gentlemancode.id
Inilah Penyebab Susahnya Mengatur Uang

INILAH PENYEBAB SUSAHNYA MENGATUR UANG

Published on Thursday, 28 December 2017

Pernah nggak Bro Lo ngalamin dimana uang Lo habis nggak tahu habis dipake buat apa? Gaji habis, tabungan nggak ada, hutang udah sedada. Seakan-akan gaji Lo cuman numpang lewat doang, nggak permisi dan tanpa basa-basi.

Gw rasa, cowok sering banget ngalamin keadaan ini. Kenapa? Karena banyak diantara kita yang kesulitan dalam mengatur keuangan sehingga uang yang kita peroleh selalu habis nggak tersisa. Padahal, kalo kita mampu disiplin untuk berhemat dan nabung Gw rasa tabungan Lo sekarang udah lumayan. Bener nggak?

Kalo kita nggak bisa ngatur uang emang akan seperti itu Bro. Ibarat Lo mau ngambil air pake gayung yang bocor, airnya pasti nggak akan keambil, bocor lagi bocor lagi. Nah uang tuh kaya gitu kalo kita nggak bisa ngatur, seberapa pun gede gaji Lo kalo Lo nggak bisa ngaturnya maka Lo pasti akan selalu ngerasa kurang karena uang Lo habis lagi habis lagi.

Nah, semua yang terjadi sama kita itu pasti selalu ada sebabnya nggak mungkin engga. Begitupun masalah keuangan Lo, Bro. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal pertama yang harus Lo ketahui adalah apa penyebab masalah keuangan Lo. Setalah itu, baru Lo akan tahu apa langkah selanjutnya yang harus Lo ambil untuk mengatasi masalah tersebut.

Dibawah ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebab masalah keuangan yang menyebabkan Lo jadi susah buat ngatur keuangan Lo. Apa aja? Simak baik-baik penjelasannya, Bro!

1. Terlalu optimis

Maksudnya gini Bro, ketika Lo lagi nafsu-nafsunya beli ini itu menuhin keinginan Lo, biasanya suka ada pikiran kaya gini nih "tenang aja nanti keganti kok dari sini dari sono dari si ini dari bla bla bla", yang mana itu menjadi pembenaran untuk Lo mengeluarkan uang Lo. Padahal, belum tentu apa yang Lo pikirkan itu beneran terjadi dan malah seringnya sih engga, Bro. Sikap terlalu optimis ini akhirnya akan menjerumuskan Lo kedalam masalah keuangan yang serius kalo misalnya jadi kebiasaan. Untuk itu, Lo harus buang jauh-jauh pikiran seperti itu dan pikirkan lah kondisi terburuknya sehingga Lo bisa mengerem keinginan Lo untuk membeli sesuatu.

2. Tergoda potongan harga

Ini juga sering jadi pembenaran nih ketika berbelanja, alesannya adalah "mumpung murah kapan lagi bisa dapet harga segini". Iya sih, sekilas emang terlihat murah. Tapi semurah-murahnya harga diskon pada dasarnya itu adalah ilusi, Bro. Diskon itu akan memberikan sugesti sama Lo bahwa barang tersebut murah padahal mah engga. Kalo Lo sampe tergoda, maka perencanaan keuangan yang udah Lo buat otomatis akan terganggu. Nah, disini Lo harus punya batasan mana barang yang Lo butuh dan mana yang tidak. Kalo misalnya nggak butuh sebaiknya jangan beli meskipun ada potongan harga.

3. Mengikuti Gengsi

Tuntutan gaya hidup yang terjadi entah itu di tempat kerja atau tempat Lo bersosialisasi juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah keuangan, Bro. Ketika kita ingin memiliki mobil mewah, gadget mahal, atau pakaian-pakaian branded, maka itu semua akan membuat Lo menjadi orang yang sangat boros. Dan ketika Lo udah boros, maka akan sangat sulit untuk mengatur keuangan Lo, kecuali Lo udah berhenti dari kebiasaan boros Lo. Mengikuti gengsi demi gaya hidup hanya akan mebuat Lo sengsara Bro, bayangin aja Lo bela-belain beli ini itu hanya untuk membuat orang lain terkesan padahal Lo menderita masalah keuangan

4. Nggak bisa bilang tidak

Biasanya ini terjadi sama orang yang nggak enakan, Bro. Misal, ada orang nawarin barang jualannya, kerena nggak enak akhirnya beli padahal sebenernya uang dia pas-pasan. Atau, misal ada orang yang mau pinjem uang, karena nggak enak akhirnya dikasih pinjem deh. Kebiasaan nggak bisa bilang tidak ini sebenernya akan banyak ngerugiin Lo, karena Lo lebih mementingkan kepentingan orang lain padahal Lo nya juga susah. Nolong orang boleh-boleh aja, bagus malah. Tapi kalo sekiranya Lo jadi menderita sebaiknya jangan dipaksain Bro atau Lo bantu semampunya Lo karena Lo nggak harus mengiyakan semua permintaan orang.

5. Tidak mencatat pengeluaran

Catatan pengeluaran akan membantu kita dalam membuat anggaran bulanan. Membuat anggaran bulanan adalah salah satu hal yang harus kita lakukan dalam rangka mengatur keuangan kita. Tanpa mencatat pengeluaran, sulit untuk kita membuat perencanaan keuangan. Untuk itu, catatlah semua pengeluaran yang Lo butuhkan selama satu bulan  dan buat anggaran untuk setiap bulannya agar pengaturan keuangan bisa berjalan dengan lancar.

Uang itu kalo nggak kita atur akan cepet banget habisnya. Untuk itu, kita perlu mengatur keuangan kita dengan baik. Nah, mengatur keuangan itu bukan hal gampang, perlu tekad yang kuat dan juga disiplin yang tinggi untuk menjalankannya. Biar Lo bisa mengatur keuangan Lo dengan baik, maka 5 hal tadi harus Lo hindari supaya Lo tidak terjerumus kedalam permasalahan keuangan yang serius.

Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini