gentlemancode.id
Cara Pintar Menabung Selain di Bank

CARA PINTAR MENABUNG SELAIN DI BANK

Published on Friday, 03 November 2017

Semakin dewasa seseorang maka akan semakin besar dan banyak kebutuhannya. Mulai dari kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan sampai kebutuhan-kebutuhan sekunder dan tersier yang meliputi liburan, bersosialisasi dengan teman, rumah, mobil dan lain-lain.

Untuk itu, terkhusus buat pria. Lo harus bisa pintar-pintar mengatur pengeluaran Bro. Jangan sampai kalimat "tanggal tua" menghantui Lo setiap bulan, jangan sampai Lo gak bisa bersosialisasi sama sahabat Lo karena alasan "lagi gak ada duit".

Ini bukan tentang berapa pendapatan Lo, ini adalah tentang pengeluaran dan gaya hidup. Berapapun besarnya pendapatan yang Lo dapat setiap bulan, bakalan habis juga di akhir bulan kalau Lo punya gaya hidup yang konsumtif. Fatal banget kalau Lo gak bisa nabung setiap bulan karena mengikuti gaya hidup lo.

Banyak cara untuk menabung selain di bank. Kalau di bank, kemungkinan duit itu Lo ambil sangat besar Bro karena banyaknya ATM di sekitar kita. Nah gimana caranya buat punya tabungan selain di bank? Inilah lima cara pintar menabung selain di bank versi gentlemancode.id:

1. Saldo di Market Place

Lo udah gak asing kan dengan kata Market Place? Kehadiran market place beberapa tahun ini yang menggunung memberikan Lo banyak pilihan untuk membeli dan menjual barang yang Lo punya. Nah, daripada ngabisin duit terus-terusan buat belanja di market place, mendingan Lo coba jualan di sana Bro! cara gampangnya ya Lo jual barang bekas yang udah gak kepake. Lo tinggal pilih, mau Tokopedia, Bukalapak, Prelo, dan masih banyak lagi

Website-website tersebut menyediakan fitur "dompet" di dalamnya yang akan terisi ketika Lo barang yang Lo jual tersebut laku dan sampai ke tangan pembeli. Dompet tersebut akan secara otomatis terisi sesuai dengan nilai transaksi yang Lo lakuin.

Jangan diambil saldonya, biarkan mengendap saja Bro di sana karena sewaktu-waktu Lo butuh uang, Lo bisa dengan mudah menarik uang tersebut ke rekening bank yang Lo daftarkan.

2. Saku celana

Keliatannya sepele dan tradisional banget sih. Tapi cara ini sering memberikan kejutan Bro! Pasti Lo pernah waktu lagi gak ada duit atau belum ambil duit ke ATM tapi butuh beli sesuatu. Seringkali Lo lupa kalau Lo pernah naruh uang di dalam saku celana Lo. Lo bisa banget untuk disiplin naruh minimal 20,000 di dalam saku celana Lo sebagai uang cadangan.

Tapi jangan sampai kecuci ya celananya!

3. kantong tas

Prinsipnya sama dengan kantong celana. Tas Lo pasti punya kantong kecil yang kegunaannya emang buat naruh barang-barang yang lebih kecil dan takut susah dicari kalau ditaruh di kantong utama.

Nah, taruh uang di situ Bro minimal 20,000 sebagai uang cadangan lo. Ketika Lo lagi butuh uang Lo tinggal ambil deh simpanan itu di tas lo, tapi jangan lupa kalau udah ambil uang lagi Lo harus refill simpanan yang ada di tas.

4. Minjemin teman

Cara ini bisa gampang-gampang susah sebenarnya. Kalau ada teman Lo yang butuh uang dan kebetulan Lo lagi ada uang tambahan, gak ada salahnya untuk minjemin dia!

Selain Lo membantu memudahkan teman Lo itu, Lo jadi punya "tabungan" gak resmi di teman Lo, yang satu saat bisa ditagih waktu Lo butuh. Tapi waktu minjemin, jangan lupa bikin perjanjian sama teman Lo itu kapan dia bisa balikin, atau bikin perjanjian kalau utangnya akan ditagih kalau Lo lagi ga ada uang.

5. Tabungan Bank Berjangka

Sebenarnya sih nomer lima ini tetap nabung di bank. Tapi ada layanan yang namanya tabungan berjangka Bro, atau dengan kata lain Lo gak bisa ambil uangnya seenaknya.

Biasanya tabungan berjangka punya pilihan waktu mulai dari satu, dua, lima atau sepuluh tahun baru bisa Lo ambil uangnya. Dengan catatan Lo regularly setor sejumlah uang yang sudah disepakati sebelumnya.

Lo mulai dari setahun dulu aja, kalau Lo nabung 1.000.000 per bulan, makan tahun depan tabungan Lo udah 12.000.000, Bro! Lumayan banget kan!

Nah itu tadi lima cara pintar menabung selain di bank (kecuali nomer 5, hehe). Lo punya cara lain gak selain di atas? Share di kolom komen di bawah Bro biar orang lain yang baca jadi punya lebih banyak pilihan.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini