gentlemancode.id
Mau sampe kapan ngabisin duit?

MAU SAMPE KAPAN NGABISIN DUIT?

Published on Sunday, 12 March 2017

Kalo lagi banyak duit, kita cowok suka kalap dalam menggunakannya. Kita pake buat jajan, beli baju, nongkrong, seneng-seneng, liburan, beli baju kagi, jajan lagi, liburan lagi, dan akhirnya duitnya abis. Gak ada buat nabung, gak ada perencanaan keuangan, akhirnya nyesel deh belakangan. Pernah ngalamin gak Bro? atau lagi ngalamin? Gw rasa hampir semua cowok pernah ngalamin ini, susahnya ngatur pengeluaran membuat kita gak pernah bisa buat nabung, padahal kita udah merencanakannya berkali-kali namun susah banget buat ngejalaninnya. I feel you Bro :)

Emang susah sih Bro, kalo kita gak berkomitmen untuk menyisihkan uang kita untuk ditabung, bawaannya pasti aja pengen beli ini itu. Ada gadget baru, pengen. Ada motor model baru, pengen. Ada mobil tipe terbaru, pengen. Kalo ngikutin apa yang kita pengen mah emang gak bakalan ada ujungnya sih Bro, pasti gak akan ada puasnya. Ujungnya, duitnya abis lagi dan abis lagi.

Tapi Bro, meskipun susah, Lo harus tetep bisa ngebatesin pengeluaran Lo karena kalo gak gitu Lo gak akan punya simpenan buat masa depan Lo nanti. Buat biaya nikah, buat biaya membeli rumah, buat biaya kebutuhan istri dan anak, dan kebutuhan-kebutuhan penting lainnya. Jadi, sampe kapan Lo mau ngabisin duit Lo?

Coba kita renungkan hal-hal berikut ini deh Bro, apakah harus kita memenuhi semua keinginan kita tanpa memikirkan kebutuhan kita nanti?

1. Hari ini mungkin Lo masih bekerja, besok atau lusa belum tentu

Apa yang akan terjadi nanti kita gak pernah tau Bro. Saat ini mungkin Lo udah nyaman dengan pekerjaan Lo, Lo pun nyaman dengan perusahaan tempat Lo bekerja, dan Lo ngerasa udah aman dengan pekerjaan Lo saat ini. Tapi, kita gak pernah tau Bro sampe kapan kita bisa bekerja disana? PHK (pemutusan hubungan kerja) bisa terjadi kepada siapa saja, apalagi buat Lo yang bekerja di sektor swasta. Coba deh bayangkan gimana kalo itu terjadi ama Lo, sementara Lo memiliki tanggungan yang Lo harus penuhi kebutuhannya. Maka penting  disini buat Lo untuk memiliki simpenan uang, karena kalo gak ada pasti akan repot banget jadinya.

2. Sakit butuh biaya, kalo gak ada duit gimana?

Biaya kesehatan itu sekarang mahal banget. Meskipun sekarang udah ada BPJS, Lo gak bisa ngandelin itu aja, tetep Lo harus punya simpenan uang untuk jaga-jaga karena gak semua obat atau penanganan akan di cover oleh BPJS. Maka sangat penting untuk kita untuk menyisihkan uang untuk kebutuhan tidak terduga seperti ini, karena yang namanya tak terduga bisa terjadi kapan aja. Ketika itu terjadi, kalo kita punya simpenan uang, kita gak akan terlalu kelabakan ketika harus membayar biaya-biaya yang diperlukan untuk pengobatan kita. Tentu Lo gak mau kan harus pinjem sana-sini untuk mebiayai pengobatan Lo?

3. Pengen nikah? Ada biayanya Bro

Meskipun sederhana, nikah itu tetep butuh biaya Bro. Buat beli mas kawin, seserahan, ongkos buat keluarga yang nganter, katering, dan lain sebagainya. Lo tentu gak mau kan ngebebanin biaya ini sama orang tua Lo? Tetep sebagai cowok Lo harus bisa membiayai biaya pernikahan Lo sendiri. Makannya, Lo harus nyisihin penghasilan Lo buat persiapan Lo nikah nanti. Lo jangan sampe mikir kaya gini "ah entar aja sekarang mah belum kepikiran buat nikah", jangan Bro! Waktu itu berjalan cepet banget, gak berasa. Kalo Lo gak siapin dari jauh-jauh hari, bisa-bisa malah ntar Lo gak punya tabungan buat biaya nikah Lo karena Lo nunda-nunda mulu buat nyisihin penghasilan Lo. Mulai sekarang sisihin deh penghasilan Lo untuk kebutuhan ini. Paksain! Dikit-dikit juga gak masalah, yang penting konsisten. Lo gak mau kan gak jadi nikah gara-gara gak punya biaya buat nikah?

4. Setelah nikah Lo harus mikirin tempat tingal

Rumah adalah kebutuhan primer, dengan kata lain itu adalah kebutuhan yang harus Lo penuhi. Mau itu ngontrak, mau itu beli, pasti ada biaya yang harus Lo keluarkan. Kalo sekarang duit Lo habis mulu, Lo akan kesusahan memenuhi kebutuhan ini. Lo pasti gak mau kan kalo Lo ngontrak mulu? untuk sementara waktu sih gak masalah, tapi Lo harus punya target kapan Lo akan beli rumah. Karena tinggal di rumah sendiri itu lebih nyaman sekalipun Lo tinggal di rumah yang kecil tapi itu punya Lo sendiri.

5. Kalo udah punya anak, biaya bertambah

Meskipun misalnya saat ini Lo masih bujangan, Lo tetap harus tau hal ini. Lo tetep harus mulai mikirin, karena kalo Lo mulai menyiapkannya sedini mungkin, nanti Lo gak akan kesusahan untuk menyiapkan segala biayanya.

Ketika Lo nanti punya anak, maka biaya pengeluaran Lo mau gak mau akan bertambah. Biaya sehari-hari, kesehatan, dan lain sebagainya harus mulai Lo pikirin sedini mungkin. Stop kebiasaan boros dari sekarang, karena nanti kebutuhan Lo akan banyak banget. Jangan di ntar-ntar lagi, tapi sekarang!

6. Kalo mau mulai usaha, modalnya pake apa?

Suatu saat, bisa aja Lo kepikiran untuk membuka bisnis Lo sendiri. Ketika Lo punya tabungan, maka Lo gak akan kesusahan untuk mendapatkan modalnya. Dengan modal Lo sendiri, Lo akan lebih tenang dalam menjalankan bisnis Lo karena itu modal yang Lo kumpulkan dari penghasilan Lo. Lo gak punya beban kepada orang lain, karena modal itu bukan hasil pinjaman. Banyak kan orang yang pengen usaha tapi bingung modalnya dari mana?

7. Ketika pensiun, kita masih punya kebutuhan yang harus kita penuhi

Nah ini penting nih, masa pensiun adalah masa dimana kita seharusnya udah mulai menikmati hasil jerih payah kita selama ini. Intinya tinggal nikmatin hidup aja deh. Tapi, Lo gak akan bisa menikmati masa pensiun Lo kalo Lo gak menyisihkan uang Lo untuk ditabung. Ketika kita pensiun nanti, kita tetap memiliki kebutuhan yang harus kita penuhi. Nah biayanya dari mana sementara kita udah gak kerja lagi? Tentu jawabannya adalah dari tabungan hasil dari kita menyisihkan uang selama kita bekerja.

Memenuhi keinginan kita itu emang menyenangkan, namun kita harus tetep punya batasan-batasan. Boleh-boleh aja sebenernya memenuhi keinginan, namun inget jangan sampe kita lupa sama kebutuhan! Waktu gak bisa diputar, selagi kita masih muda, selagi kita masih sehat, selagi kita masih bekerja, yuk mulai sekarang lebih pintar dalam menggunakan uang. So, jangan diabisin mulu ya duitnya :)

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita, dan jangan lupa di share ya! Cheers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini