gentlemancode.id
Makanan Sehat untuk Jiwa yang Sehat

MAKANAN SEHAT UNTUK JIWA YANG SEHAT

Published on Friday, 26 July 2019

Makanan dengan nutrisi yang baik dan bergizi tinggi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Nah, Gw baru tahu nih kalo ternyata makanan yang tepat dan sesuai kebutuhan juga bisa membuat jiwa kita menjadi lebih sehat. Serius bro, ternyata ada banyak manfaat makanan untuk kesehatan mental kita. Lalu, bagaimana makanan bisa mempengaruhi kesehatan mental seseorang? Berikut penjelasannya yang Gw kutip dari hellosehat.com.

Manfaat makanan untuk kesehatan mental

Tubuh yang sehat itu bukan cuma masalah sehat secara fisik saja, namun sisi mentalnya juga harus Lo perhatikan. Kalo misalnya Lo sering ngalamin gangguan mental seperti stres, mudah tertekan, hingga gangguan kecemasan, mungkin bisa Lo lihat lagi makanan apa yang Lo konsumsi selama ini.

Makanan memiliki efek untuk kesehatan mental seseorang. Seperti yang Gw baca dari Mental Health UK, 2 dari 3 orang yang rutin memakan buah dan sayur segar setiap hari lebih jarang memiliki masalah gangguan mental. Sedangkan untuk kelompok orang yang kurang makan buah dan sayur lebih sering menunjukan adanya gangguan mental. 

Artinya apa? Artinya makanan yang kita makan akan mempengaruhi kesehatan mental kita, bro. Para ahli mengatakan bahwa hal ini berkaitan dengan vitamin dan mineral yang baik untuk sistem saraf.

Nah bro, Lo suka makan sayur dan buah nggak?

Salah satu manfaat yang akan Lo dapat dari mengonsumsi makanan sehat adalah makanan tersebut akan membantu membentuk hormon serotonin yang bisa merangsang rasa bahagia dan senang di otak.

Serotonin apa sih?

Serotonin itu memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur waktu tidur, lapar, sampe merespon rasa sakit. Kalo makanan yang Lo konsumsi itu sehat, maka tubuh Lo akan memiliki hormon ini dan Lo pasti akan menjadi lebih bahagia.

Bagaimana makanan sehat mempengaruhi mental seseorang?

Penasaran dong Lo gimana caranya makanan bisa mempengaruhi mental kita? Simak penjelasannya dibawah ya!

Memengaruhi perkembangan otak

Roxanne Sukol, MD seorang spesialis di bidang pencegahan penyakit di Wellness Institute Cleveland Clinic, mengatakan bahwa makanan lah yang akan membangun protein otak, membangun enzim, membangun jaringan otak, dan juga membangun zat kimia otak (neurotransmiter) yang berfungsi mengantarkan informasi dan sinyal antara berbagai bagian otak dan tubuh.

Untuk itu, kondisi kesehatan otak seseorang tentu menjadi hal yang fundamental dalam menentukan kesehatan mental seseorang. Tanpa perkembangan otak yang optimal, maka kondisi kesehatan pun akan terpengaruh. Makanan memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan otak.

Mengatur otak lebih aktif

Gizi dan pola diet akan sangat mempengaruhi jumlah kadar protein otak. Sedangkan protein yang ada di otak berperan penting dalam mengatur dan menghubungkan sinyal dari organ ke saraf pusat.

Jumlah protein otak yang optimal akan membuat Lo lebih mudah fokus dan meningkatkan kemampuan berpikir. Untuk itu, Lo harus memilih makanan sehat yang kaya akan omega 3 dan zink yang bisa meningkatkan kadar protein dalam otak. Lain halnya dengan diet tinggi lemak jenuh dan gula rafinasi yang memiliki dampak negatif yang sangat kuat pada kadar protein otak.

Mengisi usus dengan bakteri yang sehat

Kita membutuhkan triliunan jumlah bakteri sehat yang sangat diperlukan dalam usus. Bakteri baik di dalam usus mampu menangkal kuman jahat dan meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh. Bahkan bro, beberapa bakteri baik di usus juga bertugas membuat vitamin B untuk memberikan kekuatan lebih pada otak Lo.

Lo perlu tahu nih, kalo orang yang kekurangan vitamin B12 itu, punya risiko terjadinya peradangan otak yang lebih tinggi, yang artinya, semakin meningkat pula risiko orang tersebut untuk mengalami depresi dan demensia.

Selain baik untuk otak, bakteri baik dari makanan ini juga bisa mengendalikan suasana hati dengan mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh. Ini bisa terjadi karena aktivitas bakteri baik dari makanan (probiotik) yang bisa menjaga lingkungan sel-sel dalam tubuh.

Dari yang Gw lansir dalam laman Harvard Medical School, probiotik dari makanan bisa mempengaruhi tingkat stres, tingkat kecemasan, dan kondisi mental secara keseluruhan, bro.

Untuk orang yang memiliki kadar folat yang rendah juga akan memiliki mood yang rendah sehingga ini dapat memicu orang yang bersangkutan menjadi lebih mudah stress.

Nah, suasana hati yang baik, dan kondisi kesehatan otak yang baik tentu akan mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Makanan sehat seperti apa yang baik untuk mental?

Lo harus mampu memenuhi semua kebutuhan gizi harian Lo supaya fisik dan mental Lo tetap sehat, bro. Sebenarnya, semua makanan itu sehat, kuncinya adalah mengatur porsinya supaya sesuai dengan kebutuhan. Nah, ada beberapa tips yang bisa Lo lakukan ketika memilih makanan sehat, yaitu:

  • Kurangi makan makanan yang manis yang kandungan gulanya tinggi
  • Pilih lebih banyak makanan alami
  • Tingkatkan jumlah makanan yang kaya serat dan protein seperti kacang-kacangan.
  • Konsumsi banyak buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral berperan sangat penting dalam menghasilkan enzim di otak.
  • Kurangi makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh dan lemak trans. Makanan yang memiliki kandungan yang terlalu tinggi dari kedua komponen ini berpotensi mengganggu kesehatan otak.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini