gentlemancode.id
5 Sumber Pemborosan Uang Yang Sering Kita Lakukan Tanpa Sadar

5 SUMBER PEMBOROSAN UANG YANG SERING KITA LAKUKAN TANPA SADAR

Published on Friday, 09 December 2016

Uang. Benda yang satu ini adalah benda yang susah untuk didapatkan, namun sangat mudah untuk dihabiskan. Uang kalo gak diatur emang begitu, suka kurang ajar. Di dompet hanya cuman mampir doang.

Tapi Bro, kadang meski Lo udah bikin anggaran dan Lo udah atur semua pengeluaran, adaaaa aja sesuatu yang bikin pengeluaran Lo bengkak. 

Kalo emang dasarnya kita boros, dan kita sering nongkrong di coffe shop atau makan di restoran mahal, maka masuk akal kalo duit Lo cepet abis. Tapi kalo misalnya Lo udah atur semua pengeluaran dan tetep bocor, maka Lo harus evaluasi lagi pengeluaran Lo. Kira-kira apa yang membuat "kebocoran" ini terjadi.

Mungkin beberapa hal dibawah ini adalah contoh biaya-biaya yang tanpa kita sadari menjadi penyebab terjadinya "kebocoran" keuangan kita.

1. Biaya Transportasi

Pengeluaran ini biasanya udah kita anggarkan dalam anggaran bulanan kita, misal untuk naik transjakarta pulang-pergi Lo menghabiskan Rp. 7.000. Maka dalam 25 hari kerja dalam sebulan Lo akan menghabiskan Rp. 175.000. Nah, masalahnya biaya trasnportasi Lo ga pasti cuman segitu, bisa jadi diakhir pekan Lo jalan kemana gitu dan memakan ongkos yang lumayan besar. Belum lagi pas misalnya kalo Lo lagi buru-buru, maka Lo akan mengambil alternative tranportasi lain seperti taxy. Nah ini Bro yang jadi biang keroknya, tanpa sadar anggaran Lo buat trasportasi membengkak.

2. Layanan delivery makanan

Adakalanya kita merasa males buat kemana-mana, termasuk jalan buat beli makanan. Kalo udah gini maka layanan pesan makanan akan menjadi pilihan kita. Berkat kemudahan teknologi ini, maka kita tinggal duduk manis saja menunggu makanan datang didepan pintu rumah kita. 

Ketika kita memakai layanan ini, maka biasanya kita akan dikenakan biaya kirim, dan ini bervariasi tergantung lokasinya.  Maka sudah jelas disini, selain kita harus membayar biaya makanan, kita juga harus membayar biaya kirim. Belum lagi kalo misalnya tempat Lo order makanan memberlakukan minimum order, maka Lo cenderung memesan lebih banyak makanan sehingga biaya yang Lo keluarkan lebih besar lagi.

3. Apps dan layanan berbayar

Kalo Lo termasuk orang yang suka pake Apps berbayar, maka hal ini juga bisa jadi salah satu penyebab membengkaknya beban bulanan Lo. Katakanlah Lo pake Apps atau layanan yang mengharuskan Lo membayar Rp. 100.000 perbulan. Maka secara tidak sadar dalam satu tahun  Lo udang ngabisin Rp. 1.200.000. Menurut Gw ini adalah angka yang lumayan besar yang sebenernya bisa Lo pake untuk biaya yang lain misal investasi atau ditabung.

4. Online shopping

Maraknya online shop saat ini emang lumayan punya andil dalam konsumtifnya orang-orang saat ini. Kemudahan dan promo yang ditawarkan memang menjadi godaan tersendiri untuk kita. Gak cuman itu Bro, display barang dengan model yang oke membuat daya tarik tersendiri yang susah untuk ditolak oleh sebagian orang sehingga mereka membelinya padahal gak butuh-butuh banget sebetulnya. Nah, kalo udah gini, tentu anggaran yang udah kita anggarkan sebelumnya jadi kacau gak beraturan.

5. Cicilan 0 persen

Kelihatannya emang ringan sih, namun ini bisa menjadi biang dari masalah keuangan kita.  Karena merasa ringan, maka tanpa pikir panjang kita banyak melakukan transaksi yang menggunakan metode cicilan 0 persen. Coba bayangkan kalo kita punya 5 tagihan yang harus dibayarkan tiap bulannya, berat Bro. Percaya deh ama Gw. Untuk masalah ini, Lo harus lebih bisa menahan diri terhadap godaan-godaan transaksi dengan menggunakan metode seperti ini, sehingga Lo terbebas dari perangkap hutang.

Selain 5 hal tadi mungkin banyak masalah lain yang menyebabkan kita secara tidak sadar sudah melakukan pemborosan. Apapun masalahnya, intinya Lo harus berfikir panjang sebelum mengeluarkan uang. Karena kalo sembarangan maka akhirnya keuangan Lo akan kacau. Inget Bro ada pepatah yang bilang kalo hemat itu pangkal kaya. Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini