Lo, bro. Usahakan agar bagian bawah ransel nggak melewati bagian pinggang. Lalu, berikan jarak setidaknya 3 cm lebih tinggi dari pinggul.
  • Jangan biarkan posisi ransel tidak stabil atau bergoyang dari satu sisi ke sisi lainnya. Kenapa? Karena kondisi ini bisa menyebabkan gesekan pada pundak dan punggung.
  • Gunakan tali pinggang atau tali dada ransel kalo memang ada. Tali pinggang atau tali dada dirancang untuk mengurangi tekanan dan gesekan pada bahu.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini