gentlemancode.id
3 Alasan Logis Kenapa Lo harus jauh-jauh dari kartu kredit

3 ALASAN LOGIS KENAPA LO HARUS JAUH-JAUH DARI KARTU KREDIT

Published on Wednesday, 14 March 2018

Memiliki kartu kredit memang bisa ngasi Lo kemudahan dalam melakukan pembayaran, bro. Entah itu Lo gunakan untuk membayar biaya kesehatan, belanja kebutuhan, atau keperluan pribadi, kartu kredit bisa membantu Lo meskipun Lo lagi nggak punya uang. Tapi bro, dibalik segala kemudahannya Lo harus hati-hati ketika akan membuat atau menggunakan kartu kredit. Kenapa? Karena kalo Lo nggak hati-hati, bisa-bisa Lo terjebak dalam masalah hutang yang nggak selesai-selesai.

Dibawah ini adalah beberapa alasan yang harus Lo pertimbangkan ketika akan membuat atau menggunakan kartu kredit, diantaranya adalah:

1. Karena memberi kemudahan, Kadang Kita Lupa bahwa kita sedang menumpuk hutang

Harus kita akui, kartu kredit itu bisa menjadi alat pembayaran yang sangat membantu kita. Untuk pembayaran online, pembayaran di luar negeri, dan pembayaran-pembayaran lainnya rata-rata sudah mendukung pembayaran dengan kartu kredit. Belum lagi tawaran untuk metode pembayaran dengan metode cicilan nol persen, hal ini udah pasti menggiurkan banget bro, bener nggak? 

Nah bro, secara nggak sadar kemudahan-kemudahan ini akan membuat Lo terbuai untuk terus bertransaksi secara kredit dan Lo menjadi semakin sering menggunakannya karena Lo merasa punya uang padahal enggak.

Mungkin di awal Lo bisa konsisten membayar semua tagihan tepat waktu, namun dari beberapa pengalaman beberapa orang yang menggunakan kartu kredit, kebanyakan dari mereka akhirnya mengalami kesulitan untuk membayar tagihan karena banyaknya tagihan yang harus dibayar sampe akhirnya telat dan ujung-ujungnya kena denda.

Begitu Lo kena denda, maka otomatis jumlah tagihan yang Lo bayar semakin besar bro. Belum lagi ditambah bunga. Pusing kan?

2. Karena kita bisa menarik uang secara tunai, kita menjadi lebih gampang berhutang

Salah satu alasan yang membuat kita malas untuk berhutang dengan meminjam uang adalah karena biasanya kita suka malu ketika ingin meminjam uang kepada seseorang. Nah, dengan kartu kredit kita bisa dengan mudah "meminjam" uang kepada bank dengan cara melakukan penarikan tunai melalui kartu kredit yang kita miliki. Perlu Lo ketahui bro bahwa bunga dari penarikan tunai melalui kartu kredit itu sangat tinggi dan akan memberatkan Lo. Selain bunga akan ada biaya tersendiri yang akan menambah jumlah utang Lo dan biayanya lumayan besar. Kalo misalnya telat bayar otomatis dendanya juga akan gede bro dan akan semakin mencekik Lo.

3. Karena banyak tawaran diskon, poin reward dan program cicilan membuat kita menjadi semakin konsumtif

Tidak bisa kita pungkiri bahwa banyak banget program-program yang menggiurkan yang ditawarkan oleh kartu kredit dari mulai mendapat diskon, poin reward yang bisa kita tukarkan kepada hadiah tertentu, dan program cicilan yang bisa membantu kita mendapatkan barang yang kita inginkan. Ya, tawaran-tawaran tersebut emang kadang susah untuk kita tolak sehingga kita tanpa sadar menjadi konsumtif karena sering tergoda dengan program-program promosi yang ditawarkan oleh penerbit kartu kredit. Semakin sering kita berbelanja dengan menggunakan kartu kredit maka semakin besar peluang kita untuk terlilit hutang. Ketika Lo punya banyak hutang maka hidup Lo nggak akan tenang seperti ketika Lo nggak punya hutang, bro.

Apapun manfaatnya, kartu kredit punya banyak bahaya yang bisa menyulitkan Lo dan akhirnya akan menjerumuskan Lo kepada masalah keuangan serius. Sebisa mungkin hindari penggunaan kartu kredit dan gunakanlah uang tunai atau kartu debit, yang penting Lo tidak berhutang bro. Meskipun berhutang itu sah-sah aja, tapi sebaiknya hindari berhutang dengan kartu kredit karena itu akan sangat berisiko untuk masa depan keuangan Lo. 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini