gentlemancode.id
Inilah Dampak Negatif Memiliki Kartu Kredit

INILAH DAMPAK NEGATIF MEMILIKI KARTU KREDIT

Published on Tuesday, 01 August 2017

Kartu kredit kadang memang sewaktu-waktu bisa menyelamatkan Lo, Bro. Tanpa perlu uang cash, dengan kartu kredit Lo bisa dapet apa yang Lo mau sesuai dengan limit yang Lo punya. Tapi Gw kasih tau sama Lo nih, kalo itu cuma sementara. Setelah itu Lo akan dihantui oleh hutang dan bunga yang diberikan oleh bank penerbit kartu kredit Lo.

Memiliki sumber dana darurat memang menyenangkan, Bro. Lo bisa pake dana tersebut untuk memenuhi kebutuhan darurat Lo. Sekarang nggak cuma kalangan kelas atas aja yang bisa punya kartu kredit, kelas menengah pun banyak yang apply kartu kredit untuk menunjang gaya hidup mereka. Di luar manfaatnya yang memang bisa mempermudah hidup Lo, kartu kredit juga sebenernya punya dampak negatif kalo Lo nggak bijaksana dalam menggunakannya! Apa saja dampak negatif dari kartu kredit? Yuk simak ulasannya, Bro!

1. Membuat Kita Menjadi Boros

Pola hidup konsumtif memang nggak bisa dilepaskan dari gaya hidup modern yang serba praktis kaya sekarang ini, Bro! Terlebih saat ini telah banyak toko online yang menyediakan cara pembayaran menggunakan kartu kredit yang bisa diakses via mobile, kapan dan di mana saja. Secara nggak sadar kita akan menjadi konsumtif jika melirik toko online dengan kemudahan transaksi yang diberikan. Nggak cuma itu, penyedia layanan kartu kredit biasanya menyedikan promo menarik pada merchant-merchant tertentu, dimana kalau kita selalu lapar mata, kita bisa aja kemakan promo, Bro! Memang sih, kepuasan secara fisik dan psikoLogis terpenuhi, tapi jika kita selalu lapar mata tagihan kartu kredit Lo akan membengkak, Bro!

2. Membuat Kita Lupa Batas Kemampuan Diri

Semua kemudahan yang ditawarkan dalam bertransaksi menggunakan kartu kredit, bisa membuat kita jadi lupa batas keuangan kita. Dengan gampangnya kita menggesekkan kartu plastik itu tanpa memikirkan berapa banyak uang yang masih kita miliki. Hal ini akan membuat hutang kita tertumpuk terus menerus sampai jadi besar dan akhirnya sulit untuk melunasinya. Jangan sampai begitu ya, Bro!

3. Membuat Ilusi Kehidupan Yang Menipu

Ketika Lo punya kartu kredit, Lo akan merasa bisa membeli segalanya, ilusi ini sangat berbahaya, Bro! Ketika Lo nggak sadar bahwa prinsip kartu kredit ini adalah hutang yang ditangguhkan. Bagi pengguna kartu kredit yang seenaknya dalam menggunakannya, ilusi kenyamanan hidup membuat penggunanya terjebak dalam jebakan kartu kredit yang justru membuat Lo terperosok dalam hutang.

4. Membuat Lo Mudah ditipu

Penipuan kartu kredit sekarang ini marak, Bro! Apalagi kalau Lo suka belanja online. Dengan memasukkan nomor kartu kredit, barang yang Lo pengen pun bisa Lo dapet. Kemudahan transaksi ini dapat berdampak negatif ketika Lo memberikan nomor rekening kita pada orang lain, karena dengan nomor tersebut, orang lain juga bisa melakukan transasksi tanpa sepengetahuan kita. Jadi, hati-hati ketika memberikan informasi kartu kredit kita kepada orang atau website belanja online ya, Bro!

5. Membuat Nama Baik Lo jadi Tercemar

Nama Lo akan menjadi tercemar jika Lo punya tunggakan tagihan kartu kredit, Bro! Kenapa? dengan adanya tunggakan yang Lo punya, bank akan melakukan segala cara agar Lo membayarkan tagihan tersebut, termasuk dengan mendatangkan debt collector. Melalui debt collector, bank akan melakukan apa saja supaya Lo segera membayar hutang Lo, mulai dari meneror ke rumah, hingga penyitaan barang-barang berharga hingga aset pribadi. Serem kan? Inget Bro, jangan sampai tagihan Lo bengkak ya!

Nah itu dia Bro, dampak negatif dari memiliki kartu kredit. Semua kembali ke bagaimana Lo memfungsikan kartu kredit Lo, Bro. Kalo Lo menggunakan dengan bijak, Lo akan mendapatkan manfaatnya. Begitupun sebaliknya, kalo Lo nggak hati-hati dalam bertransaksi, Lo akan merasakan dampak negatifnya. Jadi, ketika Lo berani berhutang, Lo juga harus siap untuk membayarnya! Tetap hati-hati Bro, semoga Lo bisa bijak menggunakan kartu kredit ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen Lo ya, Bro!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini