gentlemancode.id
Dampak Buruk Pinjaman Online

DAMPAK BURUK PINJAMAN ONLINE

Published on Wednesday, 03 April 2019

Di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapatkan, bener nggak? Mau pergi kemana tinggal order ojol, mau makan apa tinggal pesan, mau belanja tinggal buka e-commerce, gampang banget. Dalam hal pinjam meminjam, kita juga sudah diberikan kemudahan lewat banyaknya pinjaman online yang ditawarkan. Kalo dulu Lo harus ke bank untuk pinjem uang, skrg nggak perlu, bro. Lo hanya tinggal install aplikasi, isi data, dan langsung uang bisa segera masuk ke rekening Lo. Enak kan? Kelihatannya sih enak, tapi banyak diantara pinjaman online ini merugikan.

Dilansir dari liputan6.com, banyak sekali laporan masyarakat yang diterima oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, bahwa pinjaman online ini telah melanggar hukum yang ditetapkan.

Menurut LBH, sekitar 283 korban pinjaman online sudah mengadukan berbagai bentuk pelanggaran hukum yang di lakukan oleh para pelaku bisnis ini. Salah satunya adalah cara penagihan kepada konsumen yang dianggap tidak patut untuk dilakukan.

Nah, buat Lo yang punya niat untuk mengajukan pinjaman lewat pinjaman online, Lo harus mempertimbangkan beberapa hal ini:

1. Bunga Pinjaman Online Pasti Jauh Lebih Besar dari Bank

Untuk lembaga resmi seperti bank, pemerintah sudah menetapkan standar bunga pinjaman yaitu  3 persen per bulan. Nggak boleh lebih. Tapi, berbeda dengan pinjaman online, karena baru, pemerintah belum memiliki aturan yang baku tentang besaran bunganya. Inilah yang kemudian membuat banyak pinjaman online kaleng-kaleng yang memasang bunga yang tinggi, bahkan ada yang sampe 1 persen per hari.

Kalo Lo nemu pinjaman online yang model bunganya kaya gini, mendingan Lo hindari, bro.

2. Tidak semua pinjaman online terdaftar di OJK

Saat ini, banyak banget pinjaman online yang belum terdaftar di OJK. Dari data OJK, hanya ada 88 pinjaman online yang sudah ada di bawah pengawasan mereka. Kalo Lo maksain diri untuk minjem duit di pinjaman online yang belum terdaftar di OJK, otomatis pinjaman Lo akan lebih berisiko.

3. Setiap Aplikasi Pinjaman Online akan mengakses data pribadi Lo

Selain soal bunga, banyak nasabah aplikasi pinjaman online yang mengeluhkan data pribadi mereka yang disebarluaskan. Bahkan perusahaan pinjaman online tersebut bisa mengakses daftar kontak yang ada di HP Lo, dan menghubungi orang-orang tersebut.

Nah bro, Lo perlu tahu dan mengerti hal ini karena akses data nasabah itu pasti dilakukan oleh semua aplikasi pinjaman online, karena proses verifikasinya dilakukan secara online. Untuk setiap proses pengajuan pinjaman, setiap aplikasi pinjaman online pasti akan meminta persetujuan Lo untuk mengakses data. Kalo Lo ngasi izin, ya otomatis aplikasi pinjaman online tersebut bakalan bisa ngebaca data pribadi di dalam HP Lo.

Yang jadi masalah adalah ketika pihak perusahaan pinjaman online tersebut menggunakan data-data Lo secara tidak benar. Misal ngehubungin orang-orang yang ada di daftar kontak Lo dan kemudian mempermalukan Lo, atau melakukan penagihan dengan cara meneror Lo. Lo pasti nggak pengen kan kaya gini? 

Nah bro, meskipun kelihatannya aplikasi pinjaman online itu bisa memberikan kemudahan buat Lo, sebaiknya sih Lo hindari aja karena risikonya sangat-sangat nggak enak buat Lo.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini