gentlemancode.id
Manfaat Investasi Untuk Masa Depan Finansial Yang Lebih Baik

MANFAAT INVESTASI UNTUK MASA DEPAN FINANSIAL YANG LEBIH BAIK

Published on Monday, 15 August 2016

Pada dasarnya setiap orang perlu melakukan investasi, karena dengan melakukan investasi kita dapat mempertahankan dan memperbanyak kekayaan yang dapat digunakan sebagai jaminan di masa yang akan datang. Banyak sekali jenis investasi yang bisa Anda lakukan, yang paling umum dilakukan oleh masyarakat umum adalah menabung. Selain menabung banyak juga jenis investasi lainnya yang bisa kita lakukan seperti membeli rumah, emas, tanah dan lain sebagainya.

Pengertian Investasi?

Secara sederhana investasi bisa diartikan sebagai salah satu bentuk penanaman modal dengan tujuan pembelian asset yang diharapkan bisa mendatangkan keuntungan di masa mendatang. Sebetulnya istilah investasi tidak hanya dikaitkan dengan bidang ekonomi dan bisnis saja, tapi juga bisa dikaitkan dengan berbagai macam aktivitas lainnya. Umumnya, aktivitas investasi sejumlah dana berupa asset real berupa mesin, emas, tanah, obligasi maupun asset finansial berupa deposito atau saham. Investasi bisa dijadikan salah satu pilihan untuk memperoleh penghasilan lebih tinggi di kemudian hari. Yang terpenting dari penanaman investasi adalah harus memiliki ketersediaan dana atau asset dan harus bisa berkomitmen untuk mengikatkan asset.

Manfaat Investasi

Banyak sekali manfaat investasi yang bisa kita dapatkan di masa yang akan datang. Diantaranya adalah:

1. Melindungi uang atau aset Anda dari kenaikan inflasi

Inflasi selalu terjadi setiap tahun. Data menunjukkan bahwa pada tahun 2013 lalu, tingkat inflasi di Indonesia mencapai 8,38%. Sementara itu, dalam lima tahun terakhir (2009-2014), tingkat inflasi di Indonesia mencapai 29,52%. Karena itu, jika Anda tidak mananamkan uang Anda pada investasi, maka uang Anda akan tergerus nilainya terus menerus sebesar tingkat inflasi tersebut.

Contoh nyata dari inflasi tersebut adalah jika pada tahun 2000 Anda bisa membeli dua buah bakwan goreng dengan uang Rp 1.000, maka pada 2014 uang Anda yang Rp 1.000 itu hanya sanggup membeli satu buah bakwan goreng. Jumlah uang Anda tetap, tetapi daya beli uang Anda melemah. Karena itulah Anda perlu menyimpan uang pada sebuah investasi.

Nilai uang yang Anda simpan pada investasi akan meningkat sesuai dengan kenaikan inflasi, sebab nilai sebuah investasi juga akan meningkat seiring dengan kenaikan inflasi itu sendiri. Sementara itu, jika Anda menyimpan uang di tabungan, bisa jadi nilainya tergerus karena inflasi. Sebab, suku bunga yang diberikan tiap tahun dari bank tidak akan pernah bertambah walaupun inflasi yang terjadi sangat tinggi. Dengan demikian, ketika harga-harga kebutuhan pokok meningkat tinggi, jumlah tabungan Anda hanya meningkat sedikit, tidak cukup untuk mengimbangi kenaikan inflasi.

2. Meningkatkan nilai aset atau kekayaan Anda

Manfaat lain dari investasi adalah untuk meningkatkan nilai kekayaan Anda. Kita ambil contoh, investasi pada deposito akan menambah 33,82% dari uang Anda, dengan instrumen investasi emas akan meningkat 45,88%, lalu 79,62% keuntungan dari investasi obligasi, dan 180,94% bila menggunakan saham sebagai instrumen investasi. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa investasi bisa mengalahkan inflasi yang 29,52%. Maka, apabila Anda berencana untuk menabung di masa depan, maka investasi adalah sarana yang tepat.

3. Memenuhi kebutuhan di masa depan

Anda tentu tidak akan pernah tahu kebutuhan Anda di masa yang akan datang. Kebutuhan seperti pendidikan anak, kesehatan, dan dana pensiun adalah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sedini mungkin. Investasi adalah hal yang wajib Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Mengalokasikan penghasilan Anda untuk investasi adalah langkah yang tepat untuk meningkatkan nilai kekayaan Anda. Banyak sekali manfaat yang akan Anda peroleh dari investasi, mulailah berinvestasi pada bidang yang Anda mengerti. Untuk mengetahui jenis-jenis investasi Anda bisa membacanya pada artikel ini http://www.gentlemancode.id/read/keuangan/7-Jenis-Investasi-Yang-Menguntungkan-Dan-Berguna-Untuk-Masa-Depan-Anda

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Referensi:
[1] https://www.aturduit.com/articles/manfaat-investasi-untuk-masa-depan-finansial-anda/
[2] http://www.zonanesia.net/2014/12/pengertian-investasi-menurut-para-ahli.html

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini