gentlemancode.id
9 Nasihat Keuangan Biar Lo Ga Nyesel Pas Tua Nanti

9 NASIHAT KEUANGAN BIAR LO GA NYESEL PAS TUA NANTI

Published on Monday, 10 October 2016

Duh nyesel dulu Gw ga ambil kesempatan itu
Kenapa ya dulu Gw boros banget

Coba kalo dulu Gw rajin nabung

Penyesalan memang suka datang belakangan, kalimat diatas sering banget kita denger ketika udah kejadian baik itu dari teman, saudara, atau mungkin kita sendiri yang mengalaminya.

Masalah keuangan kebanyakan terjadi akibat kecerobohan kita sendiri, dan yang paling banyak penyebabnya adalah karena ketidak mampuan seseorang dalam menahan diri untuk memenuhi keinginannya, sehingga terjadi ketidak seimbangan antara pengeluaran dan pemasukan.

Ketidak seimbangan inilah yang dikemudian hari akan menyebabkan masalah keuangan yang serius. Dan jika tidak segera diatasi, bisa bisa ketika tua nanti kita akan kesulitan.

Kita semua tentu ga pengan kan ketika tua nanti kita hidup kekurangan, nah untuk menghindari masalah tersebut ga ada salahnya kita mengikuti 9 nasihat keuangan berikut ini.

1. Hidup hemat, karena hemat pangkal kaya Bro

Udah sering banget mungkin nasihat agar hidup hemat singgah di telinga kita. Namun kadang kita bandel dan tidak mau mengikutinya, padahal dengan hidup hemat kita bisa mengelola keuangan kita secara maksimal.

Banyak orang suka lupa diri ketika mempunyai penghasilan yang tinggi, mereka menjadi konsumtif dan menerapkan gaya hidup mewah dalam kesehariannya karena mereka merasa penghasilannya cukup besar. Padahal penghasilannya yang besar bisa mereka manfaatkan untuk kebutuhan-kebutuhan lain yang lebih bermanfaat seperti menabung, atau investasi.

2. Tetapkan tujuan

Siapapun dalam hidupnya harus memiliki tujuan, termasuk tujuan finansial. Kita harus mempunyai tujuan finansial yang jelas dalam kehidupan kita. Misal kita menabung untuk biaya membeli rumah, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan dan lain-lain. Dengan adanya tujuan yang jelas kita akan mempunyai motivasi dan perencanaan yang baik untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Jangan malas untuk memasang target

Biar kita semangat mencapai tujuan kita, kita harus punya target Bro. Misal dalam 5 bulan tabungan Gw harus bisa mencapai 10 juta. Target tersebut akan menjadi tujuan kita dalam 5 bulan kedepan. Dengan adanya target, kita akan memiliki motivasi  untuk memenuhi target tersebut. Jangan terjebak dengan kalimat "let it flow", karena kalo begitu berarti Lo ga punya tujuan hidup dan ga punya terget.

4. Jangan ragu untuk memulai investasi

Selain menabung, ga ada salahnya kita memulai untuk melakukan investasi. Sekarang udah banyak banget pilihan investasi yang bisa Lo lakuin, tinggal pilih aja investasi yang mana yang cocok dengan kemampuan Lo. Salah satu kelebihan investasi adalah dapat mengembangkan nilai duit Lo secara drastis Bro. Misal Lo investasi di bidang properti atau emas, ketika Lo jual nanti 5 tahun atau 10 tahun yang akan datang harganya pasti udah naik berkali-kali lipat. Memang keuntungannya ga bisa Lo dapet dalam waktu yang singkat, tapi jika dibandingkan dengan menabung, investasi jelas jauh lebih menguntungkan.

5. Introspeksi ketika merasakan ada yang salah dalam pengelolaan keuangan kita

Ga ada manusia yang sempurna, sesekali kita pasti pernah melakukan kekeliruan dalam pengelolaan keuangan kita mengingat sekarang ini godaan untuk berbelanja begitu besar dengan promo yang ga ada hentinya. Ketika melakukan kesalahan, jadikanlah itu sebagai pembelajaran agar nanti kita ga mengulanginya di kemudian hari. Orang yang baik itu bukan orang yang tidak pernah salah, tapi orang yang mampu memperbaiki kesalahannya.

6. Disiplin dengan perencanaan keuangan yang sudah dibuat

Dalam menjalankan perencanaan keuangan tentu ga semudah membalikan telapak tangan. Pasti banyak godaannya Bro. Disiplin dan pantang menyerah menjadi kunci yang harus kita pegang teguh untuk menjalankan rencana yang sudah kita buat demi memenuhi target dan mencapai tujuan yang kita buat. Ketika kita tidak disiplin, maka target dan tujuanh kita tentunya tidak akan tercapai. Apabila itu terjadi, hanya penyesalan lah yang bisa kita lakukan.

7. Bergaulah dan perluas jaringan

Dengan bergaul tentu kita akan mendapatkan banyak teman dan sahabat. Kita ga akan pernah tau dengan siapa peluang keuntungan akan terbuka untuk kita, karena kita tidak pernah tau apa rencana Tuhan untuk kita. Bergaul lah dengan baik dan perluas jaringan, siapa tau dari situ lah pintu rejeki kita akan terbuka lebar.

8. Buat perencanaan pengeluaran bulanan dan catat setiap pengeluaran

Buat lah rencana untuk pengeluaran setiap bulannya. Dengan adanya perencanaan kita akan mempunyai daftar kebutuhan apa saja yang harus kita keluarkan dan berapa banyak uang yang kira-kira harus dikeluarkan. Selain itu kita harus mencatat semua pengeluaran kita, dengan begitu uang kita akan jelas dipakai untuk keperluan apa saja. Kadang kan kita suka bingung uang kita habis dipakai untuk apa, dengan mencatat pengeluaran kita hal itu ga bakalan terjadi Bro.

9. Berani

Jangan takut untuk melakukan hal-hal baru selama itu positif. Kalo Lo punya ide dan kemauan untuk membuka usaha mandiri maka jangan ragu untuk menjalankannya. Jangan pernah takut untuk bangkrut, ketakutan seperti ini lah yang akan menghambat kesuksesan Lo. Apalagi kalo Lo masih muda, kesempatan Lo masih banyak dan jalan masih terbuka lebar buat Lo.

Waktu ga akan pernah bisa di ulang. Kita harus bijaksana dalam menggunakan waktu kita. Daripada menyesal belakangan, ga ada salahnya 9 nasihat tadi kita terapkan dalam kehidupan kita agar masa depan kita dan anak-anak kita lebih baik tentunya.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini