gentlemancode.id
Jadilah diri Lo yang lebih sehat

JADILAH DIRI LO YANG LEBIH SEHAT

Published on Monday, 27 February 2017

Apa sih yang bisa bikin kita sampe ke titik dimana kita bilang "kayanya gw harus berubah deh biar Gw lebih sehat lagi"?

Gak gampang buat kita untuk menyadari bahwa gaya hidup kita selama ini gak sehat. Kita terlalu sibuk, malas, dan sangat gampang teralihkan dan mengabaikan fakta bahwa kita perlu untuk membuat perubahan untuk kesehatan kita agar lebih baik lagi. Kita menjadi tunduk kepada keinginan kita, malas berolahraga, dan akhirnya memakan apa yang sebetulnya gak boleh kita makan. Semua itu terjadi karena kita tidak mempunyai rencana mengenai  apa saja yang harus kita lakukan untuk hidup lebih sehat, sehingga pada akhirnya kita tidak pernah memulai untuk berubah untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat.

Mungkin Lo pernah nyoba untuk memulai hidup yeng lebih sehat dengan cara diet, olahraga, dan menkonsumsi makanan-makanan sehat. Tapi itu semua gak berjalan lama karena kebiasan lama yang kurang baik Lo lakukan lagi.  Mungkin Lo akan mengatakan "oke Gw akan mulai olahraga besok atau minggu depan…karena hari ini Gw akan makan dan tidur sepuasnya! zzzzzz....".

Berdasarkan pengalaman pribadi, biasanya apa yang kita rencanakan tadi berakhir dengan hanya rencana. Ketika waktunya sudah tiba, pada akhirnya kita gak memulai apapun, karena kita belum mempersiapkan pola pikir kita untuk memulai hidup yang lebih sehat.

Untuk beberapa orang, merawat diri adalah kegiatan yang memakan banyak waktu. Sehingga untuk melakukan olahraga pun menjadi sangat sulit untuk dilakukan karena kesibukan yang sangat padat. Dan sepertinya alasan ini adalah alasan yang paling umum yang dialami oleh kita saat ini.

Nah, buat Lo yang stuck dengan kebiasaan buruk yang menganggu kesehatan Lo, apa yang akan Lo lakukan? Bagaimana cara Lo merubah kebiasaan buruk Lo dan bagaimana cara memulainya? Kali ini Gw mempunyai beberapa tips tentang bagaimana cara memulai untuk memulai hidup yang lebih sehat, dengan perencanaan yang akan membantu Lo agar tidak kembali kepada kebiasaan lama yang tidak baik.

Gw gak akan membuat Lo bosan dengan alasan-alasan teknis mengenai mengapa Lo harus makan makanan yang sehat, olahraga, atau minum 8 gelas air sehari, dan sebagainya. Karena untuk hal-hal tersebut Lo semua pasti udah pada tau, bener ga? Lo pasti udah mengetahui dan membaca hal tersebut berulang-ulang.

Tapi, Gw akan memotivasi Lo untuk memulai kebiasaan yang lebih sehat agar Lo bisa menjadi pribadi yang lebih sehat dengan membantu Lo membuat rencana sebelum memulainya. Dengan begitu, Lo bisa memulai sendiri untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk menjaga diri Lo tetap sehat.

Cari tahu siapa (who), apa (what), kapan (when), dimana (where),  bagaimana (how), dan mengapa (why) Lo harus hidup lebih sehat!

Ini adalah awal dimana Lo akan menentukan tujuan Lo. Cobalah untuk menjawab mengapa Lo mengiginkan perubahan ini. Tulis semua jawaban Lo dan jadikanlah itu sebagai acuan ketika Lo membutuhkannya. Kita pasti mempunyai alasan yang berbeda kenapa kita menginginkan hidup yang lebih sehat.

Apakah Lo ingin hidup lebih sehat karena berat badan Lo bertambah, atau mungkin Lo ingin bernafas lebih lega karena mungkin ketika Lo berjalan Lo ngerasa sesak? Atau mungkin Lo hanya ingin merasa lebih segar dan lebih bersemangat? Kalo buat Gw, menjaga kesehatan itu sangat penting karena Gw ingin tetap bisa menjaga dan tetap bersama dengan orang-orang yang berarti buat Gw khususnya keluarga. Gw pengen jalanin hidup ini dengan sehat, seimbang, dan tetap memiliki energi yang bisa Gw gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.

Kita punya alasan masing-masing untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat. Lo mungkin memiliki satu atau beberapa alasan yang membuat Lo ingin berubah. Tapi ingat, kesehatan itu bukan hanya soal berat badan, meskipun itu bisa menjadi salah satu parameter untuk kehidupan yang lebih sehat. Olahraga, mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup, dan managemen stres yang baik tentu gak bisa kita abaikan untuk memperoleh kehidupan yang lebih sehat.

Gaya hidup sehat merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh semua orang. Apabila itu sudah terpenuhi, kita akan memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik dan kita akan lebih memperlakukan diri kita lebih baik lagi. Dengan menjalani gaya hidup sehat kita akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Manfaatnya pun bukan hanya buat Lo aja, tapi juga akan bermanfaat untuk orang-orang berharga dalam kehidupan Lo.

Mulailah dengan menanyakan 6 pertanyaan ini

Tulislah jawaban Lo beserta penjelasannya. Lo bisa tulis di buku atau di handphone Lo, gimana enaknya aja Bro.

1. Siapa (Who)? Siapa orang yang Gw pengen bisa membantu atau memberikan support ketika Gw menjalani perubahan ini? Atau, apakah Gw harus menjalani semuanya sendiri? Atau bisa juga buat siapa sih Gw melakukan perubahan ini? (Orang tua, pasangan, anak)
2. Apa (What)? Apa yang Gw butuhkan untuk menjalankan proses ini? (buah, sayuran, alat olahraga, dsb)
3. Kapan (when)? Kapan Gw akan memulai melakukan perubahan ini? (Besok, minggu depan, bulan depan)
4. Dimana (where)? Sampe dimana perubahan Gw setelah beberapa bulan berjalan? (lebih bugar, lebih sehat, bisa istirahat dengan baik)
5. Bagaimana (how)? Bagaimana caranya Gw akan melakukan perubahan? (Gw akan merubah kebiasaan makan Gw, Gw akan olahraga setiap pagi)
6. Kenapa (why)? Kenapa Gw melakukan ini? (Gw pengen lebih bugar, Gw pengen lebih kuat, Gw pengen lebih seger)

Notes:
- Kita pasti mempunyai jawaban yang berbeda-beda untuk pertanyaan-pertanyaan tadi
- Kita mempunyai alasan masing-masing untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat
- Jawaban kita mungkin akan berubah sewaktu-waktu

Ketika Lo udah mulai malas untuk menjalankan rencana yang udah Lo buat, Lo bisa kembali membuka pertanyaan dan jawaban yang udah Lo catat agar Lo bisa kembali kepada rencana yang udah Lo buat sebelumnya.

Mulailah secepatnya tanpa menunda-nunda. Carilah apa aja yang Lo perlukan untuk menjalankan rencana Lo. Kalo perlu, Lo bisa meminta dukungan kepada orang-orang kesayangan Lo agar Lo tetap bisa menjalankan perubahan yang ingin Lo lakukan. Sekarang, buatlah rencana, lakukan, dan tetap excited untuk menjalaninya. Cheers!

Sumber gambar:
[1]
https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini