gentlemancode.id
Ini bedanya orang irit sama orang pelit, Lo yang mana nih?

INI BEDANYA ORANG IRIT SAMA ORANG PELIT, LO YANG MANA NIH?

Published on Monday, 19 February 2018

Hemat adalah kebiasaan yang harus dimiliki olah setiap orang supaya uang yang kita hasilkan bisa tersimpan dengan aman tanpa keganggu sama hal-hal lain yang akan menghabiskan uang tabungan. Untuk itu, Lo harus punya sifat irit bro supaya Lo bisa menghemat penggunaan uang Lo. Tidak hanya menuruti keinginan doang, tapi Lo harus bisa untuk menyimpan uang Lo untuk kebutuhan Lo nanti di masa yang akan datang supaya nanti nggak kesulitan.

Sifat pelit berbeda dengan irit, dimana sifat seperti ini cenderung nggak mau rugi dan malah akan nyusahin orang lain. Pelit merupakan suatu bentuk kepribadian yang tidak disukai oleh banyak orang sehingga biasanya orang-orang pelit sangat sulit memiliki teman apalagi teman akrab. Hal ini terjadi karena mereka cenderung mengambil keuntungan dari orang lain, sementara mereka sendiri nggak mau rugi.

Nah, kira-kira apa sih perbedaan sifat irit dan pelit? Coba Lo perhatikan penjelasan dibawah ini.

1. Orang irit memberi sesuai dengan kondisi dan kebutuhan, sedangkan orang pelit enggan memberi

Orang yang memiliki sifat irit tetap mampu memberi meskipun mungkin jumlahnya tidak besar. Beda dengan orang pelit, mereka cenderung tidak suka memberi. Kalo pun mereka memberi, maka mereka akan selalu mengungkit setiap pemberiannya kepada orang yang ia beri.

2. Orang irit hanya membeli barang yang memang dibutuhkan, orang pelit hanya membeli barang ketika ada diskon

Orang irit hanya membeli barang-barang yang memang mereka butuhkan. Ada diskon atau tidak, kalo itu dibutuhkan maka mereka akan tetap membelinya. Nah, kalo orang pelit beda bro. Mereka hanya akan belanja ketika barang tersebut ada diskonnya. Emang sih diskon itu selalu memberikan daya tarik tersendiri untuk para pembeli. Tapi, kalo Lo hanya membeli barang diskon doang sementara menolak barang yang tidak diskon padahal dibutuhkan, maka itu artinya Lo pelit.

3. Orang irit bisa merasakan hidup yang lebih tenang, orang pelit sering merasa tidak tenang

Orang yang irit cenderung akan lebih tenang hidupnya karena kehidupan mereka lebih terencana khususnya masalah keuangan. Hal itu karena mereka mampu menahan diri sehingga uang mereka tidak habis untuk hal-hal yang tidak diperlukan. Sementara orang pelit sering merasa hidupnya tidak tenang karena dalam pikirannya selalu ada ketakutan bahwa suatu saat hartanya akan habis.

4. Orang irit mau untuk mengeluarkan biaya bersama, orang pelit tidak mau mengeluarkannya meskipun itu kebutuhan bersama

Ketika hendak makan bersama, menanggung biaya secara bersama-sama tentu akan lebih meringankan. Nah, orang irit tidak akan keberatan dengan hal ini karena itu berarti biaya yang harus dia tanggung tidak akan terlalu besar. Berbeda dengan orang pelit,  mereka pasti akan sulit untuk mengeluarkan uangnya padahal jelas-jelas itu akan dinikmati bersama. 

5. Untuk urusan tip orang irit akan memberikan tip sesuai kualitas layanan, sedangkan orang pelit akan malas untuk memberikan tip

Ketika kita menggunakan jasa suatu layanan, adalah hal yang wajar ketika kita memberikan uang tip. Nah, orang yang irit tidak akan segan untuk memberikan uang tip pada orang yang sudah memberikan layanan tersebut sesuai dengan kinerjanya. Beda sama orang pelit, mereka akan malas untuk memberikan uang tip sekalipun layanan yang sudah dia terima sudah sangat bagus.

6. Orang irit mengutamakan kualitas, orang pelit mengutamakan harga termurah

Orang irit rela mengeluarkan uang lebih demi mendapatkan barang dengan kualitas yang lebih baik selama itu memang dibutuhkan. Berbeda dengan orang pelit yang biasanya lebih memilih barang dengan harga murah meski tidak dibarengi dengan kualitas yang baik. 

7. Orang irit memperhitungkan segala sesuatunya hanya di awal saja, orang pelit selalu perhitungan terus-terusan

Satu-satunya persamaan antara orang irit dan orang pelit adalah sama-sama perhitungan. Tapi, orang irit hanya memperhitungkan segala sesuatunya di awal saja. Sedangkan orang pelit selalu perhitungan dari awal sampe akhir. 

8. Orang irit menyisihkan sebagian uangnya, orang pelit menabung semua uangnya

Menabung itu emang penting, tapi kalo Lo menabung semua uang Lo maka itu hanya akan menyiksa diri, bro. Orang irit hanya akan menabung sebagian uangnya, sedangkan sebagian lainnya akan dinikmati untuk kebutuhan dan kesenangan mereka, karena percuma kalo uang banyak tapi nggak bisa dinikmati. Sementara itu, orang pelit akan menabung semua uangnya dan enggan untuk menikmatinya. 

Siapa bilang irit dan pelit itu tipis bedanya? 8 hal tadi adalah bukti bahwa orang irit dan orang pelit memiliki perbedaan yang sangat jauh berbeda. Nah, Lo termasuk yang mana nih?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini