gentlemancode.id
Bagaimana Menyambung Hidup Ketika THR Dan Gaji Sudah Habis Sebelum Waktunya

BAGAIMANA MENYAMBUNG HIDUP KETIKA THR DAN GAJI SUDAH HABIS SEBELUM WAKTUNYA

Published on Monday, 10 July 2017

Nah. Baca judul di atas, siapa di sini yang ngerasa senasib sama Gw? Pasti banyak deh, ngaku.. :D

Gak apa apa Bro, semoga THR dan gaji Lo dihabiskan untuk sesuatu yang berguna ya, seperti pada artikel ini: Maksimalkan THR Mu. Aamiin.

Lalu, gimana kalo THR dan gaji Lo udah habis, tapi baru tanggal segini?! Panik? Wajar, Bro! Tapi gak mesti Lo pikirin sampe gak bisa tidur kok, karena Gw punya beberapa cara buat Lo semua agar bisa berhasil menyambung hidup hingga tanggal gajian nanti. Gimana sih caranya, penasaran? Simak baik-baik nih, Bro!

1. Bawa Bekal

Selain sehat, ini juga ngebantu banget buat ngirit Bro, karena berdasarkan riset, budget untuk urusan perut itu bisa 40% loh dari total budget! Minta nyokap atau mbak siapin bekal buat Lo tiap pagi, atau Lo juga bisa kok, bangun lebih pagi dari biasanya dan siapin bekal untuk Lo bawa. Perut kenyang, dompet tenang, makanan enak dan pasti terjamin kebersihannya. Nice!

2. Naik Kendaraan Umum Ke Kantor

Coba nih Bro, sekalian biar tau kondisi kendaraan umum kita yang sudah lumayan bagus banget dan nyaman. Untuk hal ini Lo bisa hitung sendiri ya apakah lebih irit naik umum atau bawa kendaraan sendiri.

3. Hindari Undangan Hang-out Untuk Sementara

Percaya deh, sekali hang-out Lo bisa menghabiskan Rp. 100-200 ribu kan? Minimal Rp.50.000 pasti keluar deh Bro! Coba hitung berapa kali Lo hang-out, wah wah wah. Gini aja Bro, tunda dulu rencana Lo join hang-out. Atau undang aja temen-temen Lo ke rumah, kalo memang pengen kumpul-kumpul. Sekalian suruh bawa makanan juga Bro :D :D

4. Kurangi Merokok Bagi Para Perokok

Nah ini pasti sulit nih, bener gak? Minimal, coba untuk kurangi dulu Bro, untuk berhenti sekaligus pasti ada tahapannya. Tapi Lo mesti cobain sih untuk berusaha berhenti merokok, karena efeknya baik banget untuk kesehatan plus untuk dompet. Pasangan Lo juga pasti lebih seneng deh kalo Lo berhasil berhenti merokok.

5. Hindari Jajan Sore Hari Di Kantor

Gw paham nih, jam-jam sore gitu, pasti biasanya banyak dari Lo yang semacam pengen nyemil, se-simple nyemil roti dan kopi atau mie instan. Nah, jajanan macam begini selain kurang sehat karena bisa menimbulkan terjadinya penumpukan kadar gula yang bisa membuat Lo ngantuk, jajanan seperti ini juga gak baik untuk dompet Lo karena secara gak sadar Lo akan mengeluarkan budget ekstra untuk biaya harian Lo. Gak percaya? Coba deh tahan keinginan Lo buat ngemil, dan minum air putih sebanyak-banyaknya instead, karena air putih bisa bikin Lo ngerasa full sehingga jadi malas ngemil.

6. Makan Malam Di Rumah

Buat Lo yang punha kebiasaan lembur tapi lemburnya karena malas pulang, coba deh pulang tenggo dari kantor biar bisa makan malam di rumah. Balik lagi Bro, perut kenyang, dompet tenang, makanan enak dan pasti terjamin kebersihannya.

7. Jadwal Nge-date Weekend

Hmm, yang ini agak tricky nih Bro. Karena kadang ada aja tempat yang ingin lo kunjungi, atau film yang kalian pengen tonton, atau restoran baru yang dia ingin coba. Untuk sementara, Lo kunjungi dulu aja rumahnya, jadi pacaran di rumah gitu, Bro. Tapi jangan macem-macem lu Bro :D minimal kalo di rumah kan ada orang tuanya dia, nah Lo bisa ajak dia nonton series favorit Lo melalui fitur streaming. Jangan lupa cemilan ya bro, biar nontonnya gak manyun :D

8. Batasi Uang Tunai Yang Lo Bawa Di Dompet

Karena adanya uang yang berlembar-lembar akan bikin Lo ngerasa selalu "punya uang", jadi pengeluaran Lo bisa tidak berbatas. Lain halnya kalo Lo hanya bawa uang yang terbatas, Lo akan lebih bijak dalam memikirkan "akan Lo habiskan untuk apa uang itu?". Karena ketika habis, Lo tidak punya cadangan lain.

9. Tinggalkan Kartu Debit/Credit Di Rumah

Karena sesungguhnya kartu-kartu itu bahaya banget Broo! Kalo di bawa terus, Lo bisa-bisa tergoda untuk menggunakannya terus menerus.

10. Tabung Sisa Uang Setiap Harinya

Terakhir nih Bro, tapi penting banget. Setiap uang yang Lo bawa tiap hari ke kantor, kalo ada sisanya, langsung Lo masukkin dompet khusus atau celengen deh! Akhir bulan nanti, liat jumlahnya berapa, pasti lumayan Bro kalo Lo berhasil melakukan setiap langkah di atas :)

Nah kurang lebih itu tips dari Gw. Pasti berguna kalo Lo bisa ngelakuinnya dan bisa ngontrol diri Lo. Tips ini bisa dilakukan dalam keadaan apapun dan kapanpun loh, gak mesti tunggu lagi "kekurangan" aja :)

Good luck menyambung hidup, Bro!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini