gentlemancode.id
7 Jenis Investasi Yang Menguntungkan Dan Berguna Untuk Masa Depan Anda

7 JENIS INVESTASI YANG MENGUNTUNGKAN DAN BERGUNA UNTUK MASA DEPAN ANDA

Published on Saturday, 13 August 2016

Sudahkah Anda mempunyai investasi? Jika sudah maka itu bagus, karena Anda sudah mempersiapkan masa depan finansial Anda dengan baik. Jika belum, maka sebaiknya Anda segera memikirkan investasi apa yang cocok untuk Anda karena Iinvestasi sangat penting manfaatnya untuk masa depan finansial Anda.

Penghasilan yang Anda dapatkan biasanya sebagian besar habis untuk keperluan Anda sehari-hari dan sisanya Anda tabung untuk keperluan Anda di masa yang akan datang. Menabung adalah hal yang baik untuk menyelamatkan dan mengumpulkan uang Anda agar tidak habis begitu saja. Namun selain menabung ada cara lain yang layak untuk dilakukan yaitu investasi.

Bagi sebagian orang mungkin investasi adalah hal yang asing. Selain karena resikonya yang tidak bisa kita prediksi, banyak juga orang yang kesulitan menyisihkan uangnya untuk berinvestasi. Namun, bagaimanapun juga investasi adalah salah satu strategi yang baik untuk mendapatkan keuntungan finansial.

Apabila Anda ingin mencoba untuk berinvestasi tidak ada salahnya Anda mempelajari 7 jenis investasi berikut ini.

1. Emas

Emas adalah jenis investasi yang memiliki tingkat resiko yang rendah atau low risk. Harga emas bisa dikatakan stabil bahkan cenderung meningkat. Menginvestasikan penghasilan Anda untuk membeli emas, baik itu emas batangan atau perhiasan cocok dilakukan oleh tipe orang yang konservatif. Modal pertama yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, Anda bisa memulainya dengan membeli emas sesuai dengan kemampuan Anda.

2. Tanah

Tanah adalah jenis investasi yang sangat menguntungkan karena harga tanah cenderung selalu naik dari waktu ke waktu. Apalagi jika tanah tersebut terletak di tempat-tempat yang strategis maka harganya akan tinggi. Tanah ini bisa juga kita gunakan untuk membangun tempat usaha atau untuk kita jual kembali. Yang harus kita perhatikan sebelum menginvestasikan uang kita dengan membeli tanah adalah kejelasan hak milik tanah tersebut. Gali informasi mengenai tanah tersebut apakah bermasalah atau tidak, perhatikan pula potensi di masa yang akan datang, dan perhatikan pula tekstur tanah tersebut. Jika kita salah membeli maka bukannya untung yang kita dapat, tetapi rugi. Telitilah sebelum membeli.

3. Rumah

Investasi yang paling tren saat ini adalah investasi properti dalam bentuk rumah. Rumah bisa menghasilkan jika disewakan atau djual. Pada tempat-tempat tertentu rumah bisa dijadikan sebagai tempat usaha atau tempat kost sehingga nilai investasinya menjadi tinggi.

4. Saham

Membeli saham adalah satu satu jenis investasi yang bisa Anda dicoba. Saham adalah tanda kepemilikan terhadap suatu badan usaha. Dalam investasi ini, kita bisa membeli serta menjual saham yang dimiliki berdasarkan perkiraan keuntungan yang akan didapatkan. Dengan memiliki saham di suatu perusahaan, kita akan mendapatkan pembagian keuntungan yang disebut dividen. Selain itu, dalam proses jual beli saham, kita bisa mendapatkan capital gain yaitu selisih harga beli dan harga jual saham. Namun, investasi saham harus dilakukan dengan hati-hati karena banyak risiko yang bisa jadi malah menimbulkan kerugian.

5. Mata uang asing

Saat nilai rupiah melemah terhadap dollar, banyak orang berbondong-bondong menukarkan dollar mereka dengan rupiah. Jual beli mata uang asing adalah salah satu jenis investasi yang juga cukup menguntungkan. Namun, sebelum melakukan investasi ini, kita harus paham tren naik turunnya nilai mata uang supaya tidak terjebak dalam kerugian.

6. Deposito

Jenis investasi selanjutnya adalah deposito. Deposito bisa disebut produk investasi yang minim risiko. Kita bisa memiliki deposito dengan mengajukannya pada sebuah bank. Sistem deposito hampir sama dengan menabung secara konvensional yaitu menyimpan sejumlah uang tertentu di bank. Bedanya, deposito menerapkan jangka waktu tertentu sehingga uang yang disimpan tersebut tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Namun, jangka waktu yang ditawarkan cukup bervariasi, yaitu 1, 3, 6, atau 12 bulan. Kita bisa memilih sesuai kebutuhan. Keuntungan menabung dalam bentuk deposito adalah bunga yang lebih tinggi. Sayangnya, kita butuh modal yang cukup besar, antara 8 hingga 10 juta rupiah tergantung bank yang menawarkannya.

7. Reksadana

Secara sederhana, reksadana adalah pengelolaan dana atau modal yang terkumpul dari sejumlah investor oleh seorang Manajer Investasi. Modal ini akan diinvestasikan oleh Manajer Investasi pada instrumen investasi. Kita bisa membeli reksadana pada lembaga yang mengelola, seperti bank atau pada Manajer Investasi. Meskipun menguntungkan, berinvestasi dengan reksadana memiliki risiko yang cukup besar. Pelajari dengan cermat terlebih dahulu sebelum memulai investasi dengan reksadana.

Nah, dari 7 jenis investasi itu manakah yang kira kira cocok untuk Anda? pilihlah yang sesuai dengan kemampuan Anda dan minim resikonya. Investasi penting untuk dilakukan karena akan membantu finansial Anda dimasa depan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini