gentlemancode.id
Bijaksana Dalam Berbelanja Kebutuhan Lebaran

BIJAKSANA DALAM BERBELANJA KEBUTUHAN LEBARAN

Published on Friday, 01 July 2016

Seperti kita ketahui, tanggal-tanggal sekarang ini merupakan tanggal dimana perusahaan membagikan uang tunjangan hari raya kepada karyawan-karyawannya atau kita lebih mengenalnya dengan sebutan THR. Jumlah THR biasanya sama dengan jumlah gaji pokok yang kita terima. Misalkan gaji kita 20.000.000 maka THR yang kita dapat kurang lebih adalah 20.000.000. Jadi bisa dipastikan pendapatan kita bulan ini akan jauh lebih besar dibandingkan bulan-bulan yang lainnya. Asik ya Bro?

Pendapatan yang lebih besar dari biasanya ini terkadang membuat kita khilaf untuk memenuhi keinginan-keinginan yang sudah terpendam beberapa waktu yang lalu. Tanpa pikir panjang kita pun membeli barang barang yang sebetulnya tidak perlu. Ini tentu bahaya, karena kekeliruan ini akan membuat sengsara di masa depan nanti. Pengeluaran yang tidak terkontrol akan menyebabkan masalah keuangan yang pelik yang akan menggangu ketentraman hidup Kita.

Untuk menghindari masalah tersebut, ada baiknya Bro mempertimbangkan untuk melakukan beberapa tips berikut.

1. Rencanakan pengeluaran dengan baik

Buatlah daftar kebutuhan yang harus Bro penuhi untuk memenuhi kebutuhan lebaran. Ini penting, karena dengan begitu Bro akan membuat perkiraan pengeluaran yang harus dikeluarkan. Sehingga Bro mempunyai acuan dalam mengeluarkan uang.

2. Setelah membuat rencana, Bro harus berkomitmen untuk tidak keluar dari rencana yang sudah dibuat

Ketika Bro sudah berkomitmen dengan rencana yang sudah dibuat, maka disipilin menjadi kunci utama untuk tetap berada didalam jalur. Apabila tidak demikian, maka rencana yang sudah Bro buat akan percuma. Pengeluaran menjadi tidak terkendali.

3. Bandingkan harga untuk jenis barang yang sama dengan tempat lain

Apabila Bro berencana ingin membeli sepasang sepatu, cobalah Bro bandingkan harga sepatu tersebut dengan beberapa seller lainnya. Ambilah yang kira-kira memberikan harga lebih murah, atau menawarkan diskon ataupun promo. Ini akan menghemat jumlah pengeluaran. Lumayan kan Bro?

4. Jangan tergiur oleh diskon

Terkadang kita suka tergiur dengan diskon yang ditawarkan oleh para penjual, sehingga kita membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan dan tidak ada dalam rencana kita. Kembali kepada tips nomor 2 tadi, kita harus berkomitmen dengan rencana yang telah kita buat. Jangan sampai perencanaan yang sudah kita susun hancur gara-gara tergiur oleh promo atau diskon.

5. Selalu ingat hari esok, karena hidup bukan hanya untuk hari ini

Ingat Bro, masih ada hari esok yang menunggu kita. Tanggal gajian masih lama. Apabila kita tidak mengendalikan pengeluaran kita maka kita akan bangkrut Bro. Ga mau kan sengsara?

5 tips tadi hanya sebagian kecil dari banyak hal yang Bro bisa lakukan untuk mengendalikan pengeluaran ketika berbelanja. Bijaksana dalam berbelanja akan membantu kita menjalani hari-hari kita selanjutnya. Cheers.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini