gentlemancode.id
9 Tanda yang menunjukan bahwa keadaan keuangan Lo sedang bermasalah

9 TANDA YANG MENUNJUKAN BAHWA KEADAAN KEUANGAN LO SEDANG BERMASALAH

Published on Tuesday, 28 November 2017

Ngomongin masalah keuangan memang nggak ada habisnya, Bro. Disitu selalu dibahas gimana caranya ngebedain kebutuhan prioritas dengan kebutuhan yang memang tidak terlalu penting. Mengelola keuangan itu harus bijak, kita harus belajar untuk mengelola keuangan pribadi dengan baik agar nanti kita bisa hidup lebih sejahtera.

Tapi Bro, sebagian besar orang malah banyak yang mengalami masalah yang cukup serius dalam keuangannya, mulai dari terlalu banyak utang, hingga akhirnya mengalami masalah keuangan.

Memiliki gaji setiap bulan tidak menjadi jaminan untuk bisa hidup lebih mapan, karena semua tergantung dari pola keuangan yang Lo jalankan.

Gaya hidup yang konsumtif, terlalu mudah untuk berutang, akan membuat Lo mudah terjerumus kedalam masalah keuangan. Apa aja gejalanya kalo misalnya Lo sedang mengalami masalah keuangan? Simak ulasan berikut ya.

1. Jumlah Utang Lebih Dari 30 Persen Penghasilan

Berutang itu pada dasarnya boleh-boleh aja, namun ada batasannya, Bro. Usahakan utang tidak boleh melebihi 30 persen dari pendapatan Lo per bulan. Kalo yang terjadi malah sebaliknya, artinya keadaan keuangan Lo sebenarnya sedang Gawat!

2. Cari pinjaman untuk membayar utang

Gali lubang tutup lubang. Untuk menutupi utang yang satu, Lo kembali berutang untuk membayar utang Lo sebelumnya. Keadaan keuangan akan semakin berat Bro, ketika Lo terus-menerus berhutang.

3. Nggak Tahu Nilai Utang

Maksudnya gini Bro, Lo tahu kalo Lo sedang memiliki utang, tapi Lo nggak tahu berapa jumlah utang yang harus dibayar setiap bulannya. Dikarenakan Lo kurang perhitungan, alhasil tagihan Lo jadi bengkak dan membuat saldo tabungan Lo akhirnya jadi minim. Kalo udah gini berarti keadaan keuangan Lo udah ada dalam status awas, Bro.

4. Mendapat peringatan Kredit

Kalo Lo udah cukup sering ditelepon oleh pihak bank pemberi kredit, ini bisa jadi peringatan besar yang menunjukan bahwa keadaan keuangan Lo memang sedang bermasalah, Bro. Nah, sebaiknya jangan pernah telat untuk melakukan pembayaran karena kalo telat maka beban hutang Lo akan semakin besar.

5. Telat Bayar Tagihan

Karena Lo mungkin sedang memiliki masalah serius dalam keuangan Lo, akibatnya Lo mungkin akan telat dalam membayar tagihan. Karena sudah tidak ada uang, akhirnya uang tagihan tidak terbayarkan.

6. Pengajuan Kredit Ditolak

Ketika pengajuan kredit Lo ditolak, ini menunjukan bahwa masalah keuangan Lo udah serius banget, Bro. Kenapa ini bisa terjadi adalah karena Lo mungkin sebelumnya pernah mengalami kredit macet. Nah, bank itu punya Bro catatan keuangan Lo selama ini. Jadi, kalo sebelumnya Lo pernah mengalami kredit bermasalah maka besar kemungkinan pengajuan kredit Lo akan ditolak.

7. Tabungan Minim

Karena pengeluaran Lo banyak, alhasil jumlah tabungan Lo jadi sedikit. Kalo udah kaya gini, sebaiknya Lo mulai memikirkan cara untuk mendapatkan pendapatan tambahan, Bro. Selain itu, Lo juga harus mulai menerapkan gaya hidup hemat supaya keuangan Lo bisa kembali sehat.

8. Kartu Kredit Overlimit

Ketika Lo sering menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan Lo sehari-hari maka tanpa terasa jumlah transaksi yang Lo lakukan sudah melebihi limit kartu kredit Lo. Ketika ini terjadi, hati-hati Bro karena Lo bisa terjerumus kedalam hutang yang nggak selesai-selesai. Untuk menghindari hal ini, gunakan kartu kredit secara bijaksana supaya Lo nggak jatuh kedalam jebakan hutang yang akan menyusahkan hidup Lo.

9. Memiliki Banyak Kartu Kredit

Ketika Lo banyak memiliki kartu kredit dan Lo aktif menggunakan semua kartu kredit Lo untuk memenuhi kebutuhan Lo sehari-hari maka ini berarti Lo memang sedang mengalami masalah keuangan yang sangat gawat, Bro. Seperti yang Gw bilang tadi, gunakan kartu kredit dengan bijak jangan seenak jidat.

Nah itu dia tadi 9 tanda yang menunjukan kalo Lo sedang terjebak dalam masalah keuangan. Pesan Gw, bijaksanalah dalam menggunakan uang dan pintar-pintar lah dalam memilah mana itu kebutuhan dan mana keinginan.

Oke Bro, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini