gentlemancode.id
Sering ngerasa waktu begitu cepat berlalu? Ini alasan logisnya!

SERING NGERASA WAKTU BEGITU CEPAT BERLALU? INI ALASAN LOGISNYA!

Published on Friday, 05 July 2019

Bro, Lo pernah nggak ngerasa waktu berlalu begitu cepat? Gw yakin Lo semua pasti pernah mengalami momen-momen kaya gini. Nggak berasa waktu udah lewat sehari, seminggu, sebulan sampe setahun udah lewat begitu aja.

Berbeda ketika kita masih anak-anak, waktu justru terasa lambat banget, bener nggak? Lo pasti ngerasa lama banget kalo nunggu liburan sekolah. Bahkan ketika ada rencana piknik bareng temen-temen Lo, Lo merasa hari itu nggak kunjung datang.

Begitu Lo semakin dewasa, Lo jadi merasa waktu jadi cepet banget berlalu. Kenapa bisa gini ya? Simak penjelasannya dibawah ini ya yang Gw kutip dari hellosehat.com yang Gw akses pada tanggal 5 Juli 2019.

Mengapa waktu jadi cepat berlalu ketika kita udah dewasa?

Pada dasarnya sih, waktu itu berjalan sama kapanpun itu. Tapi, manusia punya cara yang istimewa dalam merasakan waktu. Para ahli menemukan dua teori yang kuat yang bisa memberikan Lo penjelasan mengenai kenapa waktu jadi terasa cepat berlalu ketika kita dewasa.  Begini nih penjelasan kedua teori tersebut.

Jam biologis tubuh berubah

Tanpa perlu Lo kendalikan, Lo memiliki sistem tersendiri supaya berbagai fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik. Misalnya bernafas, detak jantung, dan aliran darah. Semua sistem ini diatur oleh jam bilogis, bro. Jam biologis ini memiliki pusat Kendali di otak, tepatnya oleh saraf suprachiasmatic (SCN).

Untuk jam biologis anak-anak, terdapat lebih banyak aktivitas fisik yang berlangsung selama rentang waktu tertentu. Beberapa riset menemukan fakta bahwa dalam semenit misalnya, anak-anak memiliki jumlah detak jantung dan tarikan nafas yang lebih banyak dibandingkan kita orang dewasa. Semakin Lo bertambah tua, aktifitas fisik yang terjadi selama rentang waktu semenit saja akan berkurang.

Jadi, jam bilogis orang dewasa itu lebih santai, sehingga Lo pun merasa waktu menjadi lebih cepat. Kalo misalnya dalam semenit jantung anak-anak berdetak sebanyak 150 kali, orang dewasa mungkin berdetak hanya 75 kali. Ini menunjukan bahwa orang dewasa membutuhkan waktu dua menit untuk mencapat jumlah detak jantung yang sama dengan zaman Lo masih kecil dulu, bro. Maka, sekalipun waktu udah berjalan selama dua menit, otak Lo mengira itu masih satu menit karena Lo dulu cuma butuh waktu semenit untuk mencapai 150 kali detak jantung.

Semakin terbiasa dengan lingkungan sekitar

Nah, teori yang kedua memiliki hubungan dengan daya ingat dan gimana otak mengolah informasi yang Lo terima. Pas Lo kecil, dunia adalah tempat yang sangat menarik akan hal baru sehingga Lo jadi penasaran untuk mencari tahu berbagai hal yang belum terpikirkan sebelumnya.

Hal ini pasti berubah ketika Lo udah dewasa, bener nggak? Dunia udah mulai bisa ditebak dan jarang menawarkan pengalaman baru. Setiap hari Lo menjalani rutinitas yang hampir sama dari bagun pagi sampe Lo tidur lagi. Selain itu, berbagai informasi yang Lo terima sudah jarang mengejutkan lagi karena Lo sudah mengalami banyak hal. Contoh sederhananya adalah Lo udah tahu kalo mendung itu artinya bakalan hujan.

Saat Lo menerima stimuli (informasi) dengan mempelajari hal-hal baru, otak Lo akan bekerja lebih keras untuk memahami dan menyimpannya ke dalam ingatan. Proses ini jelas memakan waktu dan tenaga. Nah, in a way hal ini membuat waktu seolah berputar lebih lama ketika Lo kecil karena saat itu Lo banyak menerima stimuli dan hal baru yang belum pernah Lo alami sebelumnya. Ketika Lo udah mulai memasuki usia 20-an, Lo sudah jarang menerima stimuli sehingga Lo jadi ngerasa waktu menjadi cepat berlalu.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini