gentlemancode.id
5 Tips Investasi Bitcoin yang Menguntungkan Bagi Pemula

5 TIPS INVESTASI BITCOIN YANG MENGUNTUNGKAN BAGI PEMULA

Published on Tuesday, 21 November 2017

Keuntungan investasi Bitcoin memang menggiurkan, Bro. Tapi, sebelum Lo terjun ke investasi mata uang digital ini, ada baiknya Lo memahami seluk beluknya agar bisa mengantisipasi apabila ada kemungkinan terburuk terjadi.

Di Indonesia, keberadaan Bitcoin memang masih belum diakui secara resmi. Bank Indonesia masih mengkaji regulasi terhadap keberadaan salah satu jenis cryptocurrency ini. Tapi, hal itu nggak menjadi halangan buat Lo untuk berinvestasi di sini. Buat Lo yang masih pemula dalam investasi Bitcoin, berikut ini adalah 5 tips yang bisa Lo coba, yang ditulis oleh Swara Tunaiku.

1. Jangan terlalu besar investasinya

Karena harganya yang selangit dan fluktuasi nilainya yang liar, ada baiknya Lo tidak terlalu besar dalam berinvestasi di awal-awal. Sekedar info aja nih Bro, pergerakan harian bitcoin itu bisa mencapai jutaan rupiah.  Bisa saja saat Lo membaca tulisan ini, bitcoin sedang bernilai 73 juta rupiah. Besoknya, nilainya sudah 71 juta rupiah.

Lo tahu kan, kalau cara mendapatkan untung dari investasi bitcoin sama seperti dengan jual beli saham? Di mana Lo melakukan trading di bursa? Nah, oleh karena itu, kalau pun harganya turun dengan drastis dan modal Lo habis, seenggaknya Lo nggak rugi-rugi amat, Bro.

2. Ikuti terus perkembangan harganya

Seperti yang Gw bilang tadi Bro, Nilai bitcoin itu terus bergerak setiap menitnya. Untuk itu, Lo perlu memantau pergerakannya secara berkala. Ada beberapa fitur yang bisa Lo gunakan, seperti bitcoin checker dan bitcoin ticker widget. Keduanya bisa memberikan peringatan apabila pergerakannya sudah mencapai nilai yang Lo inginkan. Setelah itu tinggal Lo putuskan, Lo mau beli atau mau Lo jual.

3. Sisihkan beberapa untuk cloud mining

Agar terhindar dari kerugian total akibat penurunan nilai bitcoin, Lo bisa memanfaatkan apa yang disebut dengan cloud mining. Cloud mining adalah proses penambangan bitcoin yang bisa Lo lakukan secara online dengan satuan GHS. Melalui proses ini, Lo bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari bitcoin ekstra hasil Lo menambang. Kalau sudah nggak dipakai lagi, GHS-nya bisa Lo jual lagi, Bro.

4. Jangan menimbun terlalu banyak

Lo pastinya bisa tergoda untuk menimbun bitcoin hingga jumlahnya banyak banget Bro, apalagi kalau Lo modalnya juga banyak. Tapi, Gw saranin sih jangan. Selain nilai dan regulasi terhadap bitcoin di masa depan yang tidak pasti, timbunan bitcoin juga bisa mengundang aksi peretasan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Kalau Lo masih pemula, lebih baik ambil keuntungan dari trading dalam rentang waktu yang pendek, misalnya mingguan, daripada ditimbun dalam jangka watu yang panjang.

5. Gunakan limit untuk proses beli dan jual

Kalau misalnya Lo melakukan trading melalui Bitcoin.co.id, Lo bisa mengatur limit nominal untuk membeli maupun menjual Bitcoin. Dengan kata lain, proses beli atau jual, baru akan tereksekusi secara otomatis pada saat nilai Bitcoin bergerak ke limit yang sudah Lo tentukan sebelumnya. Kalau Lo nggak sempat memantau pergerakan Bitcoin secara real-time, cara ini bisa Lo manfaatkan, Bro.

Gimana Bro? Nggak rumit, kan? Ingat, sebelum Lo mulai investasi, jangan lupa pelajari lebih dalam seluk beluknya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Thanks.

Sumber gambar:
[1] http://bit.ly/2iBtDrz

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini